Mau Belanja Online dari Luar Negeri? Berikut Tipsnya, Termasuk Bayar Pajak

Untuk barang yang harganya di atas US$3, kamu dikenakan pajak PPN.

188
0
Belanja Online

Kamu sedang cari barang yang tidak ada di pasar Indonesia? Tampaknya pilihan terbaik bagimu adalah membeli barang tersebut lewat e-commerce luar negeri.

Pada situs jual beli internasional, kamu bisa menemukan berbagai barang istimewa yang tidak diproduksi dan dipasarkan di pasar dalam negeri.

Perkembangan teknologi saat ini memungkinkan kamu yang ada di Indonesia untuk berbelanja secara online di marketplace luar negeri. Jarak sekarang tak jadi penghalang kamu untuk mendapatkan barang impian.

via GIPHY

Meski demikian, kamu harus tetap hati-hati jika akan berbelanja online lewat marketplace luar negeri. Karena akan ada beberapa hal yang wajib dipertimbangkan ketika berbelanja lintas negara ini.

Belanja di marketplace luar negeri tidak semudah seperti belanja di dalam negeri. Karena ada beberapa aturan berbeda ketika kamu akan mendatangkan barang dari luar negeri ke Indonesia. Berikut ini beberapa informasi penting yang wajib kamu ketahui saat berbelanja online di pasar Internasional.

Pilih Marketplace yang Terpercaya

Ilustrasi orang belanja di marketplace/Shutterstock

Zaman sekarang ini aktivitas belanja online dari pasar Internasional sudah sangat mudah. Sudah banyak platform marketplace yang bisa kamu akses untuk bertransaksi, entah lewat e-commerce ataupun media sosial.

Meski demikian, bukan berarti kamu tidak selektif dalam memilih marketplace, ya. Jangan terburu-buru bertransaksi di satu tempat yang kamu temukan pertama kali. Bandingkan dulu beberapa platform untuk meyakinkan diri kamu bahwa itu adalah pilihan terbaik.

Tanya orang-orang terdekat agar kamu bisa mendapatkan rekomendasi terbaik.

Isi Data Diri Seperlunya

Ilustrasi mengisi data diri/Shutterstock

Bagian ini menjadi yang terpenting ketika kamu akan belanja di marketplace luar negeri. Situs berbelanja umumnya akan meminta data diri pelanggan untuk memudahkan pengiriman. Kamu harus waspada terhadap hal ini, usahakan isi data diri seadanya saja.

Jangan berlebihan sampai menanyakan informasi yang tidak relevan seperti kerja di mana, tanggal lahir, sampai hobi. Ada baiknya kamu menyimpan data diri ke situs agar tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Perhatikan Ongkos Kirim Barang

Ilustrasi ongkos kirim/Shutterstock

Hambatan utama dalam melakukan pembelian barang dari luar negeri adalah ongkos kirim. Jarak yang jauh menjadikan ongkos kirim sangat mahal. Untuk itu, perhatikan masalah ongkos kirim ini dengan saksama.

Cari tahu apakah penjual menyediakan opsi pengiriman yang lebih hemat atau tidak, beberapa situs menawarkan pilihan yang lebih hemat. Ini akan membantu kamu untuk lebih mengirit ongkos kirim.

Jangan Lupa dengan Bea Cukai

Ilustrasi bea cukai/Shutterstock

Bea cukai menjadi faktor penting ketika kamu ingin berbelanja suatu barang dari luar negeri. Cukai berhubungan dengan pajak barang. Untuk nilai barang di bawah atau sama dengan US$3 tidak akan dikenakan pajak dan masuk dalam kategori hadiah atau gift.

Baca Juga: “2 Tahun Pandemi, Banyak Orang Sudah Tak Sabar Ingin Kembali Bahagia

Namun, jika nilai barang di atas US$3 akan dikenai pajak PPN. Barang tidak akan dikirimkan ke alamatmu sebelum pajak tersebut dilunasi. Oleh karenanya, kamu harus selalu memantau posisi barang, jika memang sudah tiba di Indonesia, maka kamu harus membayar pajaknya jika nilainya lebih dari US$3.

Itulah hal-hal yang harus kamu perhatikan saat berbelanja barang dari luar negeri ya, gengs. Selamat mencoba dan selalu hati-hati, ya.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *