4
0

Profil dan Perjalanan Salma Salsabil, Sang Juara Indonesian Idol 2023

Salma sempat beberapa kali gagal, namun ia tak pernah menyerah.

4
0

Indonesian Idol musim ke-12 resmi berakhir tadi malam, Senin, (22/5). Berakhirnya ajang pencarian bakat ini, sekaligus menjadi momen lahirnya calon penyanyi berkualitas bagi Indonesia, yakni Salma Salsabil Aliyyah yang keluar menjadi juara Indonesian Idol 2023.

Salma berhasil unggul dari kontestan lainnya yakni Nabila Taqiyyah melalui akumulasi hasil voting dari masyarakat.

Sejak awal penampilannya di Indonesian Idol, kontestan asal Probolinggo, Jawa Timur ini sudah mencuri perhatian dan memukau para juri dengan suaranya yang khas dan kuat, serta pembawaan lagu yang menarik.

Bahkan, para juri menilai Salma memiliki musikalitas yang tinggi sehingga ia bisa menguasai seluruh genre musik dengan sangat baik.

Karena itu, enggak heran kalau Salma merupakan salah satu kontestan yang sering banget mendapat 5 standing ovation dari para juri, gengs.

Bahkan pada penampilan terakhirnya di Result & Reunion semalam, Salma kembali mendapatkan 5 standing ovation di dua penampilannya, yakni pada saat menyanyikan lagu dari Bruno Mars “Just the Way You Are” dan pada saat tampil bersama Ziva Magnolya dalam lagu “Peri Cintaku”.

Karena penampilannya yang selalu sukses di setiap babak penyisihan Indonesian Idol 2023 dan saat ini menyandang status sebagai juara, nama Salma Salsabila banyak menarik perhatian dari masyarakat Indonesia. Well, berikut perjalanan Salma hingga berhasil meraih juara Indonesian Idol ke-12.

Profil dan Perjalanan Salma Salsabil

Salma Salsabil Aliyyah Putri Mandaya atau yang biasa dikenal dengan Salma merupakan penyanyi kelahiran 12 Februari 2002. Ia merupakan salah satu kontestan Indonesian Idol yang masih tercatat sebagai mahasiswi Fakultas Penyajian Musik di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.

Salma dengan dunia tarik suara seperti hal yang enggak bisa dipisahkan. Pada beberapa kesempatannya, Salma menceritakan bagaimana ia sangat mencintai musik dan bernyanyi. Bahkan Salma sudah mulai suka menyanyi sejak ia memasuki kelas 1 SD, lalu ia mulai belajar alat musik yakni gitar dan juga membuat band-nya sendiri.

Ingin menggapai cita-cita sebagai seorang penyanyi dan mengasah kemampuannya di dunia musik, Salma melanjutkan pendidikannya di Institut Seni Indonesia – Yogyakarta dengan program studi Penyajian Musik.

Meski memiliki suara yang sangat bagus, khas dan kuat, ternyata perjalanan Salma menjadi seorang penyanyi juga melewati banyak kegagalan dan juga perjuangan. Salma tercatat sudah 4 kali gagal menjuarai kompetisi bernyanyi yang diikutinya, yakni Idola Cilik, The Voice Kids Indonesia, The Voice Indonesia, dan juga Rising Star.

Meski sempat beberapa kali gagal, Salma enggak pantang menyerah dan terus menantang dirinya sendiri untuk menggapai cita-citanya dan menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

Hingga akhirnya, ia meraih kemenangan dan keluar menjadi juara di Indonesian Idol, serta mendapatkan hadiah sebesar Rp150 juta dan juga satu unit mobil. Salma mengatakan, ia akan menggunakan hadiahnya ini biaya kuliah selama masa pendidikannya. Congratulations Salma, you deserve the world!