Menyambut bulan suci Ramadan, masyarakat Indonesia kini memiliki banyak opsi yang beragam untuk merayakan momen penuh berkah, seiring dengan telah dicabutnya kebijakan PPKM oleh pemerintah. Kita bisa kembali bertemu dengan teman, keluarga, rekan kerja, dan orang-orang tercinta lainnya dengan lebih menyenangkan, baik bertatap muka secara langsung maupun secara virtual dengan mereka yang berada di kota atau negara yang berbeda.
Untuk itu, sepanjang bulan Ramadan ini, Meta menghadirkan #BulanKebaikan, sebuah kampanye daring untuk mengajak masyarakat Indonesia bertemu di Meta dan berbagi inspirasi, serta menghadirkan beragam ide kegiatan agar setiap orang dapat terhubung dan menebar kebaikan.
“Kami kembali menghadirkan kampanye #BulanKebaikan untuk memberikan ruang yang lebih luas bagi orang-orang untuk bertemu dan merayakan Ramadan. Tahun ini, orang-orang di Indonesia sudah dapat bertemu secara tatap muka untuk merayakan Ramadan, dan seiring dengan misi kami membangun teknologi sosial dan mendorong kemajuan orang-orang di Indonesia, kami hendak mengajak mereka untuk juga berbagi pengalaman dan kehangatan pertemuan tersebut di Facebook, Instagram, dan WhatsApp, sehingga menjadi inspirasi bagi lebih banyak orang,” ujar Pieter Lydian, Country Director, Meta di Indonesia.
“Dalam kampanye #BulanKebaikan ini, kami di Meta juga ingin memberikan ide-ide positif dan inspiratif yang datang dari kreator konten, figur publik, dan pelaku usaha, untuk menebar kebaikan kepada sesama. Kami berharap, Ramadan dalam balutan kampanye #BulanKebaikan ini dapat menjadi momen yang istimewa yang dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia secara luas,” lanjut Pieter.
Temukan inspirasi kebaikan di Facebook dan Instagram

Sepanjang bulan Ramadan, kamu dapat terhubung dengan kreator kuliner favoritmu, yang akan berkreasi menciptakan hidangan-hidangan khas selama bulan suci ini. Kami menghadirkan Tanboy Kun, Martin Praja, Willgoz, Arsyan Dwianto, Machel Wie untuk berbagi sajian praktis dan lezat yang bisa Anda coba di rumah, baik untuk berbuka atau sahur.
Selain itu, kreator-kreator kuliner tersebut akan berkolaborasi pada inisiatif Tumpah Ruah Berkah, yang mana mereka akan masak besar bersama-sama, menjalin silaturahmi, dan membagikan makanan tersebut kepada orang-orang di sekitar yang membutuhkan.
Komunitas-komunitas yang ada di Facebook dan Instagram juga menyambut #BulanKebaikan dengan terus berbagi inspirasi kepada masyarakat, salah satunya adalah kampanye Ramadan yang digagas oleh komunitas pemuda, Komunitas Teens Go Green.
Berdiri sejak tahun 2007 di Jakarta, komunitas ini merupakan alumni dari program penyelesaian banjir Jakarta yang digagas oleh mantan Gubernur DKI Jakarta saat itu, Fauzi Bowo. Kini, Teens Go Green terus memberikan edukasi lingkungan kepada masyarakat.
Pada bulan Ramadan ini, Komunitas Teens Go Green akan menggelar Green Ramadan Challenge, sebuah gerakan untuk mendorong anak muda melalui Facebook dan Instagram untuk menghabiskan makanan sahur dan berbuka, mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, dan menggunakan baju lebaran lama ketimbang membeli baru.
Teens Go Green juga akan menggagas program Berbagi Senyum Ramadan untuk mengumpulkan donasi kepada petugas kebersihan dan pemulung di kawasan Depok, Jawa Barat. Cari tahu dan saksikan aksi sosial mereka lebih lanjut pada akun Facebook Group dan Instagram mereka!
Ambil peluang usaha sepanjang #BulanKebaikan

Bagi pelaku bisnis, baik besar maupun kecil, Ramadan merupakan momen untuk mendapatkan peluang meningkatkan penjualan serta menjangkau pelanggan yang lebih luas. Meta pun memberikan kemudahan kepada pelaku bisnis untuk bisa mendapatkan peluang ini dengan meluncurkan Ramadan Insights.
Bulan Ramadan ini, secara khusus WhatsApp juga membagikan kiat untuk pelaku usaha agar mereka bisa mendapatkan peluang bisnis yang lebih baik. 7 dari 10 orang di Indonesia mengatakan bahwa mereka lebih memilih mengirim pesan ke akun WhatsApp bisnis daripada mengirim pesan lewat email (mengacu kepada riset Business Messaging Usage oleh Kantar).
Bagi banyak bisnis di Indonesia, hal ini menunjukan bahwa WhatsApp digunakan untuk terhubung dengan pelanggan secara aman, andal, dan secara personal. Bagi kamu para pelaku bisnis yang belum pernah melakukannya, ini bisa menjadi opsi yang menarik untuk dicoba selama bulan Ramadan.
Sebar kebaikan Ramadan melalui pesan hangat di WhatsApp

Ramadan adalah waktu untuk merefleksikan diri dan waktu kebersamaan. Bulan ini juga menjadi momen di mana orang Indonesia menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga dan teman, menjadwalkan pertemuan dengan sahabat, dan mengadakan acara amal.
Banyak dari perencanaan dan pengorganisasian itu terjadi secara langsung di WhatsApp. Lewat aplikasi tersebut, kamu bisa membuat rencana pertemuan dengan orang-orang tersayang di bulan Ramadan dengan voting, merencanakan buka puasa virtual dengan video call, hingga menggunakan avatar dan voice note untuk pesan ucapan yang dipersonalisasi.
“Kami di Meta berharap kampanye #BulanKebaikan tahun ini akan mendorong orang-orang untuk semakin mendapatkan pengalaman yang menyenangkan saat mereka bertemu di Meta, dan bersama-sama memberikan dampak bagi keluarga dan komunitas,” tutup Pieter.









