Keren! Siswa SMA Kolese De Britto Yogyakarta Rayakan Kelulusan dengan Aksi Long March dan Kegiatan Sosial

Patut dicontoh nih!

81

Merayakan momen kelulusan selalu menjadi hal yang menyenangkan dan tak terlupakan bagi para siswa terutama pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).  

Biasanya, para siswa yang baru aja menamatkan masa sekolahnya selama 3 tahun ini, akan merayakan momen kelulusan yang identik dengan berkumpul bersama teman-teman satu angkatan, dan saling memberikan tanda tangan di masing-masing seragam atau coret-coret baju sekolah.

Tapi ada hal yang enggak biasa dari SMA Kolese De Britto Yogyakarta yang merayakan kelulusan mereka dengan melakukan long march atau berjalan kaki dari sekolah mereka yang berada di Jalan Laksda Adi Sucipto 161 ke Tugu Jogja.  

@kolesedebritto #Kelulusan #SMA #Kolese #De #Britto #Yogyakarta #Lulus #JalanKaki #Longmarch #Tugu #Jogja #Yogyakarta #Yogya #DIY #DIYogyakarta ♬ suara asli – kolesedebritto

Aksi para siswa SMA ini berhasil menarik perhatian dari banyak masyarakat gengs. Hal ini terlihat dari unggahan mereka melalui akun TikTok @kolesedebritto pada Sabtu, 6 Mei lalu.

Video tersebut memperlihatkan para siswa yang memakai seragam putih abu-abu yang terlihat sedang berjalan bersama-sama sambil menyanyikan lagu Mars Kolese De Britto menuju objek paling legendaris di kota pelajar tersebut.

Via: Tangkapan Layar

Ternyata, aksi ini sudah menjadi sebuah tradisi yang dilakukan bertahun-tahun oleh Siswa SMA Kolese De Britto Yogyakarta, sejak tahun 2009 untuk merayakan acara kelulusan mereka.

Melansir dari IDN Times Jogja, seorang siswa kelas IPS 2 dari SMA Kolese De Britto Yogyakarta bernama Paskal menjelaskan, para siswa akan melakukan tradisi ini apabila satu angkatan telah dinyatakan lulus 100 %.

Via: Tangkapan Layar

“Kegiatan long march ini dilakukan apabila lulus 100 % saja. Di lain dari itu tidak ada kegiatan long march,” Kata Paskal.

Bakti sosial

Enggak cuma itu gengs, selain mengadakan long march mereka juga melakukan hal yang patut kita acungi jempol.

Sambil berjalan kaki, para siswa juga terlihat memungut sampah yang tersebar di jalan, sekaligus berbagi makanan kepada siapa saja yang membutuhkan yang mereka temui selama di perjalanan menuju Tugu, salah satunya tukang becak dan beberapa orang lainnya.

Via: Tangkapan Layar

Aksi sosial ini mereka lakukan mulai dari pintu gerbang sekolah Jalan Laksda Adisucipto sampai dengan Jalan Jenderal Sudirman. Keren banget ya gengs, mereka memilih merayakan hari kelulusan dengan cara yang sangat bermanfaat bagi orang lain.

“Ini lulusan keren, hari bahagia hari berbagi, sukses kelak buat kalian semua,” tulis @dewobumisonggolangit dalam akun tiktok @kolesedebritto

“Sekolah terbaik Jogja dan salah 1 terbaik di Indonesia😁 pertahankan🥰,” tulis @nathancuma.

Via: Tangkapan Layar

FYI gengs, SMA Kolese De Britto memang sudah terkenal di Yogyakarta karena kecerdasan para siswanya. Enggak sembarangan, sekolah ini memiliki standar nilai rata-rata yang cukup tinggi bagi para siswa yang ingin memasuki SMA Kolese De Britto.

Beda dari sekolah pada umumnya, SMA ini hanya menerima siswa laki-laki aja. Well, kalau kamu melihat ada yang berambut panjang di video, itu merupakan siswa laki-laki yang memiliki rambut gondrong.

Via: Tangkapan Layar

Yup, istimewanya SMA Kolese De Britto memperbolehkan para siswanya untuk memanjangkan rambut, namun dengan syarat nilai akademik yang harus tetap terjaga di atas rata-rata.

Gimana menurut kamu aksi dari para siswa ini gengs? Semoga aksi dari SMA Kolese De Britto bisa menjadi contoh dan semakin banyak dilakukan oleh para siswa dan masyarakat lainnya ya gengs!

Related Post