Kenapa Jendela Pesawat Harus Dibuka saat Mendarat dan Lepas Landas? Ini Alasannya

Apakah kamu termasuk yang suka menutup jendela selama penerbangan?

24
Jendela Pesawat

Sebagian penumpang pesawat biasanya selalu menutup jendela saat hendak tidur selama penerbangan supaya enggak terganggu cahaya dari luar, beberapa juga melakukannya saat merasa silau ketika menonton film dengan jendela terbuka.

Well, jendela pesawat memang harus dibuka ketika lepas landas maupun mendarat. Pramugari akan memberikan instruksi kepada para penumpang untuk menjaga jendela tetap terbuka selama pesawat lepas landas atau mendarat.

Melansir Stuff, dibukanya jendela akan membantu awak pesawat untuk mengawasi kondisi di luar, terutama jika merencanakan evakuasi. Selain itu, jendela yang terbuka juga meningkatkan visibilitas bagi semua penumpang.

Di samping itu, seorang pramugari juga mencoba menjawab pertanyaan soal jendela yang harus terbuka saat pesawat mendarat dan lepas landas. Menurut pramugari tersebut, pada saat pesawat mendarat dan lepas landas, awak kabin akan dibantu mata penumpang yang melihat ke luar.

“Jika terjadi kesalahan, penumpang bisa melihatnya dan memberi tahu awak kabin,” demikian pernyataan pramugari itu, seperti dikutip The Mirror.

Hal ini dikarenakan awak kabin enggak bisa memantau keadaan pesawat saat lepas landas dan mendarat, karena mereka bakal ikut duduk di kursi mereka di dekat dapur.

Jadi, penumpang diharapkan menjadi mata pengganti dari awak kabin untuk melihat dari jendela bagaimana situasi di luar dan arah sayap pesawat. Itulah alasannya gengs, semoga menjawab rasa penasaranmu, ya!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!