Kesan Sporty dan Modern Nge-Blend dalam Toyota Agya GR Sport 2023

Ada dua produk yang ditampilkan, yaitu Toyota Agya dan Toyota Agya GR Sport.

256
Toyota Agya GR Sport

Toyota resmi memperkenalkan Agya GR Sport 2023 ke publik pada pameran otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week (GAJW) 2023 di JCC Senayan, Jakarta. Kali ini, PT Toyota-Astra Motor (TAM) melakukan diferensiasi produk ketika meluncurkan Agya generasi kedua.

Toyota juga memiliki dua produk yang menyasar segmen berbeda pastinya, yaitu Toyota Agya untuk pasar LCGC (Low Cost Green Car) dan Toyota Agya GR Sport atau GR-S di segmen compact hatchback.

Toyota Agya GR Sport
Toyota Agya GR Sport yang diperkenalkan di Jakarta Auto Week 2023

Toyota Agya GR-Sport yang telah resmi dijual di gelaran GJAW 2023 ini mengandalkan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture) dengan panjang 3.380 mm, lebar 1.665 mm, tinggi 1.505 mm, dan wheelbase 2.525 mm.

Varian GR Sport ini memiliki dimensi yang lebih panjang jika dibandingkan dengan Agya biasa (tipe E dan G), yakni 70 mm saja.

Sementara, untuk bagian mesin juga sama, memakai mesin bensin 3-silinder 1.198 cc Dual-VVTi (WA-VE) yang mampu menghasilkan tenaga 88 dk/6.000 rpm dan torsi puncak 113 Nm/4.500 rpm.

Toyota Agya GR Sport
Toyota Agya GR Sport tampak samping

Mesin tersebut juga dipasangkan dengan transmisi manual 5-speed atau otomatis jenis Dual Mode CVT atau DCVT.

Istimewanya, transmisi matiknya sudah dibekali dengan fitur Power Mode dan paddle shift, gengs. Tetapi, untuk setelan suspensinya berbeda dengan Agya biasa. Suspensi depan dan belakang dari Toyota GR-S ini dibuat lebih rigid 15% dari model standar.

Well, suspensi tersebut dilakukan dengan pemakaian per dan shockbreaker yang telah dikembangkan khusus demi mengurangi body roll yang terjadi saat mobil bermanuver.

Di samping itu, Agya GR Sport ini juga memiliki body kit GR-Sport yang terdiri dari bumper depan, belakang, side skirt, dan roof spoiler. Eits, Enggak lupa juga, ada sejumlah emblem GR Sport di beberapa bagian bodi mobil ini, gengs.

Toyota Agya GR Sport
Toyota Agya GR Sport hadir dengan kesan yang sporty dan modern

Mobil ini juga memiliki kesan yang modern dengan menggunakan digital speedometer berukuran 7 inci. Di bagian sebelahnya terpasang head unit 8 inchi dengan fitur mirrorlink, ditambah layar untuk kamera belakang. Sedangkan di konsol tengah terpasang wireless charging untuk mengisi daya smartphone kita sekaligus jadi penunjang mobilitas dalam berkendara tentunya.

Lanjut ke bagian kursinya, sesuai dengan variannya, jok mobil ini memberikan kesan yang sporty, karena enggak terlalu keras, karena didesain lebih lebar, serta head rest dengan model terpisah. Sementara, untuk jok belakang, mobil ini cukup banget menampung tiga orang dewasa, dan setiap bagiannya juga sudah ada headrest.

Untuk eksteriornya, Toyota Agya GR Sport dibekali LED Headlamp dan Illumination Lamp dengan desain yang menarik, sehingga kesan modern semakin terasa pada mobil ini.

Toyota Agya GR Sport juga memiliki fitur keselamatan Vehicle Stability Control. Jadi, kamu bisa menjaga kestabilan mobil saat melakukan atau menghindari belokan yang tajam, atau understeering (kondisi saat mobil sulit untuk berbelok, malah tetap meluncur meski steer sudah diputar).

Toyota Agya GR Sport
Interior dari Toyota Agya GR Sport

Fitur keselamatan lainnya dari mobil ini antara lain ABS + EBD, , Hill Start Assist, Alarm + Immobilizer, Bear Parking Sensor, ISOFIX, dan airbag untuk pengemudi dan penumpang depan.

Toyota Agya GR Sport ini memang cocok banget buat anak muda, karena hadir dengan pilihan empat warna solid serta 2 warna dualtone yang khas.

Toyota Agya GR Sport
Toyota Agya GR Sport saat dipamerkan dalam ajang Jakarta Auto Week 2023

Let’s talk about the price. Toyota Agya GR Sport dibanderol Rp237.500.000,- untuk GR-S M/T dan untuk GR-S CVT seharga Rp253,5 juta sampai Rp256 juta.

Bagaimana menurut kamu, gengs? Tertarik untuk menjadikan Toyota Agya GR Sport 2023 ini sebagai daily car kamu?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!