Selain Indonesia, Negara-Negara Ini Sudah Lebih Dulu Pindahkan Ibu Kotanya, Lho!

Termasuk Jerman dan Myanmar.

66
Pemindahan Ibu Kota Negara

Indonesia berencana memindahkan ibu kotanya dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur pada 2024 mendatang. Sebenarnya, wacana itu sudah ada sejak dulu dan belum pernah terealisasi. Nama kotanya juga sudah ditetapkan oleh Presiden Pak Jokowi sebagai Nusantara.

Selain Indonesia, ternyata negara-negara lain sudah sukses memindahkan ibu kotanya sejak dulu. Mulai dari Myanmar yang sempat gagal, sampai negara adidaya seperti Amerika Serikat bahkan telah berkali-kali memindahkan ibu kotanya, dari Philadelphia, Baltimore, Lancaster, York, Princeton, Annapolis, Tenton, New York, dan sekarang di Washington DC.

Berikut adalah daftar negara-negara yang telah memindahkan ibu kotanya.

1. Rusia

Pemindahan Ibu Kota Negara
Kota Moskow/shutterstock

Rusia telah dua kali melakukan pemindahan ibu kota. Moskow awalnya menjadi ibu kota Rusia, tapi pada tahun 1712 dpindahkan ke Saint Petersburg.

Pada tahun 1918, Rusia kembali memindahkan ibu kotanya ke Moskow sampai sekarang. Alasan pemindahan tersebut karena Moskow lebih dekat ke Eropa.

2. Turki

Ankara, ibu kota Turki/britannica.com

Pada tahun 1923, Turki memindahkan ibu kotanya dari Istanbul ke Ankara. Perpindahan tersebut didasari oleh penguasaan pasukan Prancis, Inggris, dan Rusia yang pada era itu berhasil menguasai Istanbul.

3. Brasil

Pemindahan Ibu Kota Negara
Kota Brasilia/tomorrow.city

Brasil sukses memindahkan ibu kotanya dari Rio de Janeiro ke Brasilia pada tahun 1956. Sebab, saat itu Rio de Janeiro terkenal akan penduduknya yang padat dan tingginya tingkat kemacetan.

That’s why pemerintah Brasil akhirnya membangun sebuah kota yang berada di pusat negara bernama Brasilia. Anyway, kota ini dirancang dengan futuristik oleh seorang arsitek bernama Oscar Niemeyer.

Kalau kamu menelusuri lebih lama lagi, sebelum Rio de Janeiro, tepatnya pada masa awal kolonial Portugis, ibu kota Brasil terletak di Salvador de Bahia.

4. Pakistan

Pemindahan Ibu Kota Negara
Ibu kota Pakistan, Islamabad/shutterstock

Pakistan memutuskan untuk memindahkan ibu kotanya dari Karachi ke Islamabad pada tahun 1959. Islamabad didirikan khusus untuk menjadi ibu kota Pakistan yang konstruksinya mulai dibangun pada tahun 1961.

5. Nigeria

Pemandangan kota Abuja/expedia.com

Ibu kota Nigeria yang mulanya dari Lagos dipindahkan ke kota bernama Abuja pada tahun 1991. Kota ini berada di titik tengah negara itu sendiri, dan sebelumnya memang telah direncanakan untuk menjadi pusat pemerintahan.

Alasan pemindahan ibu kota tersebut karena Lagos sudah semakin padat. Hingga saat ini, Lagos pun tetap menjadi pusat ekonomi negara terpadat di Afrika tersebut.

6. Jerman

Pemindahan Ibu Kota Negara
Ibu kota Jerman, Berlin/unsplash

Tahun 1990, Jerman pernah memindahkan ibu kotanya dari Bonn ke Berlin. Pemindahan ini disebabkan dari penyatuan kembali Jerman Barat dan Jerman Timur.

7. Myanmar

Pemindahan Ibu Kota Negara
Myanmar memindahkan ibu kota dari Yangon ke Naypyidaw/britannica.com

Penguasa militer Myanmar memindahkan ibu kota Myanmar ke Naypyidaw pada tahun 2005. Jarak kota itu berada 329 kilometer dari ibu kota sebelumnya, yaitu Yangon.

Itulah negara-negara sebelum Indonesia yang sukses memindahkan ibu kotanya, dan ternyata di antaranya ada yang berdampak pada perkembangan ekonomi. Bagaimana menurut kamu tentang perpindahan ibu kota negara ini, gengs?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!