Mengulas Perbedaan Piala Dunia U-20 dan Piala Dunia

Indonesia bakal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 20 Mei 2023 mendatang.

613
Perbedaan Piala Dunia U-20 dan Piala Dunia

Indonesia tahun ini akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 (World Cup U-20) pada 20 Mei 2023 mendatang. FYI gengs, dalam 12 tahun terakhir, cuma ada dua kali Piala Dunia U-20 yang diselenggarakan di Asia, 2017 di Korea Selatan dan tahun ini di Indonesia.

Kejuaraan dua tahun ini harusnya digelar di Indonesia pada 2021 lalu. Tapi, karena pandemi Covid-19 melanda, gelaran Piala Dunia U-20 akhirnya terpaksa ditunda dan akhirnya dilaksanakan tahun ini.

Anyway, seperti apa sih Piala Dunia U-20 itu dan apa perbedaannya dengan Piala Dunia senior, ya?

Piala Dunia U-20

Perbedaan Piala Dunia U-20 dan Piala Dunia
Trofi Piala Dunia U-20/mscfootball.com

Dimulai pada 1977, Piala Dunia U-20 adalah turnamen sepak bola internasional pemuda kurang dari 20 tahun ini digelar setiap dua tahun sekali. Awalnya, turnamen kejuaraan dunia ini dikenal sebagai Kejuaraan Pemuda Dunia FIFA (FIFA World Youth Championship).

Tunisia menjadi tuan rumah pertama untuk Piala Dunia U-20 pada 1977. Tunisia dipilih sebagai tuan rumah berdasarkan penampilan apiknya dalam sejumlah turnamen negara-negara Afrika pada 1960-an.

Menurut Goal, didapuknya Tunisia sebagai tuan rumah yang pertama juga berkaitan dengan keinginan pejabat FIFA Harry Cavan, yang punya tujuan untuk memperluas sepak bola ke negara-negara berkembang.

Anyway, sebelum bisa mengikuti kejuaraan ini, setiap negara bakal mengikuti kualifikasi dari masing-masing konfederasi untuk bisa ikut Piala Dunia U-20 FIFA. Selama turnamen ini berlangsung juga banyak menghasilkan calon bintang pemain sepak bola masa depan.

Piala Dunia U-20 sudah banyak menghasilkan bintang-bintang pemain sepak bola masa depan selama turnamen berlangsung.

Sejak pertama digulirkan dan masih bernama Kejuaraan Dunia Remaja FIFA, Piala Dunia U-20 telah diikuti oleh 76 negara.

Piala Dunia

Perbedaan Piala Dunia U-20 dan Piala Dunia
Trofi Piala Dunia/fifa.com

Piala Dunia FIFA atau FIFA World Cup adalah kompetisi sepak bola internasional yang diikuti oleh tim nasional putra senior para anggota Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA), badan pengatur sepak bola dunia.

Berbeda dengan Piala Dunia U-20 yang dihelat dua tahun sekali, Piala Dunia telah digelar setiap empat tahun sekali sejak turnamen 1930, kecuali pada tahun 1942 dan 1946, karena Perang Dunia II.

Format turnamen ini diikuti oleh 32 tim yang bersaing dalam memperebutkan gelar juara dalam waktu sekitar satu bulan. Nah, untuk tahap kualifikasi, yang sekarang digelar dalam waktu tiga tahun menjelang Piala Dunia, diselenggarakan untuk menentukan tim mana yang bakal lolos ke turnamen, bersama dengan negara tuan rumah.

Soal usia, enggak ada batasan usia pemain yang bisa tampil di Piala Dunia. Sementara, Piala Dunia U-20, pemain yang dibawa harus di bawah 20 tahun.

Jadi, perbedaan antara Piala Dunia U-20 dan Piala Dunia enggak terlalu banyak, gengs. Yang membedakan adalah kelompok umur, jumlah negara peserta, dan waktu yang diselenggarakan (Piala Dunia U-20 dua tahun sekali, Piala Dunia empat tahun sekali).

By the way, siapa jagoan kalian di Piala Dunia U-20 nih, gengs?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!