Instagrammable Banget! Berikut 7 Destinasi Wisata Yogyakarta yang Wajib Kamu Kunjungi

Pengin jalan-jalan ke kota Yogyakarta? Cek destinasi wisata berikut!

163

Selain menjadi kota pelajar, Yogyakarta juga sering masyarakat jadikan sebagai salah satu destinasi wisata baik itu untuk backpacker, leisurely, maupun wisata keluarga. Hal ini lantaran Yogyakarta memiliki beragam tujuan wisata menarik seperti wisata alam, wisata kuliner, wisata sejarah, sampai wisata Instagrammable. Perpaduan alam dan budaya dalam kota Gudeg ini memang wajib kita acungi jempol, gengs.

Meski terkenal dengan wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Pantai Parangtritisnya, Oppal gengs bisa juga lho, eksplor ke tempat-tempat wisata menarik lainnya. Nah, karena kota istimewa ini memiliki banyak sekali list destinasi wisata, biar enggak bingung kamu bisa mencoba 7 rekomendasi wisata yang sudah OPPAL rangkum untuk kamu.

via GIPHY

Rekomendasi ini berdasarkan destinasi wisata yang akhir-akhir ini banyak menarik perhatian bagi anak muda, gengs. Selain dapat menikmati pemandangan dan sejarah, kamu juga dapat menemukan spot foto yang pastinya bikin Instagram kamu lebih keren. Check this out!

1. Taman Sari

Destinasi pertama yang wajib kamu kunjungi adalah Taman Sari. Taman Sari merupakan situs bekas taman atau kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang dibangun pada tahun 1758.

Memiliki arsitektur yang indah dan kental dengan suasana Jawa, konon situs ini merupakan sebuah kolam pemandian yang dulunya digunakan bagi Permaisuri dan para Putri Raja.

Enggak hanya terdapat kolam pemandian, kawasan Taman Sari juga memiliki banyak spot yang menarik. Seperti terowongan bawah tanah yang memiliki suasana klasik, menara yang membuatmu bisa melihat pemandangan Kota Yogya, dan juga kampung wisata. Berkat pesona sejarah dan bangunannya yang sangat Instagrammable, wisata ini masuk ke dalam jajaran wisata hits di Yogyakarta.

Alamat: Jl. Tamanan, Patehan Keraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Tiket Masuk: Rp 10.000 – Rp 25.000/orang

Jam Buka: 09.00 – 15.00 WIB

2. Candi Ratu Boko

Destinasi wisata sejarah kedua yakni Candi Ratu Boko atau Situs Ratu Boko. Pada dasarnya, Candi Ratu Boko juga disebut sebagai Keraton Ratu Boko yang konon merupakan istana milik Prabu Boko yang merupakan ayah dari Putri Roro Jonggrang.

Di tempat wisata ini hal yang menjadi ikonik adalah Gerbang dari Candi Ratu Boko sehingga banyak wisatawan yang mengabadikan gambar di sini. Kamu juga bisa melihat halaman keraton yang sangat luas, dan juga fenomena dua gua yakni gua lanang dan gua wadon.

Candi Ratu Boko juga terletak pada lokasi yang cukup tinggi yakni berada kurang lebih sekitar 195.97 mdpl sehingga pemandangannya enggak usah kamu ragukan lagi, gengs. Candi Ratu Boko juga sangat dekat dengan Candi Prambanan yakni hanya berjarak 3 km ke arah selatan.

Alamat: Jl. Raya Yogya – Solo KM 16 Desa Bokoharjo, Kec. Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Tiket Masuk: Rp 20.000 – Rp 85.000/orang

Jam Buka: 07.00 – 17.00 WIB

3. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu/Via: Turisian

Museum Ullen Sentalu didirikan oleh pemerintah Yogyakarta yang diprakarsai oleh keluarga Haryono dan Yayasan Ulating Blencong dan selesai dibangun pada tahun 1997 lalu.

Nama museum ini juga merupakan singkatan dari sebuah pepatah Jawa yakni Ulating Blencong Sejatining Tataraning Lumaku yang memiliki arti nyala lampu blencong sebagai petunjuk bagi umat manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan.

Selain menampilkan kebudayaan masa Kerajaan Mataram Islam, Ullen Sentalu juga menampilkan kehidupan para bangsawan di masa Kasunanan Surakarta, Kesultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegaran, dan Kadipaten Pakualaman.

Jika kamu berkunjung ke Yogyakarta, Ullen Sentalu jadi salah satu destinasi yang sayang untuk kamu lewatkan, gengs. Berada di kaki pegunungan, kamu bisa menikmati suasana sejuk dan sejarah yang disajikan oleh museum ini.

