Jurusan Kuliah yang Tepat untuk Kamu Calon Digital Marketer

Tertarik untuk berkarier di profesi sebagai digital marketing, coba simak ini dulu gaess.

258
0
Digital Marketing

Bidang pekerjaan digital marketing belakangan ini menjadi salah satu pekerjaan yang paling digemari oleh fresh graduate atau lulusan baru. Secara sederhana, digital marketing berarti melakukan pemasaran menggunakan media digital dan internet.

Selain itu, profesi digital marketing menjadi yang paling banyak dicari di industri digital saat ini, terlebih di perusahaan besar hingga start-up. Industri kreatif pun banyak mencari profesi ini.

Biasanya pekerjaan ini erat kaitannya dengan digital campaign sebuah brand. Kamu pernah melihat campaign dari brand Gojek yang cukup fenomenal? Atau Coca Cola di internet? Itu merupakan ide kreatif dari para digital marketer yang cukup brilliant.

Konsep dasar dari penerapan digital marketing adalah hal yang dilakukan untuk mendongkrak penjualan produk dari suatu brand. Tren digital marketing semakin maju seiring dengan kemajuan teknologi yang ada di dunia saat ini.

Ilustrasi digital marketing / Shutterstock

Tujuan dari digital marketing ini adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen dengan sangat cepat. Penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat luas membuat kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama oleh banyak perusahaan.  

Bagi kamu yang tertarik untuk menjadi seorang digital marketer atau pekerja digital marketing, ada beberapa jurusan kuliah yang bisa kamu ambil dan dalami. Jurusan ini juga tidak melulu berurusan dengan komputer dan teknologi. Ha? Masa sih? Terus jurusan apa yang cocok untuk para calon digital marketer?

Jurusan Kuliah Calon Digital Marketer

Program Studi Komputer dan Teknologi

Ilustrasi jurusan komputer dan teknologi / Shutterstock

Industri digital ini sangat erat hubungannya dengan bahasa pemrograman. Sehingga jika kamu ingin terjun ke industri ini, salah satu prodi yang pas adalah terkait dengan bidang teknologi dan komputer. Di antaranya adalah prodi Sistem Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Ilmu Komputer, dan Teknik Komputer.

Pada dasarnya, jika kamu kuliah di salah satu jurusan komputer, maka kamu akan mendapatkan bekal untuk bekerja sebagai digital marketer.

Program Studi Ilmu Bisnis

Ilustrasi program studi ilmu bisnis / Shutterstock

Sebuah perusahaan pasti sangat membutuhkan pekerja yang memiliki penguasaan tentang ilmu bisnis, termasuk untuk mengisi posisi di digital marketing. Meski berbasis digital, kamu perlu ingat industri ini tetaplah sebuah bisnis yang harus tetap berjalan.

Itulah alasan mengapa kamu harus belajar tentang bisnis sebelum kamu menekuni dunia digital marketing. Dalam prodi ilmu bisnis, akan ada mata kuliah pemasaran digital, manajemen bisnis, dan bisnis digital.

Dengan berbekal ilmu yang kamu pelajari terkait bisnis, nantinya kamu akan bisa menganalisis pasar, menentukan target market, serta mengembangkan strategi hingga produk yang mampu menarik konsumen di target tersebut.

Program Studi Statistika dan Matematika Bisnis

Ilustrasi jurusan matematika bisnis / Shutterstock

Dalam dunia digital, data sangat bernilai dan diperlukan. Adanya data dan sistem pengolahan data yang baik akan menjadi informasi yang sangat berguna untuk mengembangkan strategi bisnis dan operasional perusahaan.

Untuk kamu yang suka hitung-hitungan dan ingin bekerja di industri digital, maka program studi Statistika dan Matematika Bisnis bisa menjadi pilihan yang tepat. Ditambah lagi, program studi ini sangat dibutuhkan untuk menganalisis data perusahaan hingga menganalisis pasar digital.

