Mau Wisata Religi? Ini Deretan Masjid Instagrammable di Indonesia

Dari Bandung sampai Nusa Tenggara Barat, berikut deretan masjid paling unik di Indonesia.

192
0
Masjid

Memasuki bulan Ramadan, wisata religi menjadi pilihan banyak orang untuk kembali merenungkan betapa besar kuasa Sang Maha Pemilik di dalam kehidupan kita. Masjid biasanya jadi tujuan terbaik untuk melakukan hal tersebut.

via GIPHY

Indonesia menjadi negeri yang banyak memiliki masjid Instagrammable nan megah dan hits. Ini terjadi karena mayoritas masyarakat Indonesia adalah penganut agama Islam. Sebagai referensi kamu, OPPAL akan membagikan beberapa masjid Instagrammable yang tersebar di Indonesia. Keep scrolling!

Masjid Al Jabbar di Bandung

Foto Masjid Al Jabbar di Bandung/Shutterstock

Masjid Al Jabbar menjadi salah satu tempat ibadah terunik di Indonesia. Kenapa? Karena Masjid Al Jabbar dibangun di atas danau buatan, sehingga banyak orang yang menyebutnya sebagai Masjid Terapung.

Ada banyak fasilitas yang ada di Masjid Al Jabbar, salah satunya adalah museum Asmaul Husna, lalu ada tempat menginap, perpustakaan, lokasi untuk pertemuan, dan seminar.

Masjid Cheng Hoo di Surabaya

Foto Masjid Cheng Hoo/Shutterstock

Masjid Cheng Hoo di Surabaya dibangun pada 15 Oktober 2001 bertepatan dengan peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW. Pada 13 Oktober 2002, pembangunan masjid ini selesai dan sudah bisa digunakan untuk ibadah umum.

Masjid Cheng Hoo dibangun dengan merepresentasikan bentuk Masjid Niu Jie di Beijing yang dibangun pada tahun 996 Masehi.

Arsitektur dari Masjid Cheng Hoo ini memiliki warna merah, kuning, biru, dan hijau, dan nuansanya mirip seperti klenteng. Di sisi utara masjid ada relief Muhammad Cheng Hoo bersama dengan kapal lautnya yang digunakan dalam mengarungi Samudra Hindia.

Muhammad Cheng Hoo adalah sosok yang menyiarkan agama Islam di Indonesia dan merupakan seorang Laksamana Tionghoa.

Masjid An-Nuruni

Masjid yang satu ini ada di tepian jalan Yogyakarta menuju Solo. Bentuknya tidak terlalu besar, namun desain dari kubahnya cukup unik karena mirip bangunan yang ada di Moscow, Rusia.

Kubahnya memiliki bentuk yang cukup unik dan berwarna-warni. Masyarakat sekitar mengenal masjid ini dengan nama Masjid Kremlin. Ada juga yang menamakannya Masjid Permen karena kubahnya warna-warni mirip permen lolipop.

Masjid Menara Kudus Jawa Tengah

Foto Masjid Menara Kudus/Shutterstock

Masjid Menara Kudus atau Masjid Al-Aqsa atau Masjid Al-Manar adalah tempat ibadah yang dibangun oleh Sunan Kudus. Keunikan bangunan ini adalah menara masjidnya yang berbentuk candi bercorak Hindu Majapahit.

Bentuk arsitek dari masjid ini juga sangat memesona karena coraknya yang begitu khas. Keunikan lain dari bangunan ini adalah dibangun menggunakan batu dari Baitul Maqdis Palestina sebagai batu pertamanya.

Masjid Perahu Jakarta

Foto Masjid Perahu/Shutterstock

Masjid Perahu atau yang biasa dikenal sebagai Masjid Al-Munada Darussalam terletak Menteng Pulo, Jakarta Pusat. Kenapa dikatakan sebagai Masjid Perahu? Karena di samping bangunan tersebut ada sebuah bangunan beton yang menggambarkan perahu raksasa.

Bangunan berbentuk perahu itu difungsikan sebagai tempat wudhu untuk kaum Muslimat, sedang untuk kaum Muslimin berada pada sisi yang berbeda. Ini menjadi keunikan dari masjid ini yang tidak dimiliki masjid lainnya.

Masjid Tamansari Yogyakarta

Foto Masjid Tamansari/Shutterstock

Masjid Tamansari adalah masjid unik lainnya yang berada di Yogyakarta, Jawa Tengah. Posisi masjid ini berada di bawah tanah Kompleks Tamansari yang dibangun pada pertengahan abad lalu.

Arsitektur masjid ini cukup unik, terdiri dari dua lantai yang berbentuk bulan dengan rongga-rongga jendela di bagian luarnya. Lantai bawah biasanya dipakai untuk jamaah wanita dan bagian atas untuk laki-laki. Selain itu, ada kolam kecil berbentuk bulat di tengah masjid serta tangga yang melintang di atasnya.

Masjid Raya Hubbul Warhan Mataram

Foto Masjid Raya Hubbul Warh/Shutterstock

Masjid Raya Hubbul Warhan Mataram terletak di Jalan Udayana, Gomong, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Masjid ini menjadi salah satu lokasi favorit para turis religi ketika datang ke Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Baca juga: “Must Visit! 7 Masjid Instagramable Ini Cocok untuk Ngabuburit di Jakarta

Masjid ini juga disebut sebagai masjid termegah yang ada di Nusa Tenggara Barat, di mana kita ketahui bahwa provinsi ini disebut sebagai negeri seribu masjid.

Dari sekian banyak masjid di atas, adakah yang sudah pernah kamu kunjungi, Oppal gengs?

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *