Mengintip Kemegahan dan Fasilitas Indonesia Arena yang Jadi Venue FIBA World Cup 2023

IMS alias Indonesia Arena siap jadi venue!

82
Indonesia Arena

Indonesia untuk pertama kalinya terpilih menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2023 bersama Jepang dan Filipina. Piala Dunia Basket ini akan dilaksanakan mulai tanggal 25 Agustus 2023 mendatang.

Indonesia menyiapkan Indoor Multifunction Stadium (IMS) atau dengan nama lain Indonesia Arena sebagai venue pertandingan babak penyisihan untuk Grup G dan Grup H.

FIBA Basket Ball World Cup 2023
Indonesia Arena menjadi venue untuk FIBA Basket Ball World Cup 2023/infoindonesia.id

Grup G sendiri diisi oleh Iran, Spanyol, Pantai Gading, dan Brasil. Sementara, Kanada, Latvia, Lebanon, dan Prancis berada di Grup H.

Anyway, FIBA World Cup 2023 ini akan menjadi event olahraga pertama yang digelar di Indonesia Arena.

Indonesia Arena sendiri dibangun di kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Tempat ini memang didirikan untuk menyambut Piala Dunia Basket 2023, dan mulai dibangun pada tahun 2022 lalu.

Proses pembangunan Indonesia Arena kini sudah rampung, dan itu bisa terlihat dari megahnya venue yang dilengkapi atap penutup dan single seat. Seperti venue basket di NBA, Indonesia Arena juga memiliki videotron di atas lapangan.

Executive Director FIBA David Crocker pun merasa puas dengan progres pembangunan Indonesia Arena yang rampung tepat waktu. Crocker menilai Indonesia Arena sudah siap dipakai untuk Piala Dunia Basket 2023 dan event lainnya.

“Saya lihat venue ini, saya tersenyum. Awalnya saya banyak lihat debu di sini, ketika pertama kali ke sini dan sekarang saya puas bahwa perbaikan sudah dilakukan di sini, dan terasa betul vibes-nya bahwa Indonesia sudah siap,” kata David Crocker.

Indonesia Arena
Penampakan Indonesia Arena saat proses pembangunan/@abodaydesign

Sedikit informasi mengenai Indonesia Arena, berdasarkan konsep green building, bangunan ini mengusung filosofi tenun yang merepresentasikan semangat gotong royong bangsa Indonesia, serta keberagaman bersatu membentuk bangsa yang kuat.

Indonesia Arena memiliki beberapa fasilitas mewah seperti lapangan utama. Ada juga dua lapangan latihan, ruang ganti pemain, jacuzzi, kamar bilas, toilet penonton, tribun VVIP, ruang kerja media dan konferensi pers, lift, dan eskalator.

By the way, selain untuk pertandingan basket, venue ini juga bisa digunakan sebagai lapangan bola voli, bulu tangkis, tinju, MMA (Mixed Martial Arts), tenis, atletik, senam serta fungsi non-olahraga lain, seperti konser, seminar dan pertunjukan khusus lain.

Buat kamu yang sudah siap menyaksikan Piala Dunia Basket 2023, akses menuju Indonesia Arena bisa kamu jangkau dengan menggunakan berbagai moda transportasi umum seperti KRL Commuter Line, TransJakarta, atau MRT.

Kamu sudah pernah merasakan keindahan dan kemegahan Indonesia Arena? Bagaimana menurut kamu, gengs?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!