Mau Traveling ke Lampung? Ini 11 Tempat Wisata yang Bisa Kamu Kunjungi

Banyak loh destinasinya, deket dari Pulau Jawa juga!

67
Destinasi Wisata di Lampung

Lampung memiliki beragam tempat wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Mulai dari pantai, air terjun, taman nasional, dan bukit batu siap menyuguhkan kamu panorama yang memesona. Bagi kamu yang berencana liburan ke Lampung, berikut rekomendasi 11 tempat wisata di Lampung yang wajib kamu coba. Yuk, langsung saja scrolling ke bawah, gengs!

1. Taman Nasional Way Kambas

Destinasi Wisata di Lampung
Taman Nasional Way Kambas/shutterstock

Taman Nasional Way Kambas adalah salah satu taman nasional yang diisi dengan berbagai flora dan fauna. Tempat wisata yang berlokasi di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur ini juga merupakan suatu konservasi gajah Sumatra yang telah masuk hewan langka dan hampir punah.

Di Taman Nasional Way Kambas ini kamu akan menemukan aneka satwa liar lain, seperti badak dan harimau Sumatra. Kamu juga bisa tur keliling hutan dan rawa bersama gajah. Bahkan, kamu bisa belajar dan berinteraksi dengan para gajah.

Harga tiket masuk ke Taman Nasional Way Kambas mulai dari Rp5.000 per orang, dan buka setiap hari pukul 08.00 – 18.00 WIB.

2. Pulau Pahawang

Pulau Pahawang
Pulau Pahawang/Shutterstock

Buat kamu pecinta pulau, Lampung punya Pulau Pahawang dengan pesona bawah lautnya yang indah, sehingga sayang banget untuk kamu lewatkan. Pulau Pahawang berlokasi di Kecamatan Marga Punduh, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung.

Pulau dengan luas 1.084 hektar ini memiliki pantai pasir putih, hutan bakau, dan pemandangan bawah laut yang cantik. Selain itu, pulau ini juga cocok banget untuk kamu yang suka berenang di pantai, banana boat, snorkeling, atau sekadar bersantai di pantai.

3. Puncak Mas

Destinasi Wisata di Lampung
Puncak Mas/pergidulu.com

Destinasi wisata di Lampung berikutnya yang bisa kamu datangi adalah Puncak Mas. Tempat wisata ini terletak di Tanjung Karang Barat, Kota Bandar Lampung, Lampung. Puncak Mas juga tentu punya banyak spot menarik yang menyuguhkan keindahan alam dari ketinggian.

Di Puncak Mas kamu bisa menikmati spot-spot seperti rumah pohon, sepeda terbang, dan masih banyak lagi. Puncak Mas adalah tempat wisata yang instagrammable sekaligus cocok untuk dijadikan sebagai tempat liburan bareng keluarga.

4. Gunung Anak Krakatau

Destinasi Wisata di Lampung
Gunung Anak Krakatau/wisato.id

Buat yang hobi hiking, kamu bisa coba mengunjungi Gunung Anak Krakatau. Gunung ini memiliki pesona alam dan keindahan yang bikin menarik para pendaki dari Indonesia maupun luar negeri.

Selain indah saat disaksikan dari atas ketinggian, kamu juga bisa melihat betapa menawannya alam bawah laut di Kawasan Cagar Alam Laut Kepulauan Krakatau. Meski kita perlu merogoh kocek yang lumayan dalam untuk pengelolaan taman nasional, tapi kamu bakal mendapatkan momen liburan yang nggak terlupakan di sini, gengs.

5. Teluk Kiluan

Destinasi Wisata di Lampung
Teluk Kiluan/margopost.com

Kamu pengin lihat lumba-lumba di alam liar? Langsung saja datang berlibur ke Teluk Kiluan, gengs! Kamu bisa menemukan hewan mamalia yang ramah ini dengan berlayar menggunakan perahu di pagi atau sore hari.

Selain itu, di sini kamu juga bisa mengunjungi Laguna Gayau dan Laguna Dodo untuk menghabiskan waktu berenang. Pssst, kamu juga bisa berkemah di Pulau Kilauan untuk melengkapi momen liburan yang menyenangkan.

