WhatsApp Rilis Fitur Transfer Chat Versi Baru, Cukup dengan Scan QR Code

Gak perlu restore dari Google Drive lagi!

341
Fitur Transfer Chat Baru WhatsApp

WhatsApp meluncurkan fitur Transfer Chat versi baru yang bisa memindahkan semua chat WhatsAPp dari ponsel lama ke yang baru. Fitur ini juga masih menjalankan sistem operasi yang sama, serta menjadi lebih mudah, yakni dengan memindai atau scan kode QR.

Pada fitur Transfer Chat versi baru ini, pengguna nggak perlu lagi aplikasi penyimpanan awan (cloud) Google Drive untuk memindahkan chat.

Fitur Baru WhatsApp
Ilustrasi WhatsApp/shutterstock

Melansir dari Kompas.com, peluncuran ini diumumkan langsung oleh CEO Meta, Mark Zuckerberg di broadcast channel Instagram.

“Apabila kamu ingin memindahkan riwayat chat WhatsApp ke ponsel baru, sekarang bisa dilakukan dengan lebih mudah tanpa harus meninggalkan riwayat chat di ponsel lama,” ucap Zuckerberg.

Zuckerberg juga membagikan video singkat mengenai bagaimana fitur baru ini bekerja. Dalam video tersebut, terlihat kode QR muncul di ponsel baru. Lalu, ponsel lama cukup memindai kode itu menggunakan kamera WhatsApp.

Setelah beberapa saat, akan muncul notifikasi “Transfer completed” di ponsel baru, yang menunjukkan proses transfer telah berhasil.

Fitur Transfer Chat Baru WhatsApp
Ilustrasi fitur Transfer Chat baru WhatsApp/theverge.com

Mekanisme ini berbeda dengan yang sebelumnya, di mana pengguna yang ingin memindahkan chat harus melakukan backup (mencadangkan) lebih dulu ke Google Drive. Lalu, mereka harus melakukan restore (memulihkan) chat di ponsel baru supaya semua riwayat percakapannya bisa dipindahkan.

WhatsApp juga mengumumkan fitur Transfer Chat versi baru ini lewat akun Twitter resminya, yang menyebutkan fitur ini mulai digulirkan secara global.

Fitur ini sudah tersedia di aplikasi WhatsApp Android versi 2.23.13.4. Tapi, sepertinya semua pengguna belum mendapatkan fitur baru ini.

Proses peluncuran pembaruan ini mungkin bakal membutuhkan waktu beberapa minggu supaya bisa dinikmati semua pengguna. Maka dari itu, pengguna disarankan untuk memperbarui versi WhatsApp secara berkala.

Cara transfer chat WhatsApp

Untuk mengaksesnya, kamu mesti menuju ke bagian “Setting” dan temukan menu “Chats” di ponsel lama Android kamu. Setelah itu, kamu akan menemukan tombol “Transfer chats”.

Lanjut, begitu kamu menekan tombol, akan muncul tulisan “Transfer chat history to Android phone” (Memindahkan chat ke ponsel Android).

Di bawahnya juga ada deskripsi bahwa proses pemindahan ini berlangsung secara privat, dan nggak memerlukan aplikasi penyimpanan Google Drive. Deskripsi ini juga menyebutkan kalau kamu harus memberi izin terhadap sejumlah akses, seperti kamera, agar proses transfer chat bisa dilakukan.

Kamu bisa memulai proses pemindahan chat dengan mengetuk tombol “Start”, dan kamera akan menjadi aktif. Selanjutnya, kamu harus mengunduh aplikasi WhatsApp di ponsel baru dan lakukan registrasi dengan nomor ponsel yang sama.

Setelah melakukan verifikasi nomor di ponsel baru, akan muncul teks bertuliskan “Transfer chat history from old phone” untuk mendapatkan kode QR.

Langkah terakhir, kamu tinggal scan QR untuk memulai pemindahan data tersebut.

Wah, memindahkan chat dari ponsel lama ke yang baru jadi lebih simpel dan mudah. Ada yang sudah bisa coba fitur ini, gengs?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Related Post