200
0

Epidemiolog Prediksi Status Pandemi Covid-19 Dicabut Akhir Tahun

Bapak Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan pandemi sudah usai, dan epidemiolog prediksi status pandemi Covid-19 akan segera dicabut.

200
0
covid-19

Beberapa hari yang lalu WHO mengumumkan bahwa akhir dari pandemi Covid-19 sudah di depan mata. Hal ini langsung mendapat beberapa perhatian dari berbagai macam pihak. Salah satunya adalah ahli panel WHO Dicky Budiman yang mengatakan bahwa status pandemi dicabut akhir tahun atau selambatnya tahun depan.

“Bahwa kalau saya ekspektasi optimistis akhir tahun ini paling cepat atau awal tahun depan bisa dicabut status pandeminya, dengan alasan bahwa kita melihat tren efektivitas atau manfaat dari vaksin ini sangat jelas dalam menurunkan keparahan maupun fatalitas kematian,” kata Bapak Dicky Budiman seperti dikutip dari detik.com.

covid-19

Menurutnya juga ada pengurangan virus yang ditularkan dari orang yang terinfeksi namun sudah mendapatkan vaksinasi pertama, kedua, dan bahkan ketiga. Hal tersebut yang menyebabkan tren kasus Covid-19 terus menurun, tidak hanya di Indonesia namun di seluruh dunia.

Namun, hal ini tidak membuat kasus Covid-19 bebas dari risiko. Dicky meminta kewaspadaan tinggi pada kelompok rawan, seperti lansia dan pengidap komorbid yang disarankan untuk segera mendapatkan vaksinasi booster.

“Namun, harus diketahui Indonesia punya kerawanan, terutama kelompok rawan lansia komorbid. Banyak yang belum mendapatkan booster, hal ini berbahaya karena varian atau subvarian baru itu efektif dan bisa membalikkan kondisinya ketika dia menginfeksi orang yang rawan dan bisa fatal, nah ini yang harus kita kejar,” kata Dicky Budiman.

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyebut bahwa pandemi covid-19 telah berakhir di negaranya. Pernyataan ini langsung diucapkan sang presiden dalam sebuah wawancara. “Pandemi telah berakhir,” kata Joe Biden seperti dikutip dari Reuters.

Selain itu, Biden juga menambahkan bahwa sesungguhnya mereka masih bermasalah dengan Covid-19, namun pandemi sudah berakhir. “Kita masih memiliki masalah dengan Covid-19. Kita masih melakukan banyak hal untuk itu. Tapi pandemi sudah berakhir,” pungkasnya.

Perlu diketahui dan disadari meski pandemi akan berakhir, namun protokol kesehatan tetap harus dijaga untuk kepentingan bersama. Untuk sementara, tetap menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, dan tetap cuci tangan. Kita sambut kabar baik ini dengan cara tetap menjaga protokol kesehatan ya.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *