Selain SUGBK, Ini 9 Stadion Berkapasitas Besar di Indonesia

Ada stadion yang lebih besar kapasitasnya dari SUGBK loh!

135
Stadion Utama Gelora Bung Karno

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sering digunakan sebagai venue konser musik yang menampilkan musisi lokal sampai internasional. Stadion yang berlokasi di pusat kota di Senayan, Jakarta, ini memiliki kapasitas 77,193.

SUGBK memang menjadi andalan para event organizer atau promotor untuk menyelenggarakan acara dan konser karena kapasitasnya yang besar. Tapi, selain GBK, Indonesia punya beberapa stadion lain dengan kapasitas yang cukup besar, lho!

Apa saja stadion-stadion besar yang ada di Indonesia? Berikut daftar lengkapnya.

1. Stadion Gelora Bung Tomo

Stadion Besar di Indonesia
Stadion Gelora Bung Tomo/persebaya.id

Stadion Gelora Bung Tomo adalah stadion yang berada di Surabaya, Jawa Timur. Stadion dengan kapasitas 50 ribu orang ini memiliki bangunan yang besar dan megah. Jadi, nggak heran kalau stadion ini tadinya dipilih untuk menjadi salah satu lokasi Piala Dunia U-20.

2. Stadion Gelora Bandung Lautan Api

Stadion Besar di Indonesia
Stadion Gelora Bandung Lautan Api/goal.com

Stadion Gelora Bandung Lautan Api atau GBLA ini merupakan stadion kebanggaan warga kota Bandung, Jawa Barat. Memiliki kapasitas 38 ribu penonton, stadion ini didesain dengan kubah seperti stadion-stadion di Eropa. That’s pretty cool!

3. Stadion Batakan

Stadion Batakan dibangun di kota Balikpapan dengan kapasitas 40.000 tempat duduk. Stadion ini menjadi kandang dari klub Persiba Balikpapan. Bangunannya juga estetik dan megah, nggak kalah keren dengan stadion-stadion ternama di Eropa.

4. Stadion Palaran

Lokasi stadion ini berada di Palaran, Samarinda, Kalimantan