Jangan Sampai Terlewat! Ini Waktu Terbaik Buat Liburan ke Dieng

Biar gak ketinggalan best moment di Dieng!

217
Waktu Terbaik Mengunjungi Dieng

Berencana liburan ke Dieng? Bagi kamu yang belum pernah ke Dieng, Wonosobo, tempat ini merupakan kawasan dataran tertinggi (2.093 mdpl) di Pulau Jawa yang memiliki suhu rata-rata 15 derajat celcius. Selain menjadi tempat wisata, Dieng juga menjadi destinasi pilihan bagi banyak pendaki yang ingin menikmati keindahan gunung dan perbukitan yang berada di kawasan tersebut.

Tapi, sayang sekali rasanya kalau kamu banyak melewati momen-momen terbaik di kawasan dataran tinggi ini. Untuk itu, kamu perlu tahu kapan sebenarnya waktu terbaik untuk menikmati kawasan Dieng. Berikut penjelasan selengkapnya.

Saat musim kemarau

Waktu Terbaik Mengunjungi Dieng
Keindahan sunrise di Bukit Sikunir/shutterstock

Untuk melihat keindahan alam di Dieng, kamu bisa datang saat musim kemarau. Kenapa? Karena ketika musim kemarau kabutnya nggak terlalu tebal dan nggak sering hujan. Suhunya pun tergolong sejuk serta dingin, yakni 10-18 derajat.

Musim kemarau di Dieng terjadi sepanjang bulan Juli hingga September. Selain itu, Dieng memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan asyik untuk dikunjungi, salah satunya melihat sunrise di Bukit Sikunir.

Dieng Culture Festival (DCF)

Waktu Terbaik Mengunjungi Dieng
Momen indah di Dieng Culture Festival/kemenparekraf.go.id

Dieng Culture Festival adalah festival kebudayaan dan penerbangan lampion di dieng. Biasanya, festival ini diadakan pada awal bulan Agustus.

Bukan cuma penerbangan lampion saja, banyak acara menarik lainnya yang nggak boleh kamu lewatkan. Event-event tersebut antara lain pencukuran rambut gimbal anak-anak Bajang di Kompleks Candi Arjuna hingga Gansiran Aswatama, musik, hingga wisata kuliner.

Pendakian

Waktu Terbaik Mengunjungi Dieng
View pendakian di Dieng/travelbuddies.co.id

Buat kamu yang punya hobi mendaki gunung, Dieng bisa jadi destinasi pilihan yang nggak boleh kamu lewatkan. Sebab, Dieng menawarkan akses pendakian ke beberapa gunung, dan waktu terbaik untuk pendakian di kawasan ini adalah bulan Juli sampai Agustus.

Bulan April-Juni dan September-Oktober

Waktu Terbaik Mengunjungi Dieng
Keindahan Dieng/diengplateau.com

Bulan April hingga Juni merupakan musim semi di Dieng. Sedangkan, musim gugur terjadi pada September hingga Oktober. Kedua musim tersebut adalah waktu yang tepat buat kamu mengeksplor keindahan alam di kawasan Dieng.

Di bulan-bulan tersebut, cuacanya cukup cerah dan suhunya juga sangat nyaman. Kamu bakal disuguhkan keindahan padang rumput hijau yang subur dengan bunga-bunga bermekaran di sekitar kawasan Dieng.

Nah, itu dia penjelasan mengenai kapan waktu yang tepat untuk menikmati kawasan Dieng. Jadi, kapan kamu mau healing ke Dieng?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!