Jakarta Concert Orchestra Bakal Ajak Penonton Nostalgia Lagu Koes Plus di Konser Simfoni Untuk Bangsa 2023

Siap nikmati versi orkestranya?

42
Simfoni Untuk Bangsa 2023

Salah satu orkestra terbaik di Indonesia, Jakarta Concert Orchestra (JCO), dengan bangga menghadirkan kembali konser tahunan Simfoni Untuk Bangsa 2023 yang akan diselenggarakan pada Sabtu, 26 Agustus 2023, di Gedung Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki.

Memasuki tahun ke-14, konser ini bukan hanya sekadar sebuah pertunjukan musik saja, tapi juga sebuah perjalanan melintasi ragam musikalitas karya komposer Indonesia. Di tahun ini, JCO bakal mengajak penonton untuk bernostalgia lagu-lagu Koes Plus, legenda musik Indonesia.

“Koes Plus adalah grup musik legenda Indonesia yang telah menjadi panutan industri musik Indonesia. Grup musik paling produktif berkarya dengan tema paling beragam, dari lagu anak hingga dewasa, dari lagu pop hingga lagu daerah Indonesia bahkan lagu dengan tema nasionalisme. Kiranya belum ada grup musik lain di Indonesia yang seproduktif dan se-variatif mereka,” kata Avip Priatna, Direktur Musik dan Konduktor Jakarta Concert Orchestra.

“Kekayaan kreativitas yang melekat pada karya-karya Koes Plus telah perhatian saya untuk menyajikan lagu mereka dengan formasi orkestra,” tambah Avip.

Simfoni Untuk Bangsa 2023
Poster Simfoni Untuk Bangsa 2023

Berdiri sejak tahun 1968, Koes Plus telah menjadi legenda musik di tanah air yang masih eksis sampai sekarang. Sudah dianggap sebagai pelopor musik pop serta rock & roll di Indonesia, Koes Plus tergolong musisi yang berani bereksperimen. Genre karya Koes Plus pun beragam mulai dari pop, dangdut/melayu, pop keroncong, pop anak-anak, pop qasidah, dan folk.

Selain bahasa Indonesia, lirik lagu Koes Plus juga merangkul berbagai bahasa, mulai dari bahasa asing (Inggris dan Prancis) hingga bahasa daerah (Jawa, Batak). Ini semakin memperkuat pengaruh budaya yang menjadi sumber inspirasi bagi mereka.

Simfoni Untuk Bangsa 2023
The Resonanz Children Choir saat latihan untuk Simfoni Untuk Bangsa 2023/Redaksi OPPAL

Anyway, konser ini juga akan dimeriahkan oleh Batavia Madrigal Singers, pemenang paduan suara tertua 32nd European Grand Prix for Choral Singing 2022, The Resonanz Children Choir (TRCC) yang menjadi juara umum Leonardo Da Vinci International Choral Festival 2023 di Italia, TRCC Serunai dan Armonia Choir, paduan suara senior yang bakal tampil perdana di acara Simfoni Untuk Bangsa.

“Saya sangat antusias menyambut perhelatan besar Simfoni Untuk Bangsa 2023. Dengan keterlibatan seluruh elemen dalam ekosistem The Resonanz Music, kami berharap konser ini bakal menghadirkan lagu-lagu klasik legendaris Koes Plus dengan harmoni yang begitu mendalam,” ucap Ibu Giok Hartono, pembina The Resonanz Music.

“Kami ingin konser ini membawa penonton dalam perjalanan musikal yang memukau, menyatukan kenangan dengan simfoni lagu-lagu abadi.”

Simfoni Untuk Bangsa 2023
Armonia Choir saat melakukan persiapan untuk konser Simfoni Untuk Bangsa 2023

Sebanyak 25 lagu dari Koes Plus akan dibawakan oleh JCO, yaitu Kisah Sedih di Hari Minggu, Andaikan Kau Datang, Why Do You Love Me, Dara Manisku, Manis & Sayang, Ku Jemu, Bujangan, Kolam Susu, Bis Sekolah, Nusantara 3, Hidup Yang Sepi, Kapan Kapan, Mari Berjoget, Oh Kasihku, Jangan Marah, Hura-Hura, Ta-Ta-Ta-Ta, Mandolin, Do Re Mi, Sepasang Merpati, Diana, Nusantara 2, Tul Jaenak, Mengapa dan Kembali ke Jakarta, secara single maupun medley.

“Bersama hampir 250 musisi dan penyanyi yang bakal bersatu, kami akan membuat penonton terhanyut ke dalam cerita dan kenangan dengan sentuhan baru yang menakjubkan. Melalui konser Simfoni Untuk Bangsa yang secara konsisten mengangkat tema musikalitas beragam dari para komposer Indonesia dengan penyampaian orkestra yang luar biasa, kami berharap bisa menjaga karya-karya musisi lokal tetap hidup dan menginspirasi generasi anak muda untuk menggali potensi mereka dalam dunia musik,” ujar Avip Priatna.

Wah, jadi enggak sabar nih pengin nonton pertunjukan orkestra yang akan ditampilkan JCO. By the way, apa lagu Koes Plus favorit kamu nih, gengs?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!