Centang Biru Gratis di Twitter Dihapus Mulai 1 April 2023, Ini Alasannya

Akun yang sudah centang biru gratis sebelumnya diharuskan membayar.

162
Twitter centang biru

Twitter berencana menghapus centang biru gratis yang khusus akun-akun berpengaruh (influencer) mulai 1 April mendatang. Informasi penghapusan verifikasi centang biru ini juga disampaikan lewat akun resmi Twitter @verified.

“Tanggal 1 April, kami akan mulai menghentikan program verifikasi lawas kami dan mulai menghapus centang verifikasi yang lama,” tulis akun resmi Twitter.

Dalam mekanisme yang lama, centang biru Twitter ini diberikan ke akun-akun resmi atau otentik milik tokoh berpengaruh, seperti selebritas, tokoh politik, jurnalis, aktivis, dan sebagainya. Centang biru ini juga diperuntukkan buat akun resmi brand, media, atau perusahaan ternama.

Anyway, centang biru itu diberikan melalui proses verifikasi internal Twitter. Tapi, jika akun-akun yang sudah mendapatkan centang biru secara free lewat kriteria verifikasi yang lama masih ingin mempertahankan centang biru itu, maka mereka harus tetap berlangganan Twitter Blue.

Di samping itu, akun bisnis dengan centang emas dan akun pemerintah dengan centang abu-abu harus berlangganan Twitter Verified Organizations.

Twitter Blue
Ilustrasi centang biru diTwitter Blue/wired.com

Menurut laman resmi Twitter, biaya berlangganan Twitter Verified Organizations dibanderol 1.000 dollar AS atau sekitar Rp15 juta per bulan termasuk pajak ditambah 50 dollar AS atau sekitar Rp758.000 untuk setiap tambahan afiliasi layanan.

Harga tersebut juga bisa berbeda-beda tergantung negaranya, gengs. Tapi, sampai saat ini belum ada informasi detail harga untuk Indonesia.

Nah, dengan hadirnya Twitter Verified Organizations, Twitter nggak mau lagi memberikan centang biru secara cuma-cuma untuk kepentingan apa pun. Rencana ini juga merupakan realisasi dari janji CEO Twitter Elon Musk, Desember tahun lalu.

Musk bilang bakal menghapus semua centang biru gratis yang sudah diberikan ke akun-akun berpengaruh dan resmi.

“Dalam beberapa bulan yang akan datang, kami akan menghapus semua centang biru lawas. Karena, cara pemberian (centang biru) sangat korup dan nggak masuk akal,” tulis Musk di Twitter.

Apa itu Twitter Blue

Anyway, mungkin sebagian dari kalian ada yang belum tahu ap itu Twitter Blue? Jadi, Twitter Blue ini adalah langganan bulanan yang ditawarkan Twitter buat pengguna yang mau mendapatkan akses eksklusif ke fitur premium Twitter.

Menurut The Verge, layanan berlangganan Twitter Blue ini diluncurkan pertama kalinya pada Juni 2021 di Kanada dan Australia di iOS, dan November lalu diluncurkan di Amerika Serikat serta Selandia Baru untuk Android dan versi web.

Twitter Blue juga memiliki sejumlah fitur menarik seperti tombol undo, menikmati berita tanpa iklan, serta adanya fitur membaca utas dengan lebih nyaman. Karena, kenyamanan itu penting banget, bener nggak, gengs?

Fitur-fitur lain dari Twitter Blue adalah bookmark folder, navigasi halaman yang paling sering dibaca, memilih tema, mengunggah video dengan durasi yang lebih panjang, dan menyematkan percakapan.

Twitter Centang Biru
Ilustrasi gambar Twitter/unsplash

Twitter Blue sendiri juga sudah dirilis secara global, dan layanan ini sudah tersedia di Indonesia. Nah, buat para pengguna di Indonesia yang ingin berlangganan Twitter Blue harus merogoh kocek sebesar Rp120.000 per bulannya atau Rp1,25 juta per tahun bagi yang mendaftar via Twitter versi web.

Tapi, harga berlangganan jadi semakin mahal jika pengguna membeli layanan ini lewat aplikasi Twitter di Android dan iOS (mobile) dengan harga Rp165.000 per bulan.

Untuk cara berlangganan Twitter Blue, kamu bisa mengikuti stepstep berikut ini:

  • Buka akun Twitter kamu di twitter.com
  • Login menggunakan username/email dan password akun Twitter
  • Lanjut ke panel menu sebelah kiri dan klik “Twitter Blue”, klik “Subscribe”
  • Selanjutnya kamu akan diarahkan ke metode pembayaran
  • Jika pembayaran melalui web cuma tersedia dengan menggunakan kartu kredit, tapi kamu menggunakan aplikasi,bisa memilih metode pembayaran yang bervariasi. Salah satunya dengan ewallet
  • Setelah konfirmasi pembayaran, kamu telah resmi berlangganan Twitter Blue deh!

Twitter Blue juga memiliki syarat bagi pengguna yang ingin berlangganan, seperti:

  • Pengguna harus memiliki akun yang berumur lebih dari 90 hari
  • Pengguna harus memverifikasi akunnya dengan nomor HP miliknya. Jika akun nggak terverifikasi nomor HP, maka nggak bisa membeli Twitter centang biru

Jadi, bagaimana nih, gengs, pendapat kalian soal Twitter Blue yang bakal nggak gratis lagi? Atau kalian ada yang sudah berlangganan Twitter Blue? Let us know your thoughts and experience!

via GIPHY

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!