6. Alam Wawai Eco Park

Destinasi Wisata di Lampung
Alam Wawai Eco Park/infolpg.com

Tempat wisata di Lampung menarik lainnya yang bisa kamu kunjungi adalah Alam Wawai Eco Park. Jika kamu mencari tempat wisata dengan suasana yang ramah lingkungan, maka Alam Wawai Eco Park adalah pilihannya.

Alam Wawai memiliki area perkemahan yang unik seperti permukiman suku Indian. Di sini juga terdapat ampitheater untuk menonton pertunjukkan musik. Alam Wawai cocok banget untuk dijadikan tempat liburan di akhir pekan.

Tempat wisata ini buka mulai pukul 10.00 – 17.00 WIB, dengan harga tiket masuk Rp15.000 untuk weekday, dan Rp20.000 untuk weekend.

7. Danau Suoh

Destinasi Wisata di Lampung
Danau Suoh/ticmpu.id

Danau Suoh bisa menjadi tempat wisata favorit bagi kalian penikmat alam. Tempat wisata yang berada di Dusun Kalibata, Desa Sukamarga, Kecamatan Suoh, Lampung ini juga terdiri dari empat danau, yakni Danau Asam, Danau Minyak, Danau Belibis, dan Danau Lebar. Keempat danau tersebut juga punya karakteristik berbeda-beda sesuai namanya.

Mulai dari Danau Asam dengan air pH rendah dan rasanya yang asam, atau Danau Minyak yang permukaannya tampak berkilau layaknya minyak mengambang.

Di sekitar Danau Belibis juga ada padang ilalang yang tumbuh liar, sehingga membuat danau ini menjadi salah satu spot foto yang menarik. By the way, untuk masuk ke Danau Suoh nggak dikenakan biaya alias gratis!

8. Pantai Gigi Hiu

Destinasi Wisata di Lampung
Pantai Gigi Hiu/travelclub.co.id

Pantai Gigi Hiu menyajikan pemandangan pantai dengan gugusan batu karang yang tampak runcing di ujungnya seperti gigi hiu. Kamu bakal menemukan spot foto-foto yang keren di pantai yang lokasinya juga nggak jauh dari Teluk Kiluan.

Bukan cuma itu, pantai pasir putih ini juga dilengkapi fasilitas umum seperti penginapan dan warung yang menjajakan makanan. Jadi, kamu nggak perlu khawatir lagi untuk menikmati pantai ini  dengan lebih leluasa.

9. Bukit Kumbang

Destinasi Wisata di Lampung
Bukit Kumbang/bukalapak.com

Di kawasan Bakauheni, ada Bukit Kumbang yang bisa menjadi pilihan destinasi wisata kamu di Lampung. Puncak bukit ini memiliki sebuah kuil milik sepasang suami istri etnis Tionghoa yang berasal dari Cilegon, Banten.

Bagi kamu yang penasaran dan tertarik untuk mengunjungi kuil ini, kamu perlu trekking dengan medan yang cukup curam. Tetapi, usaha yang kamu lakukan dibalas dengan indahnya pemandangan laut dari atas Bukit Kumbang.

10. Siger Tower

Destinasi Wisata di Lampung
Siger Tower/shutterstock

Pernah mencoba berwisata ke landmark Lampung bernama Siger Tower? Tempat yang merupakan bangunan megah berwarna kuning ini memang menjadi salah satu tempat wisata yang wajib kamu datangi. Siger sendiri adalah mahkota adat pengantin wanita di Lampung.

Anyway, selain naik ke tower dan menyaksikan keindahan Teluk Lampung dan Selat Sunda yang menawan, kamu juga bisa mengunjungi beberapa tempat wisata lainnya yang dekat dengan Siger Tower, seperti Pelabuhan Bakauheni dan Tugu Titik Nol Kilometer Sumatra.

11. Pantai Krui

Pantai Krui
Pantai Krui/Shutterstock

Last but not least, destinasi terakhir yang bisa kamu kunjungi adalah Pantai Krui. Destinasi ini belakangan sedang trending karena ombaknya yang besar dan pantainya yang pasir putih.

Karena ombaknya yang besar, Pantai Krui sering dijadikan ajang untuk surfing. Selain itu, airnya juga lumayan bening gaes.

Yup, itu dia 11 tempat wisata di Lampung yang wajib kamu kunjungi, gengs. Mau liburan bareng keluarga, pasangan, atau sendiri juga nggak masalah. Jadi, pilih liburan ke mana dulu nih?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!