Badan tetap Fit saat Puasa, Cobain Olahraga Simple Ini

Asal ada niat, olahraga saat berpuasa masih bisa dilakukan kok, baca lengkapnya.

145
Olahraga

Memasuki bulan puasa memang aktivitas olahraga kerap susah untuk dilakukan. Namun, untuk menjaga kebugaran tubuh, ada beberapa olahraga sederhana yang bisa kamu lakukan di rumah.

Kadang, perasaan lemas saat berpuasa juga bisa mengganggu aktivitas olahraga kamu. Oleh karenanya, sangat penting untuk memilih olahraga yang tepat dilakukan saat puasa.

Memang tidak mudah untuk menggerakkan badan saat sedang puasa. Karena tubuh seharian tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman, sehingga tenaga bisa saja turun drastis.

via GIPHY

Jika dipaksakan untuk berolahraga, salah satu risiko yang bisa terjadi adalah dehidrasi. Hal ini tentu bisa menimbulkan dampak yang berbahaya jika dibiarkan.

Melansir dari laman halodoc.com, ada beberapa olahraga sederhana yang bisa kamu lakukan untuk tetap menjaga kebugaran tubuh, apa saja itu?

Jalan Santai

Ilustrasi jalan santai/Unsplash

Salah satu olahraga sederhana yang bisa kamu lakukan adalah jalan santai. Aktivitas fisik ini bisa membantu kamu menjaga kesehatan tubuh, terutama jantung, otot, dan tulang. Selain itu, olahraga ini juga sangat mudah untuk dilakukan sehingga tidak rentan menyebabkan dehidrasi akibat keringat yang mengucur banyak.

Bersepeda

Ilustrasi sepeda yang terparkir saat sore hari/Unsplash

Bersepeda dengan jarak yang dekat juga bisa menjadi pilihan lain untuk kamu yang ingin berolahraga ringan saat bulan puasa. Selain bisa membakar kalori dan lemak, kegiatan ini juga bisa mengencangkan otot serta menyehatkan jantung. Selain itu, bersepeda juga bisa membuat pikiran lebih tenang sehingga perasaan stres bisa hilang.

Latihan Beban

Ilustrasi orang yang sedang angkat beban/Unsplash

Latihan beban juga masuk ke dalam salah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan saat berpuasa. Agar tidak terlalu menguras energi, pilih beban yang tidak terlalu berat. Selain itu, lakukan gerakan angkat beban secara perlahan untuk menghindari masalah otot.

Jogging

Ilustrasi seseorang yang sedang melakukan joging/Unsplash

Kalau jalan santai kamu anggap mudah untuk dilakukan, kamu bisa juga loh untuk jogging. Lakukan jogging dengan intensitas yang santai. Kamu bisa melakukannya di pagi hari saat masih banyak energi tersimpan. Atau juga bisa di sore hari untuk menghabiskan tenaga jelang azan maghrib. Disarankan untuk melakukan jogging 30 menit per hari dan berhenti saat merasa lelah.

Yoga

Ilustrasi seseorang yang sedang melakukan olahraga yoga/Unsplash

Yoga menjadi olahraga ringan lainnya yang bisa kamu lakukan di rumah jelang buka puasa. Kamu bisa menjaga tubuh agar tetap segar dan bugar selama berpuasa tanpa mengganggu aktivitas harian. Yoga adalah gerakan yang fokus pada teknik pernapasan berguna untuk meregangkan otot dan membuat otak menjadi rileks.

Baca juga: “Buat Si Super Sibuk, Ini Olahraga yang Bisa Kamu Lakukan di Kantor

Itu lah lima olahraga sederhana yang bisa kamu lakukan saat berpuasa. Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan ya Gengs. Semoga puasa kita lancar-lancar di tahun ini yaaa.

Kamu bisa juga olahraga sambil ngabuburit cari takjil buat buka puasa kan..

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.