Deretan Kota dengan Durasi Puasa Terlama dan Tersingkat Tahun Ini

Kota-kota di belahan utara Bumi akan memiliki waktu puasa yang lebih panjang.

138
Durasi Puasa Ramadan

Pemerintah lewat Kementerian Agama telah mengumumkan kalau 1 Ramadan 1444 Hijriyah jatuh pada 23 Maret 2023 dalam Sidang Isbat yang digelar di Kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Rabu, 22 Maret 2023 malam. Ini berarti, ibadah puasa akan dimulai pada 23 Maret 2023.

Seperti yang kita tahu, umat Islam bakal melaksanakan ibadah tahunannya dengan berpuasa dari matahari terbit sampai tenggelam. Enggak cuma berpantang makan dan minum saja, kita juga harus menahan hawa nafsu, termasuk berhubungan seksual (bagi pasangan suami istri), serta menahan emosi berlebih.

Anyway, ada salah satu hal yang unik dari puasa, yaitu durasi berpuasa umat Muslim di berbagai belahan dunia akan berbeda-beda karena faktor terbitnya matahari.

Durasi Puasa Ramadan
Ilustrasi waktu puasa/unsplash

Bagi muslim yang tinggal di negara paling selatan dunia, seperti Selandia Baru dan Chili, bakal berpuasa rata-rata selama 12 jam. Sedangkan yang tinggal di negara paling utara, Seperti Islandia atau Greenland, akan berpuasa selama 17 jam lebih.

Nah, ada sedikit kejutan, nih. Bagi umat Muslim yang stay di belahan utara Bumi, durasi puasa justru bakal sedikit lebih pendek di Ramadan tahun ini. Bahkan, durasinya bakal terus berkurang sampai tahun 2031, saat Ramadan mencapai titik balik matahari musim dingin, atau bisa dibilang juga hari terpendek dalam setahun.

Setelah itu, jam puasa bakal bertambah sampai titik balik matahari musim panas, which is merupakan hari terpanjang dalam setahun di belahan utara Bumi.

Hal sebaliknya justru akan terjadi untuk umat Islam yang tinggal di selatan garis khatulistiwa nih, gengs.

Nah, untuk kota-kota paling utara, seperti Longyearbyen di Norwegia, di mana matahari enggak terbenam dari 20 April sampai 22 Agustus, diputuskan untuk berpuasa mengikuti pengaturan waktu di Mekkah, Arab Saudi, atau negara Muslim terdekat.

Durasi Puasa Ramadan
Mekkah, Arab Saudi/unsplash

Ada juga 5 kota dengan durasi puasa terpanjang di tahun ini. Mereka yang tinggal di negara belahan utara bakal berpuasa jauh lebih lama dibandingkan masyarakat Indonesia. Tapi, di tanggal 20 April nanti bakal menjadi yang terlama, bahkan bisa mencapai 18 jam.

Berikut ini lima kota dengan durasi puasa Ramadan terlama.

  • Nuuk, Greenland: 18 jam 12 menit
  • Reykjavik, Islandia: 18 jam 12 menit
  • Helsinki, Finlandia: 17 jam 48 menit
  • Stockholm, Swedia: 17 jam 39 menit
  • Glasgow, Skotlandia: 17 jam 21 menit

Bagi umat Muslim yang tinggal di area selatan akan memiliki durasi puasa lebih pendek, paling singkat pada 20 April nanti. Berikut lima kota dengan durasi puasa Ramadan 2023 tersingkat.

  • Christchurch, Selandia Baru: 12 jam 17 menit
  • Puerto Mont, Chili: 12 jam 18 menit
  • Montevideo, Uruguay: 12 jam 26 menit
  • Canberra, Australia: 12 jam 27 menit
  • Cape Town, Afrika Selatan: 12 jam 30 menit

Bagi kalian yang kebetulan tinggal di lima kota negara di atas atau berencana untuk mengunjungi kota-kota tersebut, semoga informasi ini bisa bermanfaat buat kalian yagesya! Jangan lupa untuk tetap jaga kesehatan supaya ibadah di Bulan Suci Ramadan tahun ini bisa berjalan dengan lancar dan aman. Amin!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!