Saat Emmanuel Macron Ajak Pak Jokowi Berfoto Bersama di KTT G7, “Joko, Jokowi”

Presiden Prancis Emmanuel Macron dan PM Jepang secara kompak memanggil Bapak Presiden Jokowi.

82

Baru-baru ini, para pemimpin negara yang tergabung ke dalam G7 atau tujuh negara ekonomi maju utama di dunia, yaitu Amerika Serikat (Joe Biden), Inggris (Rishi Sunak), Jerman (Olaf Scholz), Prancis (Emmanuel Macron), Italia (Giorgia Meloni), Jepang (Fumio Kishida) dan Kanada (Justin Trudeau) menghadiri pertemuan G7 Hiroshima Summit atau Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Negara G7 di Hiroshima, Jepang.

Acara KTT G7 Hiroshima ini diselenggarakan selama 3 hari sejak tanggal 19–21 Mei 2023 kemarin, tepatnya di Grand Prince Hotel Hiroshima, Kota Hiroshima, Jepang.

Enggak cuma dihadiri oleh perwakilan-perwakilan dari beberapa negara di atas, Presiden Indonesia, Bapak Joko Widodo juga turut hadir dalam acara penting ini mewakili Troika G20, gengs.

Presiden Indonesia, Bapak Jokowi dalam Acara KTT G7/Via: presidenri.go.id

Bapak Jokowi bahkan memperoleh kehormatan sebagai salah satu pemimpin negara mitra di luar kelompok G7 yang diundang khusus (partner countries) bersama dengan Australia, Brazil, India, Kepulauan Cook, Comoros, Republik Korea, dan Vietnam.

Dalam rangkaian acara tersebut, ada momen menarik dan hangat yang terjadi antara sesama pemimpin negara ini, gengs. Momen tersebut yakni ketika Bapak Jokowi dipanggil oleh Presiden Prancis dan Perdana Menteri dari Jepang untuk berfoto bersama.

Pada video yang diunggah oleh akun resmi YouTube Sekretariat Presiden pada Minggu, (21/5) kemarin, para pemimpin terlihat akan memulai sesi foto bersama di luar ruangan dengan latar Pantai Hiroshima.

Semua pemimpin terlihat mengambil posisinya masing-masing dan berjajar dengan rapi, tapi masih ada posisi kosong di dekat Bapak Perdana Menteri (PM) Jepang, Fumio Kishida di barisan pertama.

Melihat posisi tersebut masih kosong, Presiden Prancis Emmanuel Macron dan PM Jepang secara kompak memanggil Bapak Presiden Joko Widodo (Jokowi) sesaat sebelum sesi foto dimulai.

Momen Presiden Prancis Emmanuel Macron dan PM Jepang Mencari Bapak Jokowi/Via: presidenri.go.id

Sebelum memanggil, kedua pemimpin negara ini terlihat sedang mencari Bapak Jokowi yang belum mengambil posisi untuk berfoto bersama.

Bahkan, kekompakan mereka memanggil Bapak Jokowi ini sampai terekam dan terdengar di di dalam video yang diunggah oleh akun resmi Sekretariat Presiden.

“Joko.. Jokowi, I’m sorry,” panggil Presiden Prancis, Emmanuel Macron, yang juga dilanjutkan dengan Fumio Kishida yang mengayunkan tangannya untuk memanggil Bapak Jokowi.

Momen Bapak Jokowi Berjalan untuk Menempati Spot Foto di Tengah/Via: presidenri.go.id

Mereka mempersilahkan Bapak Jokowi untuk menempati posisi centre atau bagian tengah yang masih kosong tersebut.

Mengindahkan panggilan dari Emmanuel Macron dan Fumio Kishida, Bapak Jokowi langsung berjalan dan menempati tempat kosong tersebut di tengah. Ia diapit oleh PM Jepang, Fumio Kishida dan Presiden Republik Korea Selatan, Yoon Suk-yeol.

Momen Foto Bersama Para Pemimpin di KTT G7/Via: presidenri.go.id

Di barisan kedua atau di belakang Presiden Jokowi, tampak Perdana Menteri India, Narendra Modi, lalu Presiden Prancis, Emmanuel Macron dan Kanselir Jerman, Olaf Scholz. Presiden Amerika Serikat, Joe Biden sendiri berada di barisan kedua, di sebelah PM Kanada, Justin Trudeau. Wah, momen yang epik banget ya, gengs!