Go Live Together, Fitur Baru YouTube Untuk Streaming Berdua

Sekarang kamu enggak lagi livestream sendirian, tapi bisa bareng teman!

171
0
YouTube

Aplikasi streaming YouTube baru saja meluncurkan fitur terbaru yang diberi nama “Go Live Together”. Fitur ini diluncurkan usai pihak YouTube melakukan uji coba tahun lalu.

Fitur “Go Live Together” memungkinkan para konten kreator untuk livestream berdua. Para pengguna YouTube yang sudah memiliki 50 subscriber bisa mengundang tamu atau co-host untuk mengadakan live stream bersama dari perangkat seluler iOS dan Android.

Melihat dari ANTARA, sampai saat ini hanya satu tamu dari penonton livestream yang diizinkan untuk bergabung menjadi co-host. Namun, tuan rumah dapat mengganti tamu baru selama livestream yang sama.

Pengguna YouTube juga bisa menjadwalkan streaming bersama dengan aplikasi desktop YouTube, tetapi tuan rumah dan tamu harus menggunakan perangkat seluler selama livestreaming.

Untuk melakukan hal itu, buka aplikasi YouTube dan pilih “create”, lalu pilih “Go Live Together”. Setelah memasukkan semua detail livestream, pilih “invite a co-streamer” dan kirim tautan kepada orang yang ingin kamu undang sebagai co-streamer.

Mereka kemudian akan dikirim ke ruang tunggu sampai pengundang mengklik “Go Live”.

Untuk tamu yang diundang sebagai co-streamer, tidak ada batasan subscriber. Tetapi akan ada tanggung jawab dari tuan rumah jika tamu melanggar pedoman komunitas apa pun. Host juga bisa memperoleh pendapatan dari iklan yang muncul dalam livestream.

Selain itu, YouTube kini juga memiliki fitur serupa yang memungkinkan kreator melakukan livestreaming belanja bersama. Maksudnya adalah livestreaming bersama sekaligus menautkan channel akun suatu merek.

Adapun aplikasi ini diberi nama “Guest Star” namun masih dalam bentuk beta. Dalam Guest Star, kamu bisa mengundang lima orang tamu ke dalam livestream dan memungkinkan untuk belanja bersama dan membuka akun merek tertentu.

Baca Juga: “Jisoo BLACKPINK Ultah, Rilis YouTube Pribadi dan Bersiap untuk Debut Solo

Sistem dari “Guest Star” ini cukup sederhana, hanya dengan menekan tombol raise hand atau angkat tangan, penonton dapat dipilih dan diundang oleh tuan rumah secara instan, mirip seperti media sosial Clubhouse atau Twitter Spaces.

Kamu sudah coba fitur YouTube “Go Live Together” belum, gengs?

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *