Introducing You to My World, and My Dreams

44

Kalau ditanya “apa sih arti musik bagi seorang Afgan?” mungkin aku cukup bingung untuk menjawabnya. Memulai bermusik sejak usia remaja, bahkan lebih dari 16 tahun terjun di industri musik Indonesia, bagiku musik benar-benar menyatu dengan diriku sendiri. Kalau bukan bermusik, aku enggak tahu dan bisa membayangkan aku akan seperti apa dan menjadi apa.

Jadi, kalau aku bisa menjawab, rasanya menyanyi adalah tempat di mana aku bisa menjadi diriku sendiri, because there’s only one of me. Setiap musisi punya keunikan dan identitasnya masing-masing, begitu juga dengan suaraku, dan juga musikku.

Sumber Foto: Instagram @Afgan__

Perform di atas panggung, merupakan salah satu dunia bagiku di mana aku bisa merasa bebas, dan menjadi diri sendiri seutuhnya.

Seperti yang aku bilang sebelumnya, perjalanan menjadi seorang penyanyi selama 16 tahun banyak memberikan aku pelajaran, it’s thought me a lot. Semua pengalaman baik dan buruk membuat aku menjadi pribadi dan musisi seperti sekarang.

Sumber Foto: Instagram @Afgan__

Bahkan menurutku, semuanya enggak ada yang sia-sia, semua hal yang sudah aku lewati jadi guru yang berharga buat hidup dan karier aku sampai saat ini.

Sebagai manusia pada umumnya, aku juga punya tujuan yang ingin dicapai, terutama untuk karier. Untuk langkah selanjutnya, aku banyak mencoba beberapa hal baru, salah satunya dengan merilis mini album terbaruku kemarin, “Sonder”.

I’m looking for growth, even though it is hard and struggle. Dengan merilis lagu berbahasa Inggris, kolaborasi dengan penyanyi luar negeri, I must challenge my self untuk terus berkembang.

Sumber Foto: Instagram @Afgan__

Salah satunya, seperti saat aku tur pertama kali di Amerika kemarin. Pada saat itu, aku hanya membawa satu tim. Enggak ada soundman, enggak bawa band, dan semua harus pakai tim dari sana.

Rasanya, aku diberi kesempatan untuk menata ulang karierku di sana, semua terasa mulai dari nol lagi, dan aku diberikan ruang lebih untuk berkembang.

Tujuannya, harapannya, seorang Afgan bisa menjangkau pendengar di luar southeast Asia, semoga bisa membawa nama besar Indonesia juga di industri ini. Hopefully, globally, and that’s it my dream now.

Sumber Foto: Instagram @Afgan__