Ini Dia 5 Kampus Terluas di Indonesia, Ada Kampusmu?

Kampus yang luas biasanya sediakan banyak pilihan jurusan.

67
Kampus Terluas di Indonesia

Kuliah di kampus favorit tentu menjadi impian dan kebanggaan bagi diri sendiri. Apalagi kalau universitas tersebut cukup luas dan menyediakan banyak pilihan jurusan, pastinya kita semakin bangga pernah menjadi bagian dari universitas itu.

Semakin banyaknya pilihan jurusan dalam sebuah universitas, semakin luas pula kampusnya. Nah, buat kamu yang penasaran, berikut daftar kampus terluas yang ada di Indonesia. Yuk, cek di bawah ini!

1. Universitas Indonesia

Kampus Terluas di Indonesia
Universitas Indonesia/fk.ui.ac.id

Universitas Indonesia memiliki luas lahan sebesar 320 hektar, sekaligus menjadikan satu-satunya kampus dari Pulau Jawa yang masuk dalam daftar kampus terluas. Selain itu, UI juga dikenal sebagai kampus tertua dan paling bergengsi di tanah air.

Kamu nggak perlu lagi meragukan kualitas dan reputasinya. Karena, pada tahun 2020, UI menduduki peringkat kedua sebagai kampus terbaik di Indonesia versi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia.

Sejauh ini, UI telah memiliki beberapa fakultas dengan program studi yang mayoritasnya terakreditasi A oleh BAN-PT (Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi).

2. Universitas Sriwijaya

Kampus Terluas di Indonesia
Universita Sriwijaya/report.unsri.ac.id

Kampus terbesar di Indonesia berikutnya adalah Universitas Sriwijaya. Luas kampus yang terletak di Palembang, Sumatra Selatan ini adalah 712 hektar. Kampus ini memiliki dua lokasi kampus yang berbeda, yakni di Bukit Besar, Kota Palembang, dan di Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir.

Universitas Sriwijaya terdiri dari 10 fakultas, seperti Fakultas Ekonomi, Ilmu Komputer, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Kesehatan Masyarakat, Pertanian, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, MIPA, Teknik, Hukum dan Kedokteran.

3. Universitas Riau

Kampus Terluas di Indonesia
Universitas Riau/bhsing.fkip.unri.ac.id

Universitas Riau memiliki luas lahan yang cukup fantastis, yakni 700 hektar. Selama berdiri, kampus ini senantiasa memainkan peranan menggalakkan pembangunan, memberikan sumbangan perkembangan sosial, ekonomi, dan intelektual, untuk kemajuan bangsa.

Kampus ini juga melibatkan diri dalam proyek-proyek kemasyarakatan, baik dilakukan sendiri maupun menggalang kerja sama dengan pemerintah dan swasta. Sejauh ini, Universitas Riau telah memiliki 9 kualitas.

4. Universitas Sumatra Utara

Universitas Sumatra Utara/usu.ac.id

Universitas Sumatra Utara (USU) yang terletak di Kota Medan ini memiliki lahan seluas 416 hektar yang terbagi menjadi dua kampus. Lokasi kampus ini tepatnya berada di Padang Bulan, sebuah area hijau dan rindang seluas 116 hektar yang berada di tengah Kota Medan.

Zona akademiknya yang seluas 90 hektar ini dapat menampung hampir seluruh kegiatan perkuliahan dan praktikum mahasiswa. Di samping itu, USU juga sedang membangun kampus baru seluas 300 hektar yang berlokasi di Kwala Bekala, yang jaraknya 15 km dari Kampus Padang Bulan.

Kampus tersebut rencananya digunakan untuk mendukung berbagai penelitian dan percobaan di bidang pertanian, kehutanan, perkebunan, dan peternakan.

Dalam upayanya menjadi universitas berjangkauan luas, USU juga mengelola Kebun Percobaan seluas 550 hektar di Langkat. Kampus ini telah mendapatkan izin pengembangan hutan percontohan seluas 10.000 hektar di Mandailing Natal.

5. Universitas Andalas

Kampus Terluas di Indonesia
Universitas Andalas/unand.ac.id

Universitas Andalas (Unand) merupakan kampus negeri terkemuka yang berlokasi di Kota Padang, Sumatra Barat. Universitas Andalas juga menjadi universitas tertua di luar Pulau Jawa yang dibuka secara resmi pada tanggal 23 Desember 1995.

Menurut data dari Kemenristekdikt RI, Unand berhasil menembus peringkat ke-11 nasional sebagai kampus terbaik di Sumatra. Sejak awal berdiri sampai sekarang, Unand telah memiliki 15 fakultas dan 1 program pascasarjana, dengan rincian 44 program studi sarjana, 41 program studi magister (S2), 13 program studi doktor (S3), dan 12 program pendidikan dokter spesialis, 5 profesi, dan 4 program studi D3.

Itulah 5 kampus terluas yang ada di Indonesia. Apakah kamu tertarik berkuliah di salah satu kampus di atas, gengs?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Related Post