Deretan Hutan di Tengah Kota Jakarta, Bisa Healing Juga

Udara bersih di tengah kota nih!

111
Hutan

Hutan sangat identik dengan sebuah lokasi yang menakutkan, gelap, banyak binatang buas, dan lain sebagainya. Namun, tahukah kamu kalau ternyata ada juga hutan yang terletak di tengah kota seperti Jakarta?

Rindangnya pohon memang sangat dibutuhkan di Jakarta sebagai salah satu cara untuk menyerap polusi kendaraan yang menyebar di udara. Selain itu, fungsi lain hutan yang ada di pusat kota adalah sebagai sarana untuk melepas penat atau healing bagi warga yang kelelahan setelah beraktivitas seharian penuh.

Lalu, ada hutan apa saja ya kira-kira di pusat Kota Jakarta?

Hutan Mangrove di Pantai Indah Kapuk

Hutan Mangrove yang ada di Pantai Indah Kapuk lokasinya sangat mirip dengan di Bali. Ini juga kadang menjadi spot foto outdoor yang paling diminati oleh masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Kamu juga bisa mengeksplor banyak foto di hutan yang cukup rindang ini.

Kalau kamu datang ke sini, kamu bisa menikmati suasana sejuk dengan angin sepoi-sepoi di tengah kota. Kawasan ini memiliki tiket sekitar 99 hektar dan 40% lahannya dimanfaatkan untuk hutan mangrove.

Hutan Kota Srengseng

Hutan Kota Srengseng memiliki sejumlah tanaman dan pepohonan yang rimbun di sekitarnya. Kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas di sini, kayak jalan pagi, main sepeda, dan jogging. Di Hutan Kota Srengseng, kurang lebih ada 65 spesies pohon tinggi dengan berbagai macam jenis.

Diantaranya adalah pohon jati, flamboyant, Ketapang, akasia, mahoni, dan lain sebagainya. Ada juga berbagai pohon pendek seperti Perdu dan tanaman merambat. Dengan banyaknya pohon ini, Hutan Kota Srengseng bisa mengundang banyak kawanan burung untuk menetap.

Hutan Kota Universitas Indonesia  

Foto Hutan Kota UI/hijauku.com

Untuk kamu mahasiswa Universitas Indonesia, pasti udah akrab sama Hutan Kota Universitas Indonesia. Hutan ini memiliki luas sekitar 90 hektar dan memiliki banyak potensi, diantaranya sebagai sarana serapan air, pelestarian plasma nutfah, dan lahan penelitian biodiversitas Universitas Indonesia.

Ada beberapa jenis pohon di sini, beberapa diantaranya adalah pohon jati, meranti, kopi, karet, dan matoa. Ada juga danau besar di sana, ada Danau Kenanga, Danau Agathis, Danau Mahoni, Danau Puspa, Danau Ulin, dan Danau Salam. Kamu tertarik ke sini? Nih Oppal kasih contekan location-nya.

Hutan Kota Kemayoran

Kawasan Hutan Kota Kemayoran saat ini menjadi salah satu tempat alternatif untuk melakukan berbagai kegiatan masyarakat. Hutan kota ini juga pada waktu Asian Games 2018 digunakan sebagai tempat rekreasi para atlet yang bertanding.

Di sana, terdapat jogging track, panggung di atas air yang bisa digunakan untuk berbagai macam kegiatan. Pada akhirnya, Hutan Kota Kemayoran ini bisa dilakukan warga untuk melakukan rekreasi.

Taman Cattleya Tomang

Taman Cattleya Tomang terletak di pusat kota Jakarta dengan luas lahan sekitar 3 hektar. Di sini, ada banyak jenis tanaman, pohon, bunga, dan sudah dilengkapi dengan banyak fasilitas umum.

Akrab dengan sebutan Taman Tomang, taman ini sering dijadikan sebagai tempat berkumpul anak muda jelang dan saat akhir pekan. Di sana, kamu juga bisa berolahraga dengan memanfaatkan banyak fasilitas kebugaran yang disediakan.

Baca juga: “Dari Tebet Eco Park Sampai Hutan Kota GBK, Ini Rekomendasi Taman di Jakarta Buat Ngabuburit!

Masuk ke Taman Cattleya Tomang juga tak perlu bayar alias gratis. Intinya kamu tetap jaga kebersihan aja ya Gengs.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Editor's Pick