Mengenal Sekolah Coding dan Manfaatnya Bagi Anak-Anak

Makin ramai di tengah meningkatnya teknologi.

153
Sekolah Coding

Perkembangan teknologi kian cepat dan berperan penting dalam kehidupan. Enggak heran kalau saat ini banyak orang tertarik mempelajari dunia teknologi, salah satunya sekolah coding untuk membuat website dan aplikasi, atau memprogram suatu platform.

Melansir sekolah.mu, sekolah koding merupakan salah satu kegiatan yang bermanfaat untuk merangsang kecerdasan anak. Karena, koding termasuk sebagai kegiatan multidisiplin yang membuat anak untuk berpikir aktif.

Selain itu, sekolah koding juga memungkinkan anak untuk lebih memahami teknologi dan perkembangan dunia digital. Bahkan, belajar koding juga membantu untuk meningkatkan pendidikan anak dan memberikan mereka kesempatan untuk sukses di masa depan.

Manfaat sekolah koding

Sekolah Coding
Ilustrasi belajar coding/pexels

Dunia perkodingan sendiri memiliki banyak elemen dan tugas dengan tingkat kerumitan yang berbeda-beda, sehingga anak-anak bisa mempelajarinya sesuai kebutuhannya.

Umumnya, anak-anak bakal belajar bahasa pemrograman untuk membuat aplikasi yang simpel, permainan, animasi, atau menggerakkan robot.

Techbootcamps mengatakan bahwa kegiatan koding memiliki banyak manfaat. Apa saja? Berikut penjelasannya.

1. Melatih kemampuan berpikir

Sekolah Coding
Ilustrasi dua pelajar sekolah coding/shutterstock

Usia anak adalah masa keemasan mereka untuk belajar. Saat anak tertarik mempelajari coding, secara nggak langsung dia telah mengembangkan kemampuan kognitifnya. Selain itu, anak juga bakal lebih mudah mengingat, mampu berpikir logis, menguasai penalaran dan konsep sebab akibat, serta mampu memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

2. Mendorong untuk jadi lebih kreatif

Sekolah Coding
Ilustrasi belajar coding/pexels

Belajar coding membantu anak untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis. Alih-alih hanya menjadi pengguna, tapi anak bisa menjadi pencipta suatu aplikasi.

Nah, ketika merancangnya, mereka akan mengembangkannya sesuai imajinasi. Koding cukup efektif dalam mengasah kreativitas serta memperkuat kapasitas dan kualitas otak anak.

3. Anak jadi terbiasa mengatasi masalah

Ilmu komputer dan pengodean bukan sekadar melatih anak mengembangkan program saja, tapi juga membiasakan mereka untuk mencari solusi dalam menyelesaikan masalah. Lewat kemampuan ini, anak jadi bakal lebih mudah beradaptasi dalam berbagai situasi, mampu mengidentifikasi masalah, dan berani mengambil keputusan.

4. Meningkatkan soft skill

Sekolah Coding
Ilustrasi soft skill/shutterstock

Sekolah coding membantu mengasah anak untuk memiliki kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama dengan tim. Softskill berguna banget untuk memudahkan anak dalam mencapai tujuan, memiliki kinerja baik di lingkungan akademis, dan berkolaborasi dengan orang lain.

Secara nggak langsung, belajar koding juga mendorong anak untuk punya rasa kepercayaan diri yang tinggi dan berani untuk menyuarakan pendapat.

5. Mengasah kemampuan literasi digital

anak literasi digital
Ilustrasi seorang anak sedang belajar dengan menggunakan gawai / Shutterstock

Waterford.org menjelaskan, dunia anak-anak sekarang sudah semakin maju, sehingga dibutuhkan keterampilan literasi digital. Memahami bahasa pemrograman dan cara kerja aplikasi digital efektif membantu anak untuk memahami pentingnya privasi dan keamanan.

Anak akan tumbuh menjadi individu yang punya pemikiran kritis mengenai konten digital dan menggunakan teknologi secara bijaksana.

Tips memilih sekolah coding untuk anak

Ilustrasi sekolah coding untuk anak/pexels

Melansir Softwareacademy, berikut cara memilih tempat kursus atau sekolah koding untuk anak.

Kredibilitas sekolah atau tempat kursus

sekolah digital
Ilustrasi kursus digital / Shutterstock

Kredibilitas sudah pasti menjadi poin penting yang harus dipertimbangkan. Sekolah yang baik pastinya memiliki pengajar profesional dan hebat di bidangnya. Nah, untuk memastikan hal itu, kita bisa memeriksanya secara langsung dengan mendatangi tempat kursus atau sekolah.

Atau bisa juga dengan mengecek review atau ulasan dari orang tua maupun mantan siswa. Ulasan itu bakal membantu memberikan gambaran mengenai sekolah secara keseluruhan.

Kurikulum pembelajaran

Dalam beberapa dekade lalu, bahasa pemrogaman tentu sudah berbeda dari yang digunakan saat ini. Jadi, saat kamu hendak memilih sekolah koding untuk anak, pilihlah yang menawarkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan saat ini.

Fasilitas dan kemudahan akses

Fasilitas dan kemudahan akses juga ngga kalah penting ketika memilih sekolah koding. Fasilitas yang lengkap tentu bakal membantu anak untuk lebih berkembang. Sedangkan akses yang mudah membuat anak jadi tetap bersemangat dan nggak gampang lelah.

Kedua poin tersebut sangat penting untuk memastikan bahwa anak tetap bisa menikmati waktu luang setelah menyelesaikan kegiatan di sekolah.

Meski begitu, kamu bisa juga mempertimbangkan mengambil sekolah coding secara online jika jadwal anak terlalu padat. Sebab, selain hemat waktu, anak juga akan lebih nyaman belajar dari rumah. Mereka bisa mengakses materi kapan pun dibutuhkan. Ditambah lagi waktu yang fleksibel dan tempat yang nyaman bakal membuat mereka lebih bersemangat dalam belajar.

Itulah penjelasan mengenai sekolah coding beserta manfaat dan cara memilih sekolah yang baik dan benar. Kamu tertarik juga untuk belajar soal coding, gengs?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!