Suara Ariana Grande Versi AI Tuai Pujian Saat Nyanyiin Lagu Komang

Suaranya mirip banget!

89

Lagu romantis berjudul “Komang” karya dari Raim Laode tahun ini memang sedang banyak menarik perhatian masyarakat Indonesia. Bahkan lagu ini masuk ke dalam Top hits Indonesia karena hampir diputar di mana-mana gengs.

Hal tersebut dibuktikan juga dari prestasi yang baru-baru ini diraih Raim, yakni lagunya berhasil memecahkan rekor sebagai lagu yang paling banyak diputar selama 24 jam di Spotify Indonesia pada 3 April lalu.

Oppal gengs juga pasti tahu kan beberapa bait dari lagu yang Raim persembahkan untuk istrinya ini? Lagunya memang enak banget buat kamu dengerin. Karena itulah, banyak masyarakat yang meng-cover lagu tersebut dengan versinya masing-masing.

Tapi ada hal yang lebih menarik perhatian masyarakat Indonesia di media sosial TikTok nih, yakni muncul video Ariana Grande yang juga turut menyanyikan lagu Komang ciptaan Raim Laode.

@ianyxi_ Membalas @hydrophobic Komang – Ariana Grande (@Raim Laode ) #komang #komangraimlaode #arianagrande ♬ Komang – Raim Laode

Video tersebut diunggah pertama kali oleh akun TikTok @hydrophobic pada tanggal 23 lalu dan saat ini sudah ditonton lebih dari 2,5 juta kali dan disukai lebih dari 350 ribu kali, serta mendapatkan sekitar 5 ribu komentar.

Kalau kamu lihat videonya gengs, musik akan mengalun lebih dulu sebagai intro dari video, baru setelah itu suara khas dari Ariana Grande yang menyanyikan lagu “Komang” dari bait pertama.

Bagi kamu yang pertama kali mendengar video tersebut, sekilas pasti kamu akan mengira bahwa itu benar-benar suara asli dari Ariana yang memang menyanyikan lagu “Komang”. Tapi siapa sangka kalau video tersebut ternyata merupakan hasil dari kecanggihan Artificial Intelligence (AI) yang menggunakan metode text-to-speech (TTS).

FYI, TTS sendiri merupakan teknologi yang dapat merubah teks menjadi suara yang dihasilkan oleh mesin. Mula-mula teks berupa lirik lagu dimasukkan terlebih dahulu menggunakan bahasa Indonesia, dan TTS akan menghasilkan suara yang mirip dengan suara penyanyi aslinya dalam bahasa Indonesia. Wah, canggih banget, ya gengs!

Saking miripnya, banyak banget netizen yang memuji kecanggihan teknologi dan kesempurnaan dari suara buatan tersebut. Mereka menyebut, suara merdu Ariana yang menyanyikan lagu Komang merupakan perpaduan yang sangat pas.

what’s your favourite song?” Komang cover by Ariana grande” tulis @13her03.

I’m gonna cry, this sounds so real 🥹🫶🏼,”

Saking sukanya gengs, ada juga netizen yang menyayangkan kalau cover tersebut hanya buatan dari teknologi aja.

“INI COVER KOMANG FEMALE VER YG PALING BAGUS, SAYANGNYA AI 😭”

Lucu-lucu banget beragam respon dari netizen ya gengs, hehehe. Kalau kamu sendiri, sudah denger videonya belum? Bagaimana menurut kamu Oppal gengs? Mirip enggak sih, dengan suara dari Ariana? Kalau Minpal sih, approved gengs!

via GIPHY

Related Post