Brighton Ukir Sejarah Baru Tampil di Liga Eropa Musim Depan

The Seagulls berhasil mengamankan tiket kompetisi Eropa.

62
Brighton & Hove Albion

Klub Liga Inggris, Brighton & Hove Albion sukses mengukir sejarah baru dengan memastikan diri tampil di kompetisi Eropa untuk pertama kalinya musim depan. The Seagulls (julukan klub) berhasil mengamankan tiket kompetisi Eropa setelah mengalahkan Southampton, Minggu, 21 Mei 2023.

Di pekan ke-37 Liga Inggris, Brighton & Hove Albion yang bermain di Amex Stadium, menang 3-1 atas Southampton. Kemenangan diraih lewat brace gol dari Evan Ferguson (29’, 40’) dan satu gol Pascal Gross (69’). Sementara, Southampton hanya bisa membalas satu gol melalui Mohamed Elyounoussi (58’).

Brighton & Hove Albion
Selebrasi striker Brighton, Evan Ferguson saat mencetal gol/@evan.ferguson.9

Well, kemenangan atas Southampton ini membuat Brighton berada di peringkat enam klasemen Liga Inggris dengan raihan 61 poin dari 36 laga. Dengan dua laga tersisa, perolehan poinnya tetap nggak akan bisa dikejar oleh Tottenham Hotspur yang berada di peringkat 8, dengan koleksi 57 poin dari 37 laga.

Brighton harus menunggu 122 tahun lamanya untuk bisa terbang tinggi berada pada level yang sama dengan sejumlah klub elite di Benua Biru tersebut.

“Ini luar biasa, salah satu yang terbaik dalam karier saya. Saya sangat bangga menjadi pelatih para pemain ini dan klub ini. Kami menang bersama, dan saya sangat bangga,” kata pelatih Brighton Hove & Albion, Roberto De Zerbi.

Yup, tampil di kompetisi Eropa musim depan memang menjadi sejarah baru buat Brighton & Hove Albion. Walaupun kemungkinan masih bisa digeser Aston Villa, yang membayanginya di peringkat 7 dengan 58 poin dari 37 laga, tiket Liga Eropa sudah berhasil diamankan oleh anak asuh Roberto De Zerbi.

Brighton & Hove Albion
Selebrasi para pemain Brighton & Hove Albion saat menang lawan Southampton/reuters.com

Bahkan, Brighton punya peluang untuk menyalip Liverpool di peringkat 5 klasemen Premier League. The Reds sendiri berada di posisi klasemen itu dengan torehan 66 poin, which is unggul lima angka dari Brighton.

Tetapi, posisi 5 bisa saja menjadi milik Brighton jika mereka bisa menyapu bersih dua laga tersisa dengan kemenangan, dan Liverpool terpeleset di pekan terakhirnya. Karena, posisi lima pastinya akan menyempurnakan musim gemilang Brighton & Hove Albion.

Anyway, posisi enam sendiri juga sudah menjadi posisi terbaik bagi Brighton & Hove Albion di Liga Inggris, terutama sejak mereka promosi ke Premier League musim 2017/2018. Sebelumnya, klub yang berdiri pada 24 Juni 1901 ini cuma bisa finish di posisi 15, 17, 15, 16, dan musim lalu posisi 9.

Well, sepertinya nggak ada yang menyangka kalau Brighton akan berlaga di kompetisi Eropa musim depan. Congratulations untuk Brighton atas capaiannya yang membuat sejarah baru dengan tampil di Liga Eropa 2023/2024. Keep going lads!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Editor's Pick