Jelang Idul Adha, Simak Tips Memilih Hewan Kurban yang Sehat dan Penuhi Syarat

Semoga hewan kurban kita sehat dan dapat dinikmati oleh yang berhak ya gaess!

154
Tips Memilih Hewan Kurban

Menjelang Hari Raya Idul Adha, biasanya orang-orang sudah bergegas untuk membeli hewan kurban. Tentunya kita juga menginginkan hewan kurban yang sehat dan sesuai syariat Islam.

Umumnya, hewan yang dijadikan kurban harus halal secara Islam. Tapi, ada beberapa hal penting untuk kamu ketahui agar menjamin hewan kurban yang bakal disembelih nantinya benar-benar dalam keadaan sehat.

Maka dari itu, penting banget untuk kita menyimak tips memilih hewan kurban yang sehat dan memenuhi syarat berikut ini.

Tips memilih hewan kurban yang sehat

Hewan kurban sapi/shutterstock

Mengutip laman resmi baznas.go.id, yang dilansir dari detik.com, hewan kurban yang akan disembelih harus dipastikan merupakan hewan ternak, seperti unta, kambing, domba, sapi, dan kerbau. Nah, ciri-ciri hewan ternak tersebut harus sehat seperti berikut:

  • Memiliki bulu yang bersih dan mengkilat
  • Gemuk dan lincah
  • Muka cerah
  • Nafsu makan baik
  • Lubang kumlah bersih dan normal
  • Suhu badan normal 37 derajat celcius, dan tidak demam
  • Tidak kurus

Pastikan umur hewan kurban memenuhi syarat

Tips Memilih Hewan Kurban
Ilustrasi hewan kurban/shutterstock

Hewan kurban yang nantinya disembelih memiliki persyaratan yang berbeda. Kambing dan domba dapat dikatakan memenuhi persyaratan hewan kurban setelah berumur minimal 1 tahun dengan ditandai tumbuhnya sepasang gigi tetap.

Untuk sapi atau kerbau, minimal berumur 2 tahun yang juga ditandai dengan tumbuhnya sepasang gigi tetap.

Walaupun nggak diwajibkan, masyarakat yang ingin berkurban dianjurkan untuk menyembelih hewan jantan supaya hewan betina tetap bisa menjaga populasi dan menyuplai kebutuhan daging dari hewan itu.

Pastikan kesehatan hewan kurban

Tips Memilih Hewan Kurban
Ilustrasi hewan kurban kambing/unsplash

Sebelum berkurban, penting banget untuk kita memastikan kesehatan hewan tersebut. Sebab, salah satu syarat hewan kurban sendiri adalah sehat. Jadi, jika hewan yang disembelih nggak sehat, maka daging dari hewan itu nggak masuk kriteria daging kurban, hanya daging biasa.

Kita harus memastikan kesehatan hewan kurban dengan cara menanyakan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) sebagai acuannya. Selain itu, kita juga bisa memastikan sendiri ciri-ciri hewan kurban seperti:

  • Pastikan hewan nggak ada kebutaan
  • Kaki hewan nggak pincang
  • Telinga hewan nggak rusak (kecuali bekas Eartag atau penanda lainnya, berdasarkan kesepakatan ulama dianggap sehat dan sah)
  • Jantan yang nggak dikebiri atau dikastrasi
  • Testis dari hewan itu masih lengkap (2 buah), bentuk dan letaknya simetris

Jangan pilih hewan kurban yang kurus

Hal penting lainnya dalam memilih hewan kurban adalah kondisi fisik. Kamu perlu memastikan hewan itu memiliki nafsu makan yang baik, lincah, mata bersinar, dan bulunya nggak kusam. Karena dengan kriteria tersebut, kondisi hewan kurban bakal gemuk dan nggak ada penyakit.

Nah, itu dia tips memilih hewan kurban yang sehat dan bagus, gengs. Semoga bisa bermanfaat dan membantu kamu yang ingin membeli hewan kurban, ya!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!