Cerita Goresan Tangan Rafi Melukis Kereta, Remaja Autistik yang Mencintai Kereta Api

Rafi menggelar pameran untuk karya-karyanya tersebut di Stasiun Cirebon.

98

Arus mudik Hari Raya Idul Fitri tahun 2023, saat ini sudah berlangsung gengs. Masyarakat berbondong-bondong mudik ke kampung halaman menggunakan berbagai macam jenis transportasi baik darat, laut juga udara.

Tapi ada hal menarik yang menghiasi arus mudik Idul Fitri tahun ini Oppal gengs, karena PT. KAI (Persero) Daop 3 Cirebon saat ini tengah menggelar pameran lukisan remaja berkebutuhan khusus bernama M. Rafi Athallah Irmawan yang berlangsung pada tanggal 15 – 30 April 2023 di Stasiun Cirebon.

Acara pameran yang diadakan oleh pihak PT. KAI ini juga sekaligus untuk memeriahkan situasi mudik dan diharapkan dapat menghibur para penumpang dengan pameran lukisan terbaik dari Rafi. Total ada 17 pameran lukisan Rafi tentang kereta api yang dipamerkan di dalam Stasiun Cirebon ini lho gengs, keren banget kan?

Selain pameran, Rafi juga akan menggelar demo menggambar di dalam Stasiun yang bisa pengunjung lihat secara langsung.

Ketika dihubungi oleh tim OPPAL secara langsung, Ibunda Rafi yakni Lusianah mengatakan, selain berkaitan dengan momen mudik, pameran Rafi juga berkaitan dengan bulan Hari Peduli Autisme Sedunia yang jatuh pada tanggal 2 April lalu gengs.

“Pameran Rafi ini dalam rangka mudik, momen ini pamerannya pas banget. Selain dalam rangka mudik kebetulan kan di bulan April ini juga bulan World Autism Awareness Day jadi memang pas banget momennya,” kata Ibu Lusiana pada OPPAL, Selasa (18/4).

Buat Oppal gengs yang mudik ke arah Cirebon atau berada di daerah Cirebon, jangan lupa mampir dan lihat pameran dari Rafi ya gengs!

Menggambar Jadi Kegemaran Rafi Sejak Kecil

Well, menurut Ibunda Rafi, remaja yang sudah menginjakkan kakinya di usia dewasa 17 tahun ini memang memiliki ketertarikan dengan dunia menggambar dari kecil, bahkan sejak umurnya masih 5 tahun.

Ia menceritakan, kegemaran Rafi ini awalnya dari terapis Rafi yang mengajarkan menggambar hingga Rafi suka memegang pensil dan suka mencoret-coret di buku.

“Rafi berproses, jadi sejak SD udah mulai suka melukis tapi masih kurang bagus, ketika SMP itu sudah mulai bagus, mulai keliatan gambarnya lebih rapi itu sekitar SMP,” katanya.

Sampai saat ini Rafi juga masih berlatih melukis dengan guru lesnya selama dua kali dalam seminggu untuk memperbaiki beberapa tekniknya supaya lebih bagus dan makin keren.

Anyway, selain lukisannya dipamerkan di Stasiun Cirebon selama 15 hari hingga tanggal 30 April nanti, karya Rafi sebelumnya juga pernah dipamerkan di Keraton Kacirebonan, lalu juga dipamerkan di Cirebon Superblock (CSB) Mall.

Pada kegiatannya sehari-hari, selain menggambar Rafi juga suka berolahraga di pagi hari gengs. Ia juga suka membantu Ibu Lusiana untuk melakukan kegiatan sehari-hari di rumah dan mengaji di sore hari.

“Saya memang melatih Rafi untuk mandiri juga kan, mengerjakan beberapa pekerjaan rumah,” ucapnya.

Keistimewaan Kereta Api Bagi Rafi

Selain menggambar, Rafi juga sangat menyukai kereta api sejak ia kecil gengs. Karena itu, jika kamu melihat seluruh karya Rafi, pasti kamu akan menemukan banyak gambar kereta api di dalamnya.

Hal ini juga dibenarkan oleh Ibu Lusiana gengs, ia menceritakan, sejak keluarganya pindah ke Cirebon dari Riau Rafi sangat menyukai kereta sejak melihatnya pertama kali.

Ada hal yang lucu dari kesukaan Rafi terhadap kereta nih, jika sedang dalam kendaraan pribadi, Rafi bakal meminta orang tuanya untuk berhenti setiap kereta api lewat di depan matanya.

“Jadi setiap kami melewati perlintasan pintu kereta api, kalau ada kereta api lewat itu kita mesti berhenti walaupun kita sudah lewat dari pintu lintasannya kita harus tetap berhenti, jadi dia harus lihat dulu keretanya,” kenangnya.

Ketika keluarganya sedang pergi berlibur, Rafi juga akan meminta untuk pergi ke stasiun yang berada di daerah tersebut untuk melihat kereta api gengs.

Bahkan saking sukanya terhadap kereta api, menariknya Rafi sangat hafal dengan berbagai macam jenis lokomotif kereta, nama-nama kereta api, hingga melayani tujuan ke daerah mana aja lho Oppal gengs.

“Karena kesukaannya dengan kereta api, saya coba memanfaatkan minat dia. Misalnya dari belajar membaca juga saya selalu kaitkan dengan kereta api. Lalu belajar hal yang lain juga saya kaitkan dengan kereta api,” jelas Ibu Lusiana.  

Wah, Rafi keren banget ya! Ia bisa sangat fokus pada kesukaannya dan juga kegemarannya, Let’s give Rafi big applause, gengs!