Program Studi Ilmu Komunikasi

Program studi ilmu komunikasi / Shutterstock

Salah satu ilmu sosial yang dibutuhkan di industri digital adalah program studi ilmu komunikasi (Fikom). Prodi ini tidak hanya mempelajari bagaimana caranya mengobrol dengan orang lain. Kamu juga akan mempelajari bagaimana membuat perencanaan marketing dan penyajian konten tepat untuk target market.

Itulah yang menjadi alasan program studi komunikasi menjadi salah satu keahlian yang cukup penting di bidang digital marketing. Perusahaan juga biasanya membutuhkan perantara untuk menyampaikan produknya kepada konsumen dan di sinilah peran anak komunikasi sangat diperlukan.

Program Studi Psikologi

Ilustrasi program studi ilmu psikologi / Shutterstock

Program studi psikologi ternyata memiliki peranan penting dalam industri digital marketing. Psikologi dibutuhkan untuk memahami tipe produk dan inovasi dari apa yang dibutuhkan konsumen.

Ilmu psikologi sangat membantu dalam pembuatan ide dan mengeksekusinya ke dalam sebuah strategi yang tepat, sesuai dengan consumer journey dan consumer behavior. Batasan yang ada pada ilmu psikologi akan membantu kamu dalam penerapan ide yang akan dieksekusi oleh perusahaan agar tepat guna.

Jenjang Karir Industri Digital Marketing

Bagi kamu yang tertarik untuk masuk ke dunia digital marketing, ada beberapa prospek jenjang karir yang bisa kamu pelajari terlebih dahulu. Pada dasarnya, pekerjaan digital marketing sama seperti pekerjaan lain. Pembedanya adalah skill yang kamu kuasai, makin banyak skill yang kamu punya, maka makin besar peluang untuk naik level.

Entry Level

Entry level menjadi jenjang pertama yang harus kamu laluin jika masuk ke dalam industri digital marketing. Beberapa jabatan yang masuk ke dalam entry level adalah copywriter, sosial media staff, graphic designer, editor, dan lainnya.

Pada intinya, kamu akan masuk ke tim kreatif sebagai dasar terjun ke dunia digital marketing lebih jauh. Posisi entry level bisa dilalui dalam waktu satu atau dua tahun, tergantung kepada skill dan komunikasi kamu ketika bekerja.

Specialist

Naik ke tahap berikutnya, kamu akan berada di level specialist. Pada level ini, seorang digital marketer akan menjadi leader kecil untuk para entry level. Contoh pekerjaannya adalah SEO Specialist, Content Spesialist, E-Commerce Specialist, Social Media Specialist, dan lain sebagainya.

Para specialist ini biasanya akan bertanggung jawab atas pekerjaan-pekerjaan kreatif dan non kreatif. Nantinya, semua laporan dari specialist akan diberikan ke digital marketing lead.

Digital Marketing Lead

Posisi Digital Marketing lead bisa disejajarkan dengan supervisor atau SPV. Namun, tidak semua perusahaan digital ada jenjang karir ini. Untuk perusahaan skala kecil, posisi ini biasanya tidak ada. Untuk perusahaan skala besar yang butuh banyak koordinasi, jabatan digital marketing lead sangat krusial.

Tanggung jawab seorang digital marketing lead meliputi seluruh pembuatan konten, penciptaan brand awareness, penentuan target market, strategi pemasaran, dan lain sebagainya.

Digital Marketing Manager

Dalam dunia digital marketing, jenjang karir yang paling tinggi adalah posisi digital marketing manager. Pada level ini, seorang digital marketing manager bertanggung jawab untuk mengelola dan mengawasi seluruh kegiatan pemasaran online.

Baca Juga: “Mau Jadi Ilustrator? Yuk, Cek Jurusan Kuliah DKV

Jika kamu sudah berada pada posisi ini, biasanya kamu sudah melewari hampir semua keahlian yang ada di digital marketing. Seseorang yang ada di posisi ini, biasanya sudah punya pengalaman kurang lebih lima tahun di dunia digital marketing.

Itu lah tadi jurusan kuliah dan jenjang karir seorang digital marketer yang bisa kamu lalui. Gimana? Tertarik untuk menjadi pekerja digital marketing???

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *