Bukan Main! Toyota Kijang Innova di Dubai Odomoter Capai 1 Juta KM

Menurut pengakuan sopir, belum ada penggantian mesin sejak mobil tersebut digunakan.

72
Toyota Kijang Innova

Sudah menjadi rahasia umum jika beberapa produk Indonesia kini telah banyak dipasarkan secara global atau mancanegara. Bahkan beberapa produk ekspor dari Indonesia juga terkenal dan diakui memiliki kualitas yang tinggi gengs. Mulai dari makanan, pakaian, elektronik, dan juga otomotif.

Hal tersebut terbukti dalam sebuah video yang baru-baru ini diunggah oleh akun @fahedabusalah dari Dubai yang memperlihatkan salah satu produk kebanggaan Indonesia yakni Toyota Kijang Innova menjadi mobil yang patut diacungi jempol.

Diketahui mobil produksi Indonesia tersebut digunakan sebagai transportasi antar jemput atau sebuah taksi di Dubai, Uni Emirat Arab. Menariknya, dalam video itu juga diperlihatkan bahwa mobil Toyota Kijang Innova keluaran tahun 2018 ini sudah melaju dan tembus 1 juta kilometer (km), namun odometernya mentok di angka 999.999 km.

@fahedabusalah sendiri juga cukup terkejut dengan kemampuan dan kualitas dari Toyota Kijang Innova yang ditumpanginya ini gengs.

“Guys, saya sedang berada di sebuah Toyota Innova model 2018 buatan Indonesia. Ini sebuah taksi, cek jarak tempuhnya deh! Itu menyentuh 999.999 km, itu tidak akan berubah ke 1 juta (km),” kata Fahed dalam sebuah video yang ia unggah pada Jumat, (24/3).

Dengan jarak tempuh tersebut, apalagi untuk keluaran tahun 2018 tergolong sudah sangat jauh gengs. Itu artinya, setiap tahun mobil tersebut diperkirakan menempuh jarak sebanyak 199.999 km.

Kartu Keterangan Taksi Toyota Kijang Innova/Via: Tangkapan Layar

Dalam videonya, Fahed juga terlihat bertanya kepada supirnya apakah ia pernah mengganti transmisi dan mesin agar mampu menempuh jarak sejauh itu. Tapi sang supir menjawab ia belum pernah mengganti apapun sejak mobil tersebut ia gunakan untuk pertama kali. Emang enggak usah diragukan lagi kualitas anak bangsa gengs!

“Apakah roda gigi dan mesinnya pernah diganti? Tidak sama sekali, tidak ada yang pernah diganti,” jelasnya.

FYI gengs, mobil Toyota Innova yang dipakai menjadi taksi di Dubai tersebut memiliki spesifikasi mesin bensin 2TR-FE 2.700 cc, DOHC, 16 katup Dual VVT-I. Serta memiliki tenaga hingga 161 hp pada 5.200 rpm dengan torsi maksimal mencapai 245 Nm pada 3.800 rpm. Mesin 2TR ini juga diketahui diproduksi di pabrik TMMIN di Sunter, Jakarta Utara.

Toyota Kijang Innova yang diproduksi oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Indonesia ini memang juga diekspor ke berbagai negara. Seperti negara-negara Timur Tengah, salah satunya Uni Emirat Arab.

Sejarah Toyota Kijang Innova di Indonesia

Anyway, melansir dari situs resmi Toyota, nama Toyota Kijang Innova sendiri enggak lepas dari nama seniornya terlebih dahulu yang legendaris yakni Kijang. Toyota Kijang lahir pertama kali dalam konsep Basic Utility Vehicle (BUV) pada tahun 1977.

Setelah beberapa tahun, pada tahun 2004 akhirnya Toyota Kijang berevolusi menjadi Innova dengan konsep Multi Purpose Vehicle (MPV) yang jauh lebih mewah dan modern. Kijang Innova generasi pertama menggunakan mesin VVT-I 2.000 cc 1 TR-FE dengan tenaga 134 dk.

Revolusi Toyota Kijang Innova

Sedangkan versi diesel D4D atau Direct Four Stroke Turbo Common Rail Injection 2.500 cc hanya tersedia pada varian E, G, dan V. Dan pilihan transmisi otomatis atau matic yang hanya tersedia pada tipe G dan V.

Sejak pertama kali hadir, Toyota Kijang Innova sendiri telah berganti model dan menambah spesifikasinya sebanyak 4 kali yakni Kijang Innova 2004 – 2008 sebagai generasi pertama, 2008 – 2013 yang sudah dilengkapi dengan fitur multimedia audio, 4 speaker dan AC double power.

Ilustrasi Toyota Kijang Innova: Via: Toyota Astra

Lalu 2013 – 2016 Innova memberikan tampilan yang lebih mewah dan modern, lalu fitur keselamatan berkendara SRS Airbags juga sudah terpasang dalam model ini. Pada tahun 2016 juga Toyota menghadirkan Toyota All New Innova yang banyak menambahkan fitur-fitur terbaru dalam mobilnya.

Setelah menyandang nama All New, Toyota Kijang Innova merubah penampilannya dari “bulat” menjadi tampilan lekuk kotak yang mendominasi semua sisi tampilan luar terbarunya. Dari pilihan versi tertinggi, muncul nama Toyota Venturer yang menjadi tipe tertinggi dari mobil Toyota Innova pada saat ini.

Btw, Toyota Kijang atau Toyota Kijang Innova kamu sudah berapa odometernya gaess?