Saat Timnas Indonesia Melawan Argentina 44 Tahun Lalu yang Diperkuat Maradona di Piala Dunia U20

Timnas Indonesia juga memiliki pemain dengan julukan “Maradona” loh saat itu, cekidot!

66
Timnas Indonesia U20 tahun 1979

Timnas Indonesia bakal menjalani FIFA Matchday melawan juara Piala Dunia 2022, Argentina, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, hari ini (19/6/2023). Tapi, tahukah kamu kalau Indonesia pernah menghadapi timnas Argentina yang diperkuat sang legenda Diego Maradona?

Yup, pertemuan Timnas Indonesia dengan Argentina sudah terjadi dalam gelaran Piala Dunia U-20 pada 44 tahun lalu atau tepatnya tahun 1979. Timnas Argentina saat itu diperkuat pemain yang dijuluki “Si Tangan Tuhan”, Maradona.

Timnas Indonesia Melawan Maradona
Aksi Diego Maradona saat melawan Indonesia di Piala Dunia U-20 1979/bolaskor.com

Timnas Indonesia kala itu mengawali turnamen dengan melawan La Albiceleste (julukan Argentina). Pada saat itu juga Maradona sudah menjadi pemain muda harapan di kompetisi domestik.

Langkah Garuda Muda di turnamen tersebut terbilang nggak terlalu bagus karena hanya menjadi juru kunci dan harus menelan kekalahan besar melawan Maradona dkk yang mengakhiri turnamen sebagai juara. Argentina berhasil keluar sebagai juara setelah menang 3-1 atas Uni Soviet di partai final.

Pada saat itu, Indonesia yang diwakili Endang Tirtana dkk kalah telah 0-5 dari Argentina. Maradona mencetak dua gol, dan Ramon Diaz yang sempat berkostum Inter Milan menyumbang tiga gol lainnya.

Timnas Indonesia saat menghadapi Argentina di Piala Dunia U-20 1979/skor.id

Setelah kekalahan tersebut, Timnas Indonesia nggak mampu untuk bangkit di dua laga berikutnya. Melawan Polandia, Indonesia kalah dengan skor 0-6, dan ditaklukan Yugoslavia dengan skor 0-5.

Dengan begitu, Indonesia harus mengakhiri babak penyisihan grup tanpa poin, gagal mencetak gol, dan kebobolan 16 gol.

Well, hal tersebut menjadi kenangan pertama yang cukup menyedihkan buat Indonesia yang saat itu dilatih Soetjipto Soentoro, karena harus berhadapan dengan Diego Maradona, yang kemudian menjadi legenda sepak bola dunia berkat sejumlah prestasinya.

Timnas Indonesia Melawan Maradona
Penampilan Maradona saat melawan Timnas Indonesia/@mildandaru

Tetapi, ada momen yang nggak akan terlupakan pada laga tersebut, yaitu pertemuan antara Zulkarnain Lubis, striker mungil Timnas Indonesia U-20 yang dijuluki Maradona dari Asia dengan Maradona asli. Julukan tersebut ditujukan pada Zulkarnain saat ia bersinar bersama tim Galatama, Krama Yudha Tiga Berlian.

Pertandingan melawan Argentina dalam ajang Piala Dunia U-20 itu pun menjadi kenangan setelah Maradona meninggal dunia pada tahun 2020. Legenda Napoli itu menghembuskan napas terakhirnya di usia 60 tahun akibat serangan jantung.

Tiga pekan sebelumnya, Maradona dilarikan ke rumah sakit dan harus menjalani operasi otak. Setelah diperbolehkan pulang dan menjalani pemulihan di rumahnya, Maradona meninggal dunia.

Timnas Indonesia Melawan Maradona
Timnas Argentina saat Piala Dunia U-20 1979/World Football Galleries (Facebook)

Nah, bagi kalian yang belum tahu, Indonesia ternyata sebelumnya pernah bertemu Argentina dan legenda Diego Maradona di Piala Dunia U-20 edisi 1979. Meski saat itu harus menelan kekalahan telak, setidaknya Indonesia mendapat pelajaran berharga dari tim sekaliber Argentina.

Semoga FIFA Matchday melawan Argentina hari ini berjalan dengan seru dan menarik. Bravo Garuda Nusantara!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!