Bagi masyarakat era digital, media sosial telah menjadi platform untuk mengekspresikan diri melalui berbagai konten positif. Berbicara tentang konten positif, media sosial juga bisa menjadi ladang untuk berbuat kebaikan yang dapat menginspirasi banyak orang.
Salah satunya ditunjukkan oleh Ayobantu, sebuah platform galang dana dan donasi online di Indonesia, yang tengah menggelar kompetisi bertajuk Rajut Kebaikan.
Rajut Kebaikan merupakan kompetisi Instagram Reels yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mempromosikan aksi kebaikan melalui media sosial. Kompetisi ini membuka kesempatan untuk masyarakat Indonesia, terutama pengguna media sosial, untuk membuat video Instagram Reels.
Melalui Instagram Reels tersebut, masyarakat dapat menceritakan pengalaman kebaikan dan dampak yang didapatkan dari kebaikan tersebut. Tujuannya adalah, agar pemirsa video turut menyebarkan semangat melakukan kebaikan.
CEO Ayobantu, Agnes Yuliavitriani, menjelaskan alasan penyelenggaraan kompetisi Rajut Kebaikan. Menurutnya, media sosial telah menjadi bagian kehidupan yang tidak dapat dipisahkan dari keseharian masyarakat.
“Dalam peranannya, media sosial telah menjadi kanal berbagi informasi, cerita, harapan, dan aksi kebaikan yang dapat memobilisasi grup masyarakat,” kata Agnes seperti siaran pers yang didapatkan redaksi OPPAL, Selasa, 22 November 2022.
Kompetisi “Rajut Kebaikan” berlangsung pada tanggal 1-30 November 2022. Kompetisi ini dapat diikuti oleh siapa pun dari segala umur dan kalangan. Peserta wajib membuat video berdurasi maksimal 1 menit 30 detik dengan format video 9:16.
Konsep video bersifat bebas. Peserta dapat membuat konsep video sekreatif mungkin, seperti monolog, short movie, social experiment, skit, dan lain-lain. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti kompetisi, video harus diunggah di Instagram pribadi dan akunnya tidak diprivat.
Agar video terseleksi, peserta diwajibkan mengikuti akun Instagram @ayobantuindonesia. Peserta juga menuliskan caption unggahan sekreatif mungkin yang menggambarkan video, dengan disertai tagar #AyobantuIndonesia, #RajutKebaikan, dan #TemanPeduli.

Nantinya, akan ada 3 kategori pemenang video dalam kompetisi Rajut Kebaikan, yaitu Video Ter-Influencing yang dihitung berdasarkan jumlah views dan likes terbanyak, video Ter-Menyentuh yang dinilai dari penyampaian cerita dan kesesuaian pesan yang disampaikan, dan Video Ter-Kreatif yang dinilai berdasarkan audio visual paling menarik dan kreatif. Ada total hadiah senilai Rp9.000.000,- untuk tiga orang pemenang pada kategori di atas.
Video yang telah masuk kompetisi akan dinilai langsung oleh seorang juri sekaligus content creator kenamaan Indonesia, Benazio Putra atau yang lebih dikenal sebagai Benakribo. Setelah proses penilaian, pemenang kompetisi Rajut Kebaikan akan diumumkan pada 9 Desember 2022 melalui akun Instagram @ayobantuindonesia.

Sebagai puncak acara, Ayobantu akan menggelar hari apresiasi bertajuk “Hari Rajut Kebaikan” yang diselenggarakan secara hybrid (offline dan online) pada 16 Desember 2022 mendatang.
Hari Rajut Kebaikan dirancang sebagai momen apresiasi untuk para pemenang kompetisi Rajut Kebaikan serta apresiasi kepada yayasan, mitra, dan komunitas yang telah bekerja sama dengan Ayobantu selama ini.
Bagi kamu yang tertarik dan suka membuat konten kreatif, yuk ikutan Instagram Reels Competition ini! Semoga melalui kompetisi Rajut Kebaikan yang diadakan Ayobantu, semakin banyak masyarakat yang tergerak untuk berbagi kebaikan bersama masyarakat yang membutuhkan,” tutup Agnes.









