Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Basket 2023, Ini Manfaatnya untuk Indonesia

Siapa yang udah gak sabar pengen nontong langsung?

49
FIBA Basket Ball World Cup 2023

Indonesia kini sedang bersiap menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2023. Bintang-bintang NBA pun bakal tampil dalam ajang yang akan berlangsung di Jakarta pada 25 Agustus hingga 10 September 2023 mendatang.

Selain di Indonesia, Piala Dunia Basket FIBA 2023 ini akan digelar di Filipina dan Jepang. Undian FIBA World Cup 2023 sendiri juga telah dilakukan di Manila, Filipina, pada Sabtu (29/4/2023) malam.

Namun, sayangnya, Indonesia gagal lolos setelah kalah dari China pada playoff FIBA Asia Cup 2022. Meski begitu, Indonesia tetap membuktikan keseriusannya dalam menjadi tuan rumah FIBA World Cup tahun ini dengan membangun Indoor Multifunction Stadium (IMS) di kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

“Kalau kita lihat paling tidak hari ini pemerintah hadir. Pemerintah percaya di bawah kepemimpinan Presiden Pak Jokowi, membuktikan bagaimana kita menyetarakan Jakarta dengan kota-kota di Asia Tenggara, bahkan dunia. Dengan salah satunya membangun stadion tertutup berkapasitas 16.250 orang,” ucap FIBA Central Board Member, Pak Erick Thohir, seperti dikutip detik.com.

“Memang stadion diperuntukkan basket tapi kalau dilihat sebenarnya gedung tersebut multifungsi, baik untuk kebudayaan, festival, musik, dan lainnya. Tapi tetap basket yang didahulukan.”

Selain itu, ada manfaat lain yang bisa didapat Indonesia, yakni meningkatnya pariwisata tuan rumah imbas dari kedatangan tim-tim basket luar negeri yang terkenal.

Di sisi lain, Direktur Eksekutif FIBA, David Croker pun memuji Indonesia Arena (IMS) yang bakal menjadi venue pertandingan Piala Dunia Basket 2023.

Dia mengatakan hal tersebut saat melakukan jumpa pers pengenalan brand ambassador Indonesia di FIFA World Cup 2023, Selasa, 11 Juli 2023. Croker menilai Indonesia Arena sangat bagus untuk ukuran arena yang baru.

“Saya melihat venue ini (Indonesia Arena), saya tersenyum. Awalnya saya banyak melihat debu di sini ketika pertama kali datang dan sekarang saya puas bahwa perbaikan sudah dilakukan di sana sini,” ujar David Croker.

“Terasa betul getarannya bahwa Indonesia sudah siap. Terima kasih untuk pemerintah Indonesia atas venue yang luar biasa ini. Indonesia betul-betul punya fasilitas kelas dunia. Selamat untuk Jakarta,” tambahnya.

FIBA Basket Ball World Cup 2023
Indonesia Arena menjadi venue untuk FIBA Basket Ball World Cup 2023/infoindonesia.id

Di samping itu, Croker juga memprediksi pertandingan Grup G dan H di Indonesia Arena bakal menghadirkan atmosfer yang luar biasa. Sebab, tim-tim yang bertanding dari grup tersebut punya sejarah yang kuat dalam dunia basket internasional.

Grup G sendiri diisi oleh Iran, Spanyol, Pantai Gading, dan Brasil. Sedangkan Grup H dihuni oleh Kanada, Latvia, Lebanon, dan Prancis. Croker menyebut delapan tim ini bakal menunjukkan aksi kelas dunia di Indonesia Arena.

Di sisi lain, Menpora Pak Dito Ariotedjo berharap event ini menjadi penggerak prestasi Timnas Basket Indonesia untuk bisa menuju ke pentas dunia.

“Ini momentum yang baik untuk menggerakkan bola basket nasional agar naik level ke taraf dunia,” ujar Pak Dito, seperti dikutip dari situs Kemenpora.

FIBA Basketball World Cup 2023
Menpora Pak Dito Ariotedjo/kemepora.go.id

Setuju dengan Pak Menpora, semoga penyelenggaraan Piala Dunia Basket 2023 di Jakarta bisa mendorong semangat dan prestasi Timnas Basket Indonesia untuk tampil di kancah internasional. Semangat terus Timnas Basket Indonesia!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!