Profil 4 Klub yang Berlaga di Semifinal Liga Champions 2022/2023

Sebelum nonton Liga Champions, cek artikel ini, yuk!

94
Liga Champions 2022/2023

Babak semifinal Liga Champions 2022/2023 mempertemukan empat tim yang akan merebut tiket final. Keempat tim tersebut adalah Real Madrid, AC Milan, Manchester City, dan Inter Milan.

Jadwal leg pertama semifinal Liga Champions akan digelar pada tanggal 9 Mei 2023, di mana Real Madrid akan menjamu klub asal Inggris, Manchester City. Sementara, AC Milan akan bertemu klub sekotanya, Inter Milan. Leg kedua akan berlangsung pada tanggal 16 Mei 2023.

Sebelum menyaksikan babak semifinal Liga Champions 2022/2023, mari kita bahas profil masing-masing klub. Yuk, scroll down!

Real Madrid

Real Madrid didirikan pada tahun 1902, yang secara tradisional mengenakan kostum kandang putih. Kata Real (artinya kerajaan) Spanyol dianugerahkan ke klub oleh Raja Alfonso XII pada tahun 1920 bersama dengan mahkota kerajaan di lambang klub.

Klub ini telah memainkan pertandingan kandang di Stadion Santiago Bernabéu berkapasitas 85.454 orang di pusat kota Madrid sejak tahun 1947. Real Madrid semakin mantap sebagai klub dengan menjadi kekuatan utama dalam sepak bola Spanyol dan Eropa selama tahun 1950.

Di Spanyol, Real Madrid merupakan salah satu klub terbaik abad ke-20 menurut FIFA. Klub ini menjuarai Liga Champions 3 musim berturut-turut di bawah asuhan pelatih Zinedine Zidane dan dengan mesin golnya yang juga merupakan pemain terbaik dunia pada saat itu, Cristiano Ronaldo.

Real Madrid
Real Madrid saat meraih gelar Liga Champions ke-14/dw.com

Di kompetisi domestik, klub ini telah meraih 35 gelar La Liga, 19 gelar Piala Raja Spanyol, 12 Piala Super Spanyol, 1 Copa Eva Duarte, dan 1 Copa de la Liga. Sementara, di kompetisi tingkat Eropa dan Dunia, Real Madrid telah meraih 14 gelar Piala Champions Eropa/Liga Champions UEFA, 2 Piala UEFA/Liga Eropa UEFA, 5 Piala Super UEFA, dan 9 kejuaraan dunia antar klub (3 Piala Interkontinental, 5 Piala Dunia Antarklub FIFA, dan 1 Piala Ibero-American).

Manchester City

Manchester City
Penyerang Manchester City, Erling Haaland/goal.com

Manchester City Football Club atau lebih dikenal sebagai Man City merupakan klub sepak bola profesional dari Inggris yang bermain di liga kasta tertinggi, Liga Premier Inggris. Man City juga merupkan klub sekota dengan Manchester United.

Klub yang bermarkas di Stadion Etihad ini memainkan pertandingan pertamanya pada bulan November 1880. Saat itu masih bernama St Mark’s (West Gorton). Kemudian, di tahun 1887 berubah nama menjadi Ardwick A.F.C., dan pada 1894 menjadi Manchester City F.C.

Manchester City telah menjuarai Liga Inggris sebanyak 8 kali, Piala FA 6 kali, Piala Liga Inggris 8 kali, dan Piala Winners Eropa 1 kali. Periode tersukses klub yang biasa juga disebut The Citizens ini terjadi pada era akhir tahun 1960-an dan awal 1970-an. Ketika itu, Man City berada di bawah asuhan manajer Joe Mercer dengan asistennya Malcolm Allison, dengan beberapa pemain seperti Colin Bell, Mike Summerbee, dan Francis Lee.

Awal tahun 1980-an, Man City mengalami masa penuh gejolak dan mengalami penurunan, yang berpuncak pada degradasi ke tingkat ke-3 untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka.

Saat era Liga Primer Inggris pertama kali dibentuk tahun 1992, City merupakan salah satu pencetus liga premiere untuk pertama kalinya. Tetapi, prestasi klub ini enggak kunjung membaik, bahkan mereka harus terdegradasi kembali ke tingkat kedua sampai dua kali.

Sementara, di ajang Piala FA sejak bergulirnya Liga Primer Inggris, prestasi terbaik yang diraih Manchester City hanya sampai pada perempatfinal.

Manchester City
Skuad Manchester City musim 2022/2023/@mancity

Setelah mengakhiri liga di musim 2006/2007 pada posisi ke-14, prestasi klub mulai merangkak naik di musim berikutnya. Pertengahan tahun 2007, klub ini resmi menjadi miliarder asal Thailand yang ambisius dan juga merupakan mantan Perdana Menteri Thailand, Thaksin Shinawatra.

Tapi, era kepemilikan Thaksin enggak berlangsung lama karena tuduhan kasus korupsi di negaranya. Akhirnya, pada September 2008, Thaksin menjual kepemilikan klub kepada pengusaha yang juga merupakan anggota keluarga kerajaan Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan.

