Deretan Ekskul Sekolah Unik yang Ada di Indonesia, Tertarik Buat Join?

Ada ekskul bisnis juga, lho!

99
Ekskul Unik di Sekolah

Program ekstrakurikuler (ekskul) di sekolah kini semakin beragam. Enggak melulu futsal, basket, atau mading yang bisa dipilih. Bahkan, siswa bisa memilih ekskul yang tergolong unik yang ada di beberapa sekolah di Indonesia.

Bahkan, sejumlah ekskul memang sengaja dirancang untuk mengembangkan kemampuan entrepreneur, keterampilan, atau mengasah kepedulian sosial para siswa. Lalu, apa saja ekskul unik yang ada di sekolah-sekolah Indonesia, ya? Berikut daftarnya.

1. Bisnis online

Ekskul Unik di Sekolah
SMAK 7 Penabur Jakarta/psbjakarta.bpkpenabur.or.id

Perkembangan teknologi komunikasi saat ini memang membuka banyak peluang usaha bagi semua orang. Munculnya internet membuat siapa pun bisa berbisnis tanpa harus repot menyewa bangunan atau berjaga di toko seharian.

Jika bisa mengatur waktu dengan baik, bisnis online dapat ditekuni oleh mereka yang punya kesibukan lain, termasuk pelajar.

SMAK 7 Penabur Jakarta enggak mau melewati tren ini dengan membuka ekskul “Bisnis Online”. Jadi, para siswa yang tadinya aktif di dunia maya cuma untuk kepentingan pribadi, kini bisa mengembangkan skill tersebut untuk membuka bisnis secara daring.

Para anggota ekskul dibekali cara memikat pelanggan tanpa tatap muka. Mereka juga diajari cara membuat aplikasi yang biasa dipakai dalam bisnis online.

Bukan cuma teori saja, seluruh siswa yang ikut ekskul ini wajib mengolah bisnis online sendiri. Jadi selain belajar berbisnis, keuntungannya juga bisa menambah uang saku mereka.

2. Anggar

Ekskul Unik di Sekolah
Ekskul olahraga anggar di SMA Neger 1 Sooko Banjarmasin/radarmojokerto.jawapos.com

Selain futsal dan bola basket, jenis olahraga lain juga masuk dalam kegiatan ekskul di sekolah di Indonesia. Di Mojokerto, Jawa Timur, ada SMA Negeri 1 Sooko yang mengembangkan olahraga anggar sebagai salah satu ekskul bagi siswa mereka. Ekskul ini didirikan untuk menampung bakat peserta didik.

“Kita merealisasikan keinginan murid untuk berlatih anggar, akhirnya mulai kita jadikan ekskul sejak 2021 kemarin,” ucap Kepala SMA Negeri 1 Sooko, Bapak Sutoyo, seperti yang dikutip dari radarmojokerto.jawapos.com.

Ekskul anggar banyak diminati siswa setelah berdiri selama 1,5 tahun. Bahkan, banyak juga peserta didik yang ikut beragam kejuaraan cabor anggar sampai ke tingkat internasional. Keren banget!

Menariknya, salah satu siswa SMA 1 Sooko yang sudah bergabung dengan ekskul anggar sejak pertama kali, Vanessa Digta Vinola mengatakan keinginannya untuk ikut ekskul tersebut terinspirasi dari film drama Korea.

“Awalnya penasaran saja bagaimana mainnya, karena lihat dari drakor. Akhirnya bilang ke guru minta diajari,” kata Vanessa.

3. Pengabdian masyarakat

Ekskul Unik di Sekolah
Ekskul community service di SMAN 10 Malang/sman10malang.sch.id

Siapa sangka ternyata ada ekskul yang berorientasi pada kesejahteraan masyarakat, salah satu contohnya adalah ekskul “Community Service” di SMA Negeri 10 Malang, Jawa Timur. Ekskul ini sengaja dirancang untuk melatih kepedulian anak muda kepada sesama.

Para siswa anggota ekskul ini melakukan berbagai kegiatan sosial di sekolah-sekolah dasar, dinas sosial, panti asuhan, panti jompo, atau berkumpul bersama anak-anak jalanan.

4. Membatik

Ekskul Unik di Sekolah
Ilustrasi pelajar membatik/surabaya.tribunnews.com

SMA Negeri 2 Magelang, Jawa Tengah, mengadakan ekstrakurikuler membatik sebagai wadah para siswanya untuk berkreasi. Selain membatik, kegiatan mingguan ekskul SMA Negeri 2 Magelang ini juga diisi dengan belajar berwirausaha.

Para siswa yang mengikuti ekskul ini mampu menghasilkan produk batik khas Magelang yang sudah siap dijual. Terbukti hasil karya mereka sudah masuk pasar industri batik sejak tahun 2009. Bahkan, distribusinya telah mencapai luar daerah, salah satunya Sumatra Selatan.

Bukan cuma motif batik umum khas Magelang saja, para siswa anggota ekskul juga mengembangkan motif lainnya, seperti “Water Torn” dan “Diponogoro”. Karya-karya ini juga sering ditampilkan dalam pameran-pameran di luar sekolah.

5. Cosplay

Ekskul cosplay di SMK Negeri 1 Banjarmasin/smkn1bjm.sch.id

Berawal dari sebuah komunitas Cosplay, akhirnya terbentuklah ekskul cosplay di SMK Negeri 1 Banjarmasin. Ekskul ini diresmikan pada tanggal 1 Februari 2016 dan diberi nama “ATARASHII Cosplay Team” yang artinya wajah baru.

Ekskul cosplay ini hadir dalam rangka untuk mengembangkan minat siswa-siswi SMKN 1 Banjarmasin dalam kultur, kebudayaan, dan kesenian Jepang, khususnya di bidang kreasi kostum atau cosplay.

Kegiatan cosplay memang saat ini telah berkembang dari event hingga perlombaan antar-komunitas dan sekolah, khususnya di Banjarmasin dan Banjarbaru. Ekskul ini akhirnya menjadi sarana untuk menuangkan kegiatan positif, kreativitas, dan prestasi tersendiri bagi mereka.

Yup, itulah 5 ekskul unik yang ada di sekolah-sekolah di Indonesia. Bagaimana, kamu tertarik untuk bergabung juga, gengs?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Related Post