Ada Gerhana Bulan Penumbra Malam Ini, Berikut Tips Mengabadikannya Pakai Smartphone

Momen yang ditunggu jangan sampe kelewatan nih gaess!

69

Oppal gengs jangan lupa ya karena hari ini akan ada Gerhana Bulan Penumbra lho. Kamu bisa menikmati fenomena ini hampir di seluruh wilayah Indonesia pada jam 22.12 WIB dan akan berakhir esok hari tanggal 6 Mei 2023 jam 02.33 WIB.

Untuk melihat informasi lebih lanjut tentang penjelasan Gerhana Bulan Penumbra dan lokasinya di Indonesia, kamu bisa baca di sini.

Gerhana Bulan Penumbra merupakan salah satu fenomena langit yang paling mudah untuk kamu amati, bahkan kamu bisa melihatnya secara langsung tanpa membutuhkan kacamata atau alat bantu lainnya.

Ilustrasi Gerhana Bulan Penumbra/Via: Shutterstock

Anyway, karena Gerhana Bulan Penumbra ini terbilang cukup langka, dan akan muncul yang sama persis dengan tahun ini pada 7 Mei 2041 nanti, maka sayang banget kalau kamu lewatin begitu aja gengs.

Selain melihat secara langsung, lebih baik kamu juga memotret Gerhana Bulan Penumbra untuk mengabadikan momen bersejarah ini. Well, buat Oppal gengs yang enggak memiliki kamera profesional, kamu juga bisa mengabadikan Gerhana Bulan menggunakan kamera smartphone pribadi kamu, baik dari HP Android atau juga iOS.

Ada beberapa tips buat kamu, supaya foto Gerhana Bulan Penumbra di smartphone kamu enggak gagal nih gengs.

1. Pilih Lokasi yang Tepat

via GIPHY

Tips pertama, untuk memotret Gerhana Bulan Penumbra ini kamu membutuhkan lokasi yang tepat dan juga cukup luas dan terbuka, seperti bebas dari cahaya lampu jalan ataupun lampu bangunan atau gedung yang terlalu terang.

Kamu bisa mencari lokasi yang lebih tinggi supaya smartphone kamu dapat memotret Gerhana Bulan Penumbra dengan lebih baik dan jelas. Sebagai rekomendasi, kamu bisa memilih lantai 2 rumah atau juga rooftop dari gedung yang aman dan terdekat dari rumah kamu.

2. Persiapkan Alat Tambahan

Karena Gerhana Bulan Penumbra akan berlangsung selama beberapa jam, kamu bisa menggunakan tripod atau alat penyangga lainnya untuk menjaga kestabilan kamera smartphone. Pastikan juga kapasitas baterai dan penyimpanan memori kamu masih tersedia untuk memotret dan menyimpan foto atau video gerhana bulan ya gengs.

3. Jangan Lupa Setting Kamera Kamu

Setelah mendapatkan tempat yang sesuai, pastikan kamu juga menyesuaikan pengaturan kamera smartphone ya. Kamu bisa menggunakan setting sebagai berikut:

ISO: Pilih ISO yang rendah untuk menghindari noise pada foto. Setting ISO 100 atau 200 dapat menjadi pilihan yang tepat.

Mode Malam: Jika smartphone kamu memiliki night mode atau mode malam, pastikan kamu mengaktifkan mode ini. Karena akan membantu dan memudahkan kamu untuk memotret dengan kondisi cahaya yang rendah di malam hari.

White Balance: Pilih white balance sesuai dengan kondisi cahaya dan sesuai untuk kondisi cahaya yang rendah.

Shutter Speed: Kamu bisa menggunakan shutter speed yang lambat untuk mengambil gambar dengan efek gerakan bulan.

Kamu juga perlu mengatur fokus secara manual untuk memastikan bahwa fokus kamera berada tepat pada bulan. Kamu juga bisa menggunakan mode burst agar mendapatkan foto dalam jumlah banyak hanya dalam satu kali tekan.

4. Menggunakan Aplikasi Kamera Lain

Selain menggunakan aplikasi kamera bawaan dari smartphone,kamu juga bisa menggunakan aplikasi kamera lain, seperti Camera FV-5, Camera Zoom FX, dan Open Camera.

Beberapa aplikasi tersebut dapat memberikan kontrol yang lebih mudah atas beberapa setelan kamera seperti eksposur, fokus, dan mode ISO.

5. Jangan Menggunakan Flash

via GIPHY

Walau Gerhana Bulan Penumbra ini pada malam hari, tapi kamu enggak perlu menggunakan bantuan cahaya atau flash dari smartphone kamu. Flash cuma akan menambahkan cahaya buatan yang enggak diinginkan dan membuat gambar menjadi terlalu terang. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengatur eksposur secara manual untuk menemukan cahaya yang tepat.

6. Pastikan Kamu Pakai Lensa Zoom

Mengabadikan bulan yang nun jauh di sana, kamu pastinya butuh lensa yang lebih baik di smartphone.

Pada beberapa smartphone android terbaru tersedia fitur zoom dari 10 hingga 120x seperti Samsung Galaxy S23 Ultra atau Sony Xperia 1 IV, Huawei P50 Pro dll. Untuk fitur ini jangan lupa kamu gunakan ya Oppal gengs! Hal ini karena pada beberapa smartphone yang sudah memiliki lensa periskop pastinya hasil fotonya lebih baik

Semangat dan good luck untuk memburu foto Gerhana Bulan Penumbra ya Oppal gengs! FYI, Kalau kamu enggak bisa melihat Gerhana Bulan Penumbra secara langsung jangan sedih gengs, karena kamu juga bisa menyaksikannya secara online di dalam situs BMKG menggunakan link berikut https://gerhana.bmkg.go.id/livestream

via GIPHY

Related Post