Deretan Lagu Ramadan yang Nge-Hits dari Zaman Dulu sampai Zaman Now!

Yuk, nostalgia sambil mendengarkan tembang religi berikut!

191
Lagu Ramadan

Bulan Ramadan merupakan bulan yang sangat istimewa dan penuh berkah bagi umat muslim. Biasanya, menjelang bulan Ramadan, deretan lagu-lagu religi Ramadan pun bermunculan.

By the way, kita nostalgia dulu, yuk, dengan beberapa daftar tembang religi atau lagu Ramadan mulai dari tahun 1990-an sampai sekarang. Let’s check it out, gengs!

1. Opick – Ramadan Tiba

Lagu religi yang satu ini pasti sudah enggak asing lagi di telinga kita, karena sering diputar di pusat perbelanjaan bahkan sampai supermarket. Lagu yang dinyanyikan Opick ini diciptakan untuk menyambut bulan Ramadan dirilis pada tahun 2008 silam.

2. Haddad Alwi – Marhaban ya Ramadan

Siapa yang enggak kenal Haddal Alwi? Penyanyi religi yang satu ini karya musiknya memang enggak perlu diragukan lagi. Karyanya dalam lagu religi sudah dikenal sejak albumnya yang berjudul Cinta Rasul.

Di tahun 2009, Haddad Alwi merilis 3 lagu hits yang salah satunya adalah Marhaban ya Ramadhan. Di lagu ini, Haddad Alwi menggandeng penyanyi cilik, Anti.

3. Ungu – Para PencariMu

Lagu ini menjadi soundtrack dari sinetron Para Pencari Tuhan yang tayang di salah satu stasiun TV. Lagu ini bercerita soal proses pencarian seorang hamba untuk bisa menemukan Tuhannya, Allah SWT.

Lagu ini masuk ke dalam album Ungu berjudul Ruang Hati yang berisikan 13 lagu dan dirilis pada tahun 2012.

4. GIGI – Pintu Sorga

GIGI sukses meramu lagu-lagu religi dalam sajian yang lebih fresh dan modern. Namanya semakin merangkak naik lewat lagu-lagu religi mereka, seperti “Perdamaian”, “Akhirnya”, dan “Tuhan”.

Nah, lagunya yang berjudul “Pintu Sorga” ini cocok banget masuk ke dalam rekomendasi lagu religi yang pas diputar saat Ramadan. “Pintu Sorga” yang dirilis pada tahun 2006 ini berisi pengharmonisasian unsur musik tradisional Indonesia dan alunan pop.

5. Maher Zain – Ramadan

Kalau bicara lagu Ramadan, nama Maher Zain tentu enggak boleh dilewatkan begitu saja. Penyanyi asal Swedia kelahiran Tripoli, Libya, ini punya lagu religi dalam versi bahasa Indonesia juga, lho! Salah satunya yang mungkin kita semua sudah pernah dengar, “Ramadan” (2013).

Lagu ini memang sudah populer banget di kalangan pencinta musik religi. Lagu milik penyanyi bernama lengkap Maher Mustafa Maher Zein ini memiliki lirik yang penuh dengan makna, serta mengajak kita untuk merenungkan kebesaran Allah selama bulan Ramadan.

6. Bimbo – Ada Anak Bertanya Pada Bapaknya

Lagu ini merupakan lagu legendaris yang sudah ada sejak zaman orang tua kita, gengs. Biasanya, dulu orang tua kita atau masjid tempat kita ngaji dulu sering memainkan lagu ini, khususnya pas Ramadan.

Kerennya lagi, lagu yang dirilis tahun 2007 ini juga membuat kita jadi tahu apa makna salat, puasa, tadarus, dan sebagainya.

7. Raihan – Sesungguhnya

Selain Indonesia, Malaysia juga memiliki sejumlah musisi religi yang sama bagusnya, Raihan salah satunya. Lagu-lagu mereka bahkan sempat populer di Indonesia pada dekade 90 sampai 2000-an.

Raihan memiliki lagu berjudul “Sesungguhnya” yang biasa diputar untuk menyambut bulan Ramadan. Lagu yang dirilis tahun 1997 ini punya lirik yang penuh makna dan mengingatkan kita untuk meningkatkan iman dan taqwa selama bulan suci ini.

8. Tasya – Arti Puasa

Buat kalian yang lahir sebagai generasi 90-an, enggak mungkin kalian enggak tahu Tasya. Selain menghasilkan lagu-lagu gembira, Tasya yang menjadi idola masa kecil kita dulu juga mengeluarkan lagu religi dalam rangka menyambut bulan Ramadan, salah satunya “Arti Puasa”.

Lagu “Arti Puasamasuk ke dalam albumnya bertajuk Ketupat Lebaran yang dirilis pada tahun 2001.

Nah, itu dia deretan lagu religi yang selalu diputar menjelang sampai sepanjang bulan Ramadan, mulai dari zaman dulu sampai sekarang, gengs. Apa lagu Ramadan favorit kamu? Coba spill, dong!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!