Kisah Eli, Penjaga Perbatasan Indonesia yang Sempat Ramai di Media Sosial karena Kesetiaannya

Terima kasih, Pak Elkana!

74
Penjaga Perbatasan Indonesia

Tahun 2019, nama Elkana Amardua pernah meramaikan jagat media sosial karena telah mengabdikan dirinya menjaga menara suar di wilayah perbatasan Indonesia dan Australia, tepatnya di Pulau Elkana, Maluku.

Pria yang akrab dipanggil Eli ini menyita perhatian publik karena telah menjaga wilayah perbatasan Indonesia tanpa digaji oleh pemerintah. Eli mengatakan, dirinya secara sukarela menjaga menara suar tersebut karena didasari kecintaannya terhadap Indonesia, terutama dalam menjaga aset negara dalam rangka memastikan menara suar yang dijaganya bisa terus berfungsi.

Menara suar yang dijaga Eli tersebut berguna untuk memberikan panduan keselamatan pelayaran kepada kapal-kapal yang memasuki perairan di wilayah tersebut.

Melansir situs Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Distrik Navigasi kelas III Tual dan Humas Kantor Pusat Ditjen Perhubungan Laut mengirimkan tim ke lapangan untuk bertemu Eli setelah mendengar dan memperhatikan adanya pemberitaan tentang Eli.

Penjaga Perbatasan Indonesia
Eli, sang penjaga perbatasan Indonesia/hubla.dephub.go.id

Kepala Distrik Navigasi Kelas III Tual, Budi Setiaji mengumpulkan jajarannya untuk melakukan persiapan termasuk pengumpulan data, baik Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP) yang ada di wilayah kerjanya, khususnya di Pulau Selaru di mana Eli menjaga menara suar itu berada.

Melansir grid.id, Eli mengaku bahwa kepala Dusun Eliasa (tempat tinggal Eli) memberikan tanggung jawab kepadanya untuk menjaga menara setinggi 35 meter tersebut. Menara suar itu dibangun oleh Kementerian Perhubungan RI pada 1996 dan baru rampung pada 1997.

Pengurus Desa Eliasa berupaya untuk menarik kunci menara suar dari Eli, dan memberikannya upah dengan cara menjual karcis bagi pengunjung. Eli pun menyambut baik rencana tersebut walaupun dirinya masih berharap pemerintah yang lebih tinggi juga ikut memperhatikan dirinya.

Penjaga Perbatasan Indonesia
Menara suar di Pulau Elkana/oceanweek.co.id

Eli mengatakan bahwa ia akan tetap setia menjaga menara suar tersebut dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

“Saya merasa punya tanggung jawab sejak 1998. Karena kepercayaan yang diberikan dari kepala dusun untuk saya,” kata Eli.

Untuk para penjaga perbatasan Indonesia, terima kasih atas kesetiaan dan dedikasinya yang telah menjaga negara kita tercinta Indonesia. Semoga kebaikan selalu menyertai kalian!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!