Kemudian, Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan menghabiskan ratusan juta poundsterling untuk memboyong pemain top kelas atas supaya klub menjadi lebih kompetitif. Di tahun 2011, Manchester City akhirnya sukses memenangkan Piala FA dan lolos ke Liga Champions UEFA. Keberhasilan ini dilanjutkan dengan menjuarai Liga Premier Inggris musim 2011/2012.

AC Milan

AC Milan
Tunner atau lorong stadion AC Milan/acmilan.com

AC Milan adalah klub Italia yang berbasis di Milan, Lombardia, yang bermain di Serie A. Klub ini bermain dengan seragam bergaris merah-hitam dan celana putih, kadang-kadang hitam, sehingga dijuluki Rossoner (merah hitam).

Milan adalah tim tersukses pertama dalam sejarah persepakbolaan Italia, menjuarai Serie A 19 kali dan Piala Italia 5 kali. Salah satu klub besar Eropa ini telah meraih 7 trofi UCL dan 19 Scudetto Liga Italia.

Banyak pemain bintang besar pernah mengisi skuad klub ini, seperti Marco Van Basten, Ruud Gullit, Frank Rijkard, Paolo Maldini, George Weah, Shevchenko, Nesta, Ronaldinho, Kaka, Rivaldo, Bierhoff, Boban, Seedorf, Abbiati, Dida, dan lainnya.

AC Milan merupakan klub tersukses ke-4 di dunia sepak bola dalam hal jumlah piala internasional bersama Boca Juniors, dengan 18 gelar resmi dari UEFA dan FIFA, di bawah Real Madrid dan FC Barcelona.

Milan telah memenangkan rekor tiga Piala Interkontinental dan Piala Dunia Antarklub FIFA. Klub dengan warna andalan merah-hitam ini juga telah memenangkan Piala Liga Eropa/Champions tujuh kali.

Selain itu, AC Milan juga memenangkan rekor Piala Super UEFA lima kali dan Piala Winners UEFA dua kali. Milan memenangkan setiap kompetisi besar di mana mereka berkompetisi, kecuali Liga Eropa UEFA.

AC Milan
Skuad AC Milan saat berlaga di Liga Champions/sempremilan.com

Anyway, AC Milan didirikan pada tahun 1899 dengan nama Milan Cricket and Football Club oleh Alfred Edwards dan Herbert Klipin, seorang ekspatriat Inggris. Sebagai bentuk penghormatan terhadap asal usulnya, Milan tetap menggunakan ejaan bahasa Inggris untuk nama kotanya (Milan) daripada menggunakan ejaan bahasa Italia (Milano).

AC Milan memainkan laga kandangnya di San Siro, atau dikenal juga dengan Stadion Giuseppe Meazza. Stadion yang digunakan bersama klub sekotanya, Inter, merupakan yang terbesar di sepak bola Italia, dengan kapasitas 80.018 orang.

FYI gengs, klub ini sebelumnya dipegang oleh mantan Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi dan wakil presiden Adriano Galliani. AC Milan merupakan salah satu klub yang terkaya dan paling berharga di sepak bola Italia dan dunia.

Inter Milan

Internazionale Milano atau Inter Milan adalah klub sepak bola asal Italia yang bermain di Serie A. Inter mempunyai julukan sebagai il Nerazzurri atau si biru hitam, il Biscone atau si ular besar, dan La Beneamata atau yang tersayang. Inter Milan bermain di divisi pertama Liga Italia sejak tahun 1908, dan pendukungnya disebut Interisti.

Tahun 2006 sampai tahun 2010 adalah tahun pencapaian terbaik kedua bagi Inter Milan sepanjang sejarah mereka. Dalam kurun waktu tersebut, Inter sukses meraih lima gelar, yaitu Serie A, Coppa Italia, Liga Champions UEFA, Piala Super Italia, dan Piala Dunia Antarklub FIFA.

Musim 2009/2010 merupakan musim terbaik Inter dalam sejarah mereka. Di bawah kepelatihan José Mourinho, Inter berhasil menjuarai Liga Serie A, Coppa Italia, dan Liga Champions UEFA, sehingga mereka mampu mencatatkan diri sebagai klub Italia pertama yang sukses meraih tiga gelar atau treble dalam satu musim.

Pencapaian ini juga menjadikan Inter Milan sebagai klub ke-6 di Eropa setelah Barcelona, Manchester United, Ajax Amsterdam, Glasgow Celtic, dan PSV Eindhoven yang sukses meraih gelar treble.

Inter Milan
Skuad Inter Milan/reuters.com

Inter Milan bermain di Stadion Giuseppe Meazza dan berlatih di Angelo Moratti Sports Center atau dikenal juga sebagai La Pinetina, sebuah fasilitas latihan di Appiano Gentile.

Jadi, siapa yang paling kamu jagokan di semifinal Liga Champions 2022/2023 nih, gengs?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Related Post