Today in History: Selamat Hari Perawat Nasional

Hari ini juga terdapat satu peringatan hari yang unik yaitu Hari Tidur Sedunia.

146
Today in History

Tak terasa kita sudah sampai di hari Jumat terakhir sebelum menyambut bulan puasa di tahun 2023 ini. Tepat pada hari ini, ada peringatan Hari Perawat Nasional yang selalu diperingati tiap tanggal 17 Maret setiap tahunnya.

via GIPHY

Selain itu, pada hari ini juga terdapat satu peringatan hari yang unik yaitu Hari Tidur Sedunia. Hari ini dibuat untuk menyuarakan bahwa kualitas tidur yang baik sangat berpengaruh kepada kehidupan, terutama kesehatan manusia.

Lantas, ada peristiwa apa lagi hari ini? “Today in History” akan membahasnya.

Hari Perawat Nasional

Ilustrasi perawat Indonesia/Unsplash

Tanggal 17 Maret setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Perawat Nasional. Hari ini menjadi hari untuk menghargai jasa-jasa perawat di semua bidangnya. Ditetapkannya tanggal 17 Maret sebagai Hari Perawat Nasional ini bertepatan dengan lahirnya Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) di tahun 1974.

Berdirinya anggota PPNI ini merupakan suatu kemajuan dalam perkembangan profesi keperawatan yang ada. Keperawatan di Indonesia memiliki sejumlah riwayat sejarah yang cukup panjang.

Keperawatan di Indonesia lahir pada zaman kolonial Belanda. Walau pada waktu itu rumah sakit milik pemerintah kolonial, namun para perawatnya berasal dari penduduk pribumi.

Kini, perawat menjadi salah satu profesi bidang kesehatan yang sangat penting untuk kehidupan masyarkat Indonesia. Terima kasih para perawat Indonesia, selamat ulang tahun untuk profesi kamu.

Hari Tidur Sedunia

Ilustrasi orang yang sedang tidur/Unsplash

Hari Tidur Sedunia atau biasa dikenal dengan World Sleep Day merupakan hari untuk menyerukan waktu tidur yang sehat. Pada tahun ini, Hari Tidur Sedunia jatuh pada tanggal 17 Maret. Tujuan dibuatnya hari ini adalah untuk mengkampanyekan bahwa tidur sangat penting untuk kesehatan.

Tidur bukan hanya bercerita tentang rasa malas dan lain sebagainya, namun juga berguna untuk kesehatan tubuh manusia. Adanya hari ini juga untuk mempromosikan kesehatan kualitas tidur manusia.

Baca juga: “Today in History: Selamat Ulang Tahun Vans

Adanya hari ini dicetuskan oleh sekelompok penyedia layanan kesehatan yang berdedikasi dan anggota komunitas medis yang bekerja dan belajar di bidang pengobatan tidur dan penelitian. Kelompok ini mengkampanyekan bahwa tidur itu baik untuk kesehatan.

Selamat Hari Tidur Sedunia, kaum rebahan!

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.