Mengenal Hiu Megalodon, Raksasa Lautan yang Punah Jutaan Tahun Lalu

Hiu Megalodon sempat menjadi salah satu hewan mamalia terbesar di dunia.

342
Hiu Megalodon

Meg 2: The Trench adalah film yang menampilkan aksi menawan dari tokoh Jonas Taylor yang diperankan Jason Statham dalam berjuang menghadapi teror hiu megalodon. Film yang disutradarai Ben Wheatley ini juga sudah tayang di bioskop Indonesia sejak Rabu, 2 Agustus 2023.

Anyway, kita enggak membahas soal film Meg 2: The Trench secara keseluruhan, melainkan hiu megalodon yang dikenal sebagai penguasa lautan. Alasan disebut penguasa karena hiu megalodon merupakan salah satu hewan mamalia terbesar yang pernah hidup di dunia.

Monster laut itu memiliki nama ilmiah Otodus Megalodon yang artinya ‘gigi raksasa’. Gigi hiu megalodon ini memang besar, dengan ukuran hampir tiga kali lipat lebih besar dari gigi hiu putih ukuran besar. Namun, ikan hiu raksasa tersebut kini sudah punah.

Hiu Megalodon
Ilustrasi hiu megalodon/shutterstock

Melansir detik.com, ikan hiu megalodon bisa tumbuh sampai 18 meter atau 60 kaki. Selain itu, ikan raksasa ini juga memiliki rahang selebar 3 meter dengan total 276 gigi yang tajam. Wow!

Para ilmuwan sendiri menyatakan bahwa hiu raksasa purba itu telah punah sekitar empat juta tahun yang lalu. Meski begitu, penyebabnya masih menyisakan tanda tanya.

Salah satu hasil studi yang mempelajari fosil gigi dari raksasa laut mengungkapkan adanya persaingan antara predator ganas lainnya seperti para leluhur hiu putih besar, yang bisa saja menjadi salah satu penyebab punahnya hiu megalodon.

Hiu Megalodon
Ilustrasi hiu putih/pexels

Dikarenakan persaingan keduanya dalam mendapatkan mangsa untuk dimakan. Lama kelamaan, mangsa kedua ikan tersebut mulai menipis. Ditambah lagi habitat mereka perlahan menghilang akibat perubahan permukaan laut.

FYI gengs, hiu putih besar memiliki suhu tubuh sekitar 20 hingga 30 derajat celsius, sementara suhu tubuh hiu megalodon lebih tinggi, yakni mencapai 35 sampai 40 derajat celsius.

Dengan metabolisme yang lebih aktif dan suhu yang lebih tinggi, hiu megalodon pun memerlukan lebih banyak makanan untuk bisa hidup. Sayangnya, saat terjadi perubahan iklim yang mulai menghangat, semua mangsa hiu megalodon bergerak menuju bagian air yang lebih dingin.

Hiu Megalodon
Ilustrasi dua hiu megalodon/shutterstock

Pada akhirnya, hal tersebut membuat hiu megalodon kelaparan karena mangsanya yang menjadi langka dan mulai munculnya pesaing dengan ikan predator lainnya yang mendorong raksasa hiu megalodon punah.

Itulah penjelasan tentang hiu megalodon yang dikenal sebagai penguasa lautan. Apakah kamu sudah tahu sebelumnya mengenai hiu purba raksasa ini, gengs?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!