Gen Z dan Milenial Siap-Siap! Rekrutmen Bersama BUMN akan Kembali Dibuka Awal Mei 2023

Baca apa aja tes dan syaratnya di sini gaes!

100

Siap-siap bagi Oppal gengs yang ingin bergabung bersama Perusahaan Badan usaha Milik Negara (BUMN)! Melansir dari official Instagram @kementerianbumn dan Bapak Erick Tohir, Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) akan kembali dibuka nih gengs.

Rekrutmen tersebut akan dibuka pada tanggal 5 Mei mendatang dan akan terdiri dari lima tahap seleksi hingga pengumuman final pada pertengahan Agustus tahun 2023.

Dalam unggahannya, Bapak Erick Tohir juga mengatakan rekrutmen ini diperuntukkan bagi generasi milenial dan gen-z yang ingin bergabung menjadi keluarga besar BUMN.

So, buat kamu yang termasuk dalam generasi milenial dan gen-z persiapkan baik-baik ya gengs, dan jangan lupa catat tanggal penting dalam proses rekrutmen berikut ini!

Proses Registrasi

Langkah awal dalam Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) ini meliputi proses pendaftaran dan seleksi administrasi oleh PIC BUMN yang akan dibuka pada tanggal 5 – 20 Mei 2023. Lalu pengumuman hasil registrasi tahap pertama akan dilakukan pada 1 Juni 2023.

Tes TKD & Akhlak

Setelah mendaftar dan lolos pada tahap pertama, kamu harus menjalani Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan tes core values BUMN atau tes AKHLAK. Bobot dalam tes ini cukup tinggi gengs, yakni TKD sebesar 40 % dan AKHLAK 60 %

Proses ini akan dilakukan pada periode tanggal 10 – 19 Juni dan akan diumumkan pada 28 Juni 2023.

Tes Bahasa Inggris

Pada tahap ketiga, akan dilakukan tes bahasa Inggris yang mengharuskan threshold atau ambang batas lebih dari 450 dan ranking sesuai ratio. Tes bahasa Inggris akan dilakukan pada 8 – 12 Juli dan diumumkan pada 19 Juli 2023 mendatang.

Tes oleh BUMN

Setelah melewati ketiga tahap tersebut gengs, pada tahap keempat kamu akan menemui beberapa macam tes oleh BUMN yang akan berlangsung dari tanggal 22 Juli – 9 Agustus 2023 sebagai berikut:

  • Tes Kompetensi Bidang
  • User Interview
  • Social Media Analytic dan Digital
  • Mindset
  • Dan yang terakhir Medical Check Up (MCU)

Pengumuman Final

Setelah melewati beberapa proses tahapan tersebut gengs, selanjutnya kamu hanya tinggal menunggu pengumuman final yang akan diumumkan pada tanggal 16 Agustus mendatang.

Syarat dan Ketentuan Rekrutmen Bersama BUMN

Untuk rekrutmen kali ini, belum ada info terbaru terkait syarat dan ketentuan yang terbaru gengs. Tapi kamu bisa menjadikan acuan terkait syarat Rekrutmen Bersama BUMN pada tahun lalu.

Melansir dari Kompas.com berikut syarat rekrutmen dari tahun lalu yang bisa kamu perhatikan ya gengs!

  1. Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Usia maksimal sesuai jenjang pendidikan untuk D3 yaitu 27 tahun, S1/D4 yakni 30 tahun, dan S2 maksimal berumur 35 tahun.
  3. IPK minimal 2,75.
  4. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.
  5. Sehat jasmani, rohani, dan bebas narkoba.
  6. Melampirkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Kepolisian (jika ada)
  7. Melampirkan sertifikasi pelatihan yang sesuai dengan kompetensi dan rekomendasi pengalaman kerja jika kamu ada.
  8. Rekomendasi Komunitas (berprestasi di Bidang Olahraga/Seni/Digital Creator/Start Up) jika ada.

Ketentuan Rekrutmen Bersama BUMN:

  1. Jangan lupa ya gengs, kalau dalam proses rekrutmen ini kamu hanya bisa mendaftar 1 posisi di BUMN.
  2. Seluruh tahapan rekrutmen ini tidak dipungut biaya apa pun, jadi kalau kamu diminta pembayaran terkait proses rekrutmen ini itu udah pasti penipuan ya gengs.
  3. Pendaftaran hanya dilakukan secara online.
  4. Seluruh kegiatan seleksi online dan pengumuman akan dilakukan melalui situs resmi Rekrutmen Bersama FHCI BUMN.

Well, itu dia beberapa timeline terkait Rekrutmen Bersama BUMN tahun ini gengs, buat kamu yang ingin coba semangat dan good luck ya!

via GIPHY

Related Post