Dramatis! Meski Bermain dengan 10 Pemain, Timnas Indonesia Kalahkan Vietnam 3-2

Hasil ini membuat Indonesia melaju ke babak final SEA Games 2023.

98
Timnas Indonesia U-22

Timnas Indonesia U-22 bertemu lawan berat di semifinal cabang olahraga sepak bola SEA Games 2023 kontra Vietnam. Pertandingan berlangsung pada pukul 16.00 WIB di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (13/5).

Pertandingan antara kedua tim unggulan di SEA Games 2023 ini berjalan sangat seru dari awal puit babak pertama dibunyikan. Sayang di menit ke-2, umpan silang dari Marselino masih belum bisa dimanfaatkan jadi gol oleh para punggawa Garuda Nusantara.

Pada menit ke-5, Timnas Vietnam mendapatkan tendangan bebas dari sisi kanan pertahanan Indonesia. Namun, tendangan keras dari pemain Vietnam masih bisa ditangkap dengan baik oleh Ernando. Skor masih imbang 0-0.

GOL UNTUK INDONESIA! Di menit ke-9 umpan manja dari lemparan bola keluar dari Arhan Pratama disambut sundulan keras Komang untuk menjebol gawang Vietnam. YES! Timnas Indonesia U-22 unggul 1-0 dari Vietnam.

Usai tertinggal 1-0, para pemain Timnas Vietnam bermain dengan sangat keras yang mengakibatkan wasit dari Korea Selatan selalu meniupkan pluitnya. Namun, semangat dan tekad Garuda Nusantara untuk menang tak juga luntur.

Di menit ke-33 Timnas Indonesia U-22 kembali mendapatkan peluang emas. Akselerasi dari Arhan Pratama dari sisi kanan pertahanan Vietnam belum bisa menjobol gawang dari lawan. Sayang sekali Arhan.

Timnas Vietnam bisa menyamakan keadaan di menit ke-35, sundulan dari Nguyen Van Tung berhasil merobel gawang Ernando. Skor imbang 1-1.

Meski peluang demi peluang didapatkan oleh kedua kesebelasan, namun skor imbang 1-1 ini tidak berubah sampai pluit babak pertama dibunyikan oleh wasit asal Korea Selatan.

Pluit panjang tanda babak kedua dimulai. Baru berjalan delapan menit, Marselino Ferdinan mampu merobek gawang Vietnam lewat tendangan keras dari luar kotak pinalti. GOL! Timnas Indonesia U-22 kini unggul 2-1.

Timnas Indonesia U-22 harus menerima sanksi berat, Arha Pratama harus menerima kartu merah usai pelanggaran keras yang dibuatnya di area pertahanan Garuda Nusantara di menit ke-59.

Pertandingan berjalan dengan sangat seru, jual beli serangan terjadi. Namun sayang, di menit ke-78 Timnas Vietnam kembali berhasil merobek gawang Ernando lewat gol bunuh diri Amirudin. Skor saat ini 2-2.

Dewi Fortuna nampaknya masih berpihak kepada Timnas Indonesia U-22. Meski hanya 10 orang pemain, Muhammad Taufany yang masuk di babak kedua berhasil menjebol gawang kiper Vietnam dengan tendangan kerasnya di menit ke 90+8. YESSSS!!!!!!!

Dengan hasil ini, maka dipastikan Timnas Indonesia U-22 mendapatkan satu tiket ke babak final menanti laga Myanmar vs Thailand yang baru akan berlangsung Sabtu (13/5) malam pukul 20.00 WIB.

Babak final akan diselenggarakan pada Selasa, 16 Mei 2023 pukul 19.30 WIB. Mari kita sama-sama berdoa semoga Timnas Indonesia U-22 bisa mendapatkan medali emas.

Selamat Garuda Nusantara, doa kami menyertai di babak final mendatang, INDONESIA!

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.