Cara Mudah agar Tetap Sehat dan Jauh dari Penyakit di Usia 40-an

Serat dan sarapan penting bagi kamu di umur 40-an.

65
Bugar

Semakin hari, usia manusia akan semakin bertambah dan kekhawatiran mengenai kesehatan mulai muncul. Khususnya nanti ketika memasuki usia 40-an. Padahal, usia ini masih terbilang produktif untuk melakukan berbagai macam kegiatan.

Pemeriksaan kesehatan secara rutin jadi hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan saat memasuki usia 40-an. Saat memasuki usia ini, tentu akan ada banyak perubahan yang dirasakan dalam diri manusia, utamanya masalah kesehatan.

Ada banyak perubahan yang diakibatkan oleh hormon, mental, sampai dengan kondisi fisik yang akan dialami oleh pria maupun wanita.

Usia ini pun menjadi salah satu “golden time” untuk mengevaluasi kondisi kesehatan secara menyeluruh dan melakukan berbagai hal yang tepat yang bisa membuat hidup kamu jadi semakin sehat.

Perhatikan Asupan Gula

Ilustrasi foto Gula/Unsplash

Pada saat usia kamu masih muda, sangat penting untuk mencermati asupan gula yang masuk ke dalam tubuh. Pasalnya, terlalu banyak asupan gula pada tubuh bisa menyebabkan gangguan tidur sampai dengan risiko diabetes. Selain itu, gula juga bisa membuat kamu lebih mudah mengalami penumpukan lemak di beberapa area tubuh.

Harus Membatasi Makanan Cepat Saji

Foto salah satu makanan cepat saji/Unsplash

Berbagai makanan cepat saji ternyata tak baik dikonsumsi jika terlalu banyak. Namun, saat kamu memasuki usia 40-an, sebaiknya kamu sudah membatasi jenis makanan cepat saji. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan cepat saji akan membuat kamu berisiko kekurangan nutrisi sehingga jadi mudah lelah.

Perbanyak Konsumsi Serat

Foto buah-buahan yang jadi makanan dengan serat tinggi/Unsplash

Ketika menjelang usia 40-an, metabolisme tubuh secara otomatis akan menurun dan bekerja lebih lambat. Untuk itu, kamu disarankan mengkonsumsi berbagai makanan dengan jumlah kalori rendah menjelang usia tersebut. Kamu juga perlu mengkonsumsi banyak serat untuk menunjang kesehatan.

Jangan Lupa Untuk Sarapan

Foto salah satu menu sarapan/Unsplah

Sarapan ternyata menjadi hal yang sangat penting menjelang usia 40-an. Sarapan menjadi salah satu waktu yang penting untuk proses metabolisme dalam tubuh. Pastikan kamu mengkonsumsi berbagai makanan sehat untuk sarapan, seperti buah, sereal, telur, atau roti gandum. Maka dengan demikian, kamu akan memiliki banyak energi untuk melakukan berbagai macam kesehatan.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.