Menurut Survei, Ini 8 Makanan Paling Dicari Saat Ramadan, Kolak Paling Atas

Bener gak nih gaess, favorit kamu ada di nomor berapa ya?

180

Memasuki minggu pertama di bulan puasa tahun 2023 gengs, kira-kira makanan atau Takjil apa nih yang banyak kamu cari di awalan Ramadan tahun ini?

Meski setiap tahun tren makanannya berbeda-beda, tapi makanan khas bulan Ramadan rasanya enggak ada yang bisa gantiin ya. Oppal gengs pasti udah hafal banget nih dengan deretan makanan yang biasa masyarakat konsumsi menjelang beduk tiba.

Apalagi bagi kamu yang suka banget berburu Takjil atau hidangan makanan untuk berbuka.

Ilustrasi saat membeli Takjil/Via: Shutterstock

Nah baru-baru ini gengs, perusahaan teknologi survei global tentang data dan wawasan konsumen yakni TGM Research telah mengeluarkan survei online internasional terkait perilaku umat Islam pada bulan Ramadan di berbagai negara, salah satunya Indonesia.

“Riset ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang komprehensif tentang ekspektasi dan perilaku konsumen selama Ramadan 2023 di Indonesia. Serta menjelaskan sikap dan pengalaman mereka yang akan menjalani bulan suci ini,” tulis TGM melalui website resminya.

Sebagai salah satu negara dengan jumlah Muslim terbanyak, yakni lebih dari 241 juta orang, sebanyak 98 % orang Indonesia mengatakan jika bulan Ramadan merupakan bulan yang paling ditunggu-tunggu setiap tahunnya.

Melalui surveinya, ada beberapa hasil terkait Ramadan yang biasanya masyarakat Indonesia lakukan. Seperti kegiatan, hiburan apa saja yang kita cari selama Ramadan, sampai deretan makanan khas Indonesia yang banyak dicari masyarakat ketika berbuka puasa ataupun sahur gengs.

Via: Freepik

Berdasarkan survei yang dilakukan kepada 818 responden Indonesia pada usia rentang 18 – 55 tahun, terdapat 8 makanan atau menu hidangan Ramadan teratas dari 15 pilihan yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia.

Kira-kira kamu bisa nebak enggak nih ke-8 hidangan makanan teratas tersebut? Yup! Dari posisi paling teratas diisi oleh makanan hidangan berbuka yang sangat terkenal dengan campuran gula kelapa, santan dan daun pandan yakni kolak.

Data makanan paling banyak dicari saat Ramadan/Via: TGM Reasearch

Makanan gurih ini berada pada tingkat teratas dengan persentase yang mencapai 17.2 %. Lalu disusul dengan hidangan kedua yakni Rendang dengan persentase 11.2 %, Kemudian, sebanyak 8% responden memilih opor ayam.

Hidangan lainnya dalam urutan ini yakni Kolak Pisang dengan persentase 5.3 %, Kurma dengan 4,9, Ketupat dengan 4,8 %, Opor dengan 3,9 %, dan disusul oleh Es Buah dengan persentase 2.4 %. Ada makanan favorit kalian enggak nih gengs?

BTW gengs, survei yang dilakukan oleh TGM Research ini mereka lakukan pada 3 Februari – 18 Februari lalu, menggunakan metode Computer Assisted Web Interviewing (CAWI) atau pengisian informasi secara mandiri melalui aplikasi website.

Well, enggak cuma itu, survei yang dikeluarkan oleh TGM Research ini juga menunjukkan bahwa mayoritas atau 90 % masyarakat Indonesia akan memasak di rumah untuk teman ataupun anggota keluarga pada saat Ramadan.

Ilustrasi buka bersama di Indonesia/Via: Shutterstock

Jumlah dengan yang sangat tinggi yakni 99 % responden juga mengatakan, lebih suka menghabiskan waktu makan bersama anggota keluarga di rumah. Memang kalau pada saat Ramadan itu kuncinya kebersamaan ya gengs, setuju?

via GIPHY