Alamat: Jl. Boyong No.KM 25, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

Tiket Masuk: Rp 50.000 – Rp 100.000/orang

Jam Buka: 08.30 – 15.15 WIB

4. Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan/Via: Jajan Dolan

Hutan Pinus Mangunan merupakan destinasi wisata yang banyak wisatawan tuju berkat suasananya yang sangat asri dan terdapat beragam spot foto menarik. Hutan Pinus Mangunan mulai banyak dikenal para wisatawan sekitar tahun 2016 setelah banyak sekali acara nasional dan internasional yang dilakukan di kawasan ini.

Jajaran pohon pinus yang tumbuh dengan rapi dan udaranya yang sangat sejuk karena berada di daerah perbukitan, menjadi nilai tambah dan membuat wisatawan sangat betah berada di lokasi hutan pinus ini.

Selain bersantai menikmati pemandangan, kamu juga bisa melakukan camping, menjelajahi kawasan Taman Hobbit Mangunan, Hutan Pinus Sari dan Pinus Asri, serta menikmati pemandangan taman bunga yang beragam.

Alamat: Jl. Hutan Pinus Nganjir, Mangunan, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783

Tiket Masuk: Rp 5.000/orang

Jam Buka: 06.00 – 19.00 WIB

5. Tebing Breksi

Tebing Breksi merupakan salah satu destinasi wisata bekas tambang yang terkenal di Yogyakarta. Sejak tahun 2015, Tebing Breksi ini telah ditetapkan sebagai salah satu Geoheritage Yogyakarta atau situs geologi yang memiliki nilai-nilai penting dalam bidang keilmuan, pendidikan, budaya, dan nilai estetika.

Di Tebing Breksi ini kamu bisa melihat pahatan yang membentuk relief dan cerita pewayangan yang bersejarah. Berada pada ketinggian 200 mdpl, Tebing Breksi juga menyajikan pemandangan yang indah, kamu bisa melihat keseluruhan kota Yogyakarta dari ketinggian.

Tidak hanya itu, Tebing Breksi juga menawarkan spot-spot foto menarik yang objeknya sudah disiapkan oleh pengelola. Setidaknya terdapat 12 objek foto yang dihiasi dengan tanaman hias, atribut unik hingga burung hantu jinak.

Alamat: Jl. Desa Lengkong, RT.02/RW.17, Gn. Sari, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55572

Tiket Masuk: Rp 5.000/orang

Jam Buka: 08.00 – 21 WIB

6. Goa Pindul

Goa Pindul/Via: Tiket.com

Nah, jika Oppal gengs memiliki jiwa adventure yang luar biasa, mungkin destinasi wisata Goa Pindul bakalan jadi favorit kamu, nih. Goa yang memiliki panjang sekitar 350 meter dengan lebar sekitar 5 meter dan kedalaman 5 hingga 12 meter ini menawarkan pengalaman adventure cave tubing (petualangan susur gua menggunakan ban dan pelampung) berbagai macam outbound hingga off road.

Selain menikmati pesona stalaktit dan stalagmit, kamu juga dapat melihat keindahan lukisan ornamen di setiap dinding goa Pindul.

Alamat: Jalan Goa Pindul Gelaran 2, RT.3/RW.16, Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55813

Tiket Masuk: Rp 30.000 – Rp 450.000

Jam Buka: 07.00 – 16.20 WIB

7. Teras Kaca Pantai Nguluran

Teras Kaca Pantai Nguluran juga menjadi destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi nih, gengs. Meski terbilang baru, wisata ini sudah banyak menarik perhatian wisatawan karena terkenal memiliki spot foto di atas hamparan laut yang hanya dimiliki oleh destinasi ini.

Seperti namanya, disini kamu bisa berfoto menggunakan teras kaca yang menjorok ke arah tebing laut, dari sini kamu juga bisa menyaksikan ombak-ombak lautan setinggi belasan meter di bawah kaki kalian.

Tidak hanya teras kaca, kamu juga bisa menikmati wahana Yogya Swing atau ayunan di atas tebing dan becak terbang.

Alamat: Bolang, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55872

Tiket Masuk: Rp 15.000 – Rp 100.000

Jam Buka: 09.00 – 17.00 WIB

Setelah melihat 7 rekomendasi destinasi wisata Yogyakarta di atas, pastinya kamu sudah enggak bingung lagi kan mau kemana aja gengs? Semoga membantu ya, dan jangan lupa juga ambil banyak foto menarik untuk kamu upload ke Instagram!

via GIPHY