Penantian 32 Tahun, Garuda Nusantara Berikan Emas untuk Indonesia di SEA Games 2023

Timnas Indonesia U-22 berhasil mengalahkan Thailand dengan skor 5-2.

107
SEA Games 2023

Timnas Indonesia U-22 menatap laga final SEA Games 2023 cabang olahraga sepak bola melawan rival terberatnya, Thailand pada Selasa, 16 Mei 2023 malam pukul 19.30 WIB. Pertandingan ini dilaksanakan di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja.

Dari menit awal, kedua kesebelasan sudah bermain menyerang demi mendapatkan medali emas dan mengunci gelar juara SEA Games 2023 Kamboja. Pertandingan agak sedikit keras pun terpaksa dilakukan kedua tim dengan sejumlah jual beli serangan.

Pada menit ke-9, Timnas Indonesia U-22 sempat mengancam gawang Thailand. Akselerasi dari Marselino Ferdinan bisa menembus pertahanan lawan, namun sayang tendangan kerasnya masih melambung di atas tiang gawang kiper Thailand.

Lagi dan lagi Tim Garuda Nusantara mendapatkan peluang, kini dari pemain belakang Komang. Tendangan kerasnya hampir menggetarkan gawang Thailand, namun sayang masih berada tipis di atas mistar gawang. TIPISSSSSS!

GOLL! Timnas Indonesia U-22 berhasil mencetak gol ke gawang Thailand lewat sundulan manis Sananta di menit ke-21. Ia menerima umpan dari lemparan ke dalam Dewangga. Timnas Indonesia U-22 kini unggul 1-0 dari Timnas Thailand.

Di menit ke-34, Timnas Indonesia U-22 kembali mengancam gawang Timnas Thailand. Kali ini Witan dengan tendangan kaki kanannya hampir saja kembali merobek gawang Thailand. Namun sayang bola masih bisa ditangkap oleh kiper Thailand. Garuda Nusantara masih memimpin 1-0.

LAGI DAN LAGI! Gol dari Sananta di menit ke 45+3. Tendangan spekulasi dari Sananta mampu membobol gawang Thailand. Gol untuk Timnas Indonesia U-22, Timnas Garuda Nusantara unggul 2-0 jelang akhir babak pertama.

Wasit asal Oman membunyikan pluit tanda babak kedua dimulai. Let’s goo Garuda Nusantara!

Meski di babak kedua Thailand main agak sedikit menyerang, namun pertahanan yang dipimpin oleh Rizky Ridho masih mampu menahannya.

Pada menit ke-54 kembali Timnas Indonesia U-22 mendapatkan peluang lewat tendangan bebas. Namun sayang, tembakan dari Marselino masih menyamping dari gawang lawan.

Gawang Ernando akhirnya kebobolan juga. Pada menit ke-64, pemain Thailand, Anan, berhasil menjebol gawang Indonesia lewat sundulan kerasnya. Indonesia masih unggul 2-1.

Tak mau mengendurkan serangan, Marselino Ferdinan mengancam gawang Thailand di menit ke-68. Lagi dan lagi tendangannya masih berada di atas gawang kiper Thailand.

Timnas Indonesia U-22 mendapatkan peluang emas di depan kotak pinalti usai Jauhari dilanggar pemain Thailand. Tendangan keras Marselino masih berhasil ditepis oleh kiper lawan.

Sayang seribu sayang, Timnas Thailand berhasil menjebol gawang Ernando di menit 90+7. Tendangan keras pemain Thailand menembus pertahanan Garuda Nusantara. Skor sama 2-2 sampai pluit babak kedua ditiup. Pertandingan berlanjut ke babak perpanjangan waktu.

MANISS IRFAN JAUHARI. Tendangan “cungkilnya” berhasil menjebol gawang Thailand di menit ke-91 awal babak pertambahan waktu. Timnas Indonesia U-22 unggul 3-2 atas Thailand.

Peluang kembali didapatkan pasukan Garuda Nusantara, tembakan Bagas di menit ke-104 masih belum bisa menghasilkan gol tambahan untuk Timnas Indonesia U-22.

Babak perpanjangan waktu yang pertama selesai, Timnas Indonesia U-22 masih unggul 3-2 dari Thailand.

Prittt, pluit babak kedua tambahan waktu dimulai. 10 pemain Indonesia vs 9 pemain Thailand.

YESSSSS! Indonesia kembali menambah golnya di menit ke-105. Tendangan keras dari Fajar berhasil merobek gawang Thailand. Bola meluncur deras. Indonesia unggul 4-2.

BECKHAM PUTRA! YESSS! Di akhir babak perpanjangan waktu yang kedua, Beckham Putra berhasil membobol gawang Thailand lewat kemelut yang ada di depan gawang. Timnas Indonesia U-22 unggul 5-2 dari Thailand.

Menjelang akhir babak kedua babak tambahan waktu, satu persatu pemain dari kedua kesebelasan ini mulai terlihat kelelahan. Pertandingan yang cukup menyita emosi ini pun berakhir dengan kemenangan Timnas Indonesia U-22 dengan skor 5-2.

Hujan kartu juga mewarnai pertandingan ini, wasit asal Oman mengeluarkan sembilan kartu kuning dan enam kartu merah, termasuk untuk dua official dari masing-masing tim.

Atas hasil ini, maka dipastikan Timnas Indonesia U-22 mendapatkan medali emas usai 32 tahun puasa, yakni laga terakhir di tahun 1991 saat Indonesia menang lawan Thailand di Final SEA Games 1991 di Manila, Filipina.

Indonesia Raya pun berkumandang dengan lantang di podium atas.

Selamat untuk Marselino Ferdinan cs! Terima kasih sudah memberikan yang terbaik untuk bangsa ini! Kami semua bangga kepada kalian!

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.