Aplikasi adalah software yang dirancang untuk memudahkan pekerjaan manusia. Dengan menggunakan aplikasi ini, beberapa pekerjaan akan semakin mudah untuk dikerjakan, membuat semuanya jadi lebih singkat.
Aplikasi sendiri pada dasarnya merupakan program yang terdiri dari berbagai perintah dan data yang tertanam pada suatu perangkat. Cara mengoperasikan setiap aplikasi ini juga berbeda tergantung dengan fungsi dari aplikasi itu.
Tentu setiap aplikasi yang digunakan di perkantoran memiliki fungsi dan fitur yang berbeda sesuai dengan manfaat dan kegunaannya. Oleh karena itu, OPPAL telah merangkum 8 aplikasi yang bisa membantu kamu menyelesaikan beberapa tugas kantor. Apa saja? Cek!
Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah angka yang paling sering digunakan para pekerja di Indonesia. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk memasukkan data yang berkaitan dengan nominal uang atau jumlah orang untuk melakukan proses pendataan.
Tak sampai di situ, aplikasi ini juga sering digunakan untuk membuat suatu chart atau bagan data yang dihasilkan dari sekumpulan data yang diolah kemudian ditampilkan dalam bentuk bagan.
WPS Office

WPS Office adalah aplikasi yang memiliki berbagai macam fitur seperti pengetikan, pengolahan angka, presentasi, dan PDF file. Aplikasi ini juga bisa dikatakan sebagai paket lengkap yang bisa kamu pilih untuk menunjang kegiatan perkantoranmu.
WPS Office juga tersedia untuk Android secara gratis yang bisa kamu unduh di PlayStore di smartphone kamu.
Google Docs

Google Docs adalah sebuah aplikasi dari Google yang bisa kamu gunakan untuk mengetikkan data. Pada umumnya, penggunaan aplikasi ini memiliki kemiripan dengan Microsoft Word, namun Google Docs ini bisa digunakan secara online dan bisa dilihat oleh orang-orang kantor kamu.
Google Spreadsheet

Google Spreadsheet menjadi aplikasi lain yang memiliki fitur sama seperti Microsoft Excel. Lewat aplikasi ini, kamu bisa mengedit data yang kamu miliki kemudian mengubahnya secara daring. Sama seperti Google Docs, kamu juga bisa membagikan Google Spreadsheet ini kepada teman sekantor atau bahkan bos kamu untuk mengecek apakah sudah sesuai atau belum.
Trello

Trello adalah aplikasi manajemen tugas atau task management yang bisa diakses secara daring. Aplikasi ini bisa memudahkan karyawan untuk melihat pekerjaan yang sedang dilaksanakan, pekerjaan yang sedang menunggu, dan pekerjaan yang sudah diselesaikan.
Dengan adanya Trello ini, pengguna bisa mengetahui mana saja tugas yang belum terselesaikan. Aplikasi ini juga memungkinkan bos atau atasan untuk mengontrol pekerjaan dari anak buahnya.
Asana

Asana adalah aplikasi manajemen proyek yang memungkinkan pengguna untuk mengatur dan melacak tugas-tugas yang harus dilakukan, membaginya ke dalam proyek dan tim, serta menentukan deadline. Asana juga memiliki fitur kolaborasi yang memungkinkan beberapa orang untuk bekerja pada satu proyek secara bersamaan.
Zoom

Zoom adalah aplikasi konferensi video yang memungkinkan pengguna untuk melakukan rapat atau presentasi secara daring. Aplikasi ini mulai tenar pada saat pandemi covid-19 muncul dan mengharuskan setiap orang untuk bekerja dari rumah.
Aplikasi ini memungkinkan pengguna berbicara dengan rekan kerja lewat video dan audio serta berbagai layar dan dokumen. Zoom juga memiliki fitur merekam rapat yang berguna untuk referensi masa depan.
Google Meet

Google Meet adalah produk dari Google yang menyediakan konferensi video tingkat perusahaan untuk semua orang. Google Meet memampukan kamu membuat rapat online dengan peserta hingga 100 orang dan mengadakan rapat yang berdurasi hingga 60 menit per rapat.
Google Meet juga tenar di masa-masa pandemi Covid-19 pada saat orang-orang bekerja dari rumah atau WFH.
Baca juga: “Apple Bakal Rilis Aplikasi Streaming Musik Klasik yang Bisa Diunduh di Android“









