Awas Jangan Diklik, Ada Penipuan Modus Baru Pake Gmail! Google Angkat Bicara

Pelaku mengirim e-mail palsu dengan judul “Online Reward Program”.

113
Gmail

Google baru saja memberikan peringatan untuk pengguna layanan Google Mail (Gmail) terhadap modus penipuan baru lewat surat elektronik atau e-mail. Google menerbitkan peringatan ini untuk seluruh pengguna Gmail terhadap ancaman penipuan model baru.

Modus penipuan ini memiliki target semua pengguna Gmail lewat pesan yang masuk ke inbox. Dari data yang dimiliki Google, pelaku kejahatan atau hacker ini melakukan peretasan dengan mengirimkan e-mail palsu dengan judul “Online Reward Program”.

Foto logo Gmail/Unsplash

Bermimpi akan mendapatkan hadiah, e-mail itu justru akan mencuri data pengguna kalau diklik.

“Dengan berfokus menyediakan pengalaman pengguna sebaik mungkin, Google telah mendapatkan kepercayaan sebagai merek terpercaya. Namun, oknum lain terkadang mencoba mengatasnamakan Google untuk menipu orang lain,” tulis Google dalam pernyataan di laman resminya.

Mengutip dari laman bisnis.com, pesan palsu dari hacker itu pengguna akan dibuat yakin bahwa mereka adalah rekan Google dan sudah dilakukan pencarian sebanyak 18,25 miliar kali. Pengguna juga disebut sudah melakukan 10 juta pencarian di Google.

Foto logo Gmail/Unsplash

“Selamat, Anda adalah pengguna Google yang beruntung. Setiap 10 juga pencarian tercapai di seluruh dunia, kami akan mengumumkan kepada pengguna dengan mengirimkan hadiah tanda terima kasih. Anda adalah pengguna yang beruntung,” isi pesan palsu dari hacker, dikutip dari bisnis.com, Selasa (2/5).

Tak sendirian, pesan ini juga berisi link yang akan menjadi pintu masuk hacker mengambil data pribadi kalau kamu klik.

Bahkan, tak main-main hackers itu juga bisa menguras uang seseorang jika mengunjungi link itu. Oleh karena pesan yang meresahkan ini, Google mengimbau penggunanya waspada dengan penipuan bermodus pemberian hadiah.

Gmail sampai saat ini sudah bekerja keras memfilter email spam, phishing, dan malware untuk kenyamanan kamu.

Baca juga: “Wajib Tahu, Ini Cara Baca Google Maps yang Tepat“`

“Gmail bekerja keras memfilter email spam, phishing, dan malware untuk Anda. Kemampuan pemfilteran spam kami yang disempurnakan dengan teknologi buatan, berhasil memblokir hampir 10 juta email spam setiap menitnya,” tulis Google dalam blog resminya.

Duhh, hati-hati ya Gengs. Pokoknya jangan klik link sembarangan biar akun kita aman terus!

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.