Apa Itu Flo? Aplikasi Pembayaran Tol Berbasis RFID yang Ramai di Medsos

Gak perlu berenti gaess!

121
Flo

Belakangan ini media sosial sedang ramai dengan video pengemudi mobil yang tiba-tiba diberhentikan oleh petugas pintu tol karena dikira belum membayar tol. Video tersebut di-upload oleh akun Instagram @dashcam_owner_Indonesia.

Di video tersebut, pengemudi terlihat melintasi pintu tol tanpa berhenti. Lalu, petugas pintu tol akhirnya menegur dan meminta pengemudi untuk membayar tarif tol. Tapi, pengemudi mengatakan bahwa ia sudah membayar menggunakan Flo.

Petugas akhirnya menerima alasan itu dan pengemudi pun melanjutkan perjalanannya. Bahkan, banyak pengguna lain yang cerita tentang pengalaman serupa di kolom komentar postingan itu.

Anyway, seperti yang diketahui, ketika kita melintasi pintu tol, umumnya pembayaran tarif masih dilakukan dengan scan menggunakan pembayaran uang digital berupa kartu seperti e-money atau kartu e-tol yang berisi saldo. Dengan metode pembayaran ini, pengemudi perlu untuk berhenti sejenak untuk memindai kartunya.

Sementara, pada tayangan video di atas, pengemudi yang mengatakan sudah membayar pakai Flo terlihat nggak berhenti sama sekali. Well, apa sebenarnya Flo yang sedang viral karena membuat pengemudi bisa bayar tol tanpa berhenti?

Apa itu Flo?

Flo
Aplikasi Let It Flo/bisnismuda.id

Flo adalah sebutan secara singkat dari aplikasi bernama Let It Flo. Aplikasi ini dibuat untuk mendukung sistem pembayaran tarif tol secara non-tunai dan tanpa sentuh.

Let It Flo juga merupakan bagian dari seperangkat sistem pembayaran tol non-tunai dan tanpa sentuh atau Single Lane Free Flow (SLFF) berbasis Radio Frequency Identification (RFID) yang dikembangkan oleh Jasamarga Tollroad Operator (JMTO).

FYI gengs, RFID adalah chip dan antena berisi data objek, dalam hal ini adalah kendaraan atau mobil. Melansir laman resmi Flo, dalam aplikasi Flo, teknologi RFID itu berbentuk stik yang terpasang di lampu depan mobil.

Lewat stiker RFID, data kendaraan akan terhubung dengan aplikasi Let It Flo. Stiker RFID ini bakal terpindai ketika memasuki pintu tol dan saldo di aplikasi Let It Flo secara otomatis akan terpotong.

Dengan Let It Flo, pengguna jalan tol nggak perlu lagi menghentikan kendaraannya ketika ingin melakukan transaksi pembayaran jalan tol di gerbang tol. Pembayaran tol non-tunai tanpa sentuh dengan Flo kini memang belum diterapkan di semua pintu tol.

By the way, teknologi pembayaran tarif tol non-tunai tanpa sentuh ini juga telah dikembangkan Jasa Marga sejak tahun 2017, dan terus berjalan sampai saat ini, meski dalam skala terbatas. Implementasi Flo sekarang sudah dilakukan di 100 titik ruas jalan tol wilayah Jabodetabek dan Bali.

Mengutip kompas.com, jumlah pengguna Let It Flo sampai saat ini sudah mencapai lebih dari 13.000 pengguna aktif dengan rata-rata transaksi harian sebanyak 3.770 kendaraan.

Cara mendapatkan aplikasi Flo

Flo
Flo, aplikasi pembayaran tol/jadiberita.com

Bagi kamu yang tertarik untuk mendapatkan Let It Flo, kamu bisa mengunduhnya di Google Play Store atau App Store.

Setelah itu, kamu bisa memesan dan mengunjungi lokasi pengambilan stiker RFID. Selanjutnya, kamu bisa membawa kendaraanmu ke lokasi pengambilan dan tim teknisi bakal membantu proses instalasi dan aktivasi stiker RFID.

Setelah diaktivasi, kamu bisa mulai mengisi saldo Let It Go untuk melintasi jalan tol tanpa berhenti. Cara mendapatkannya juga cukup mudah. Kamu bisa menghubungi Customer Service Flo untuk informasi lebih lanjut di nomor WhatsApp 0812-1234-0400.

Bagaimana, pendapat kamu soal aplikasi Flo ini, gengs? Kamu sudah mencobanya? Komen di bawah, ya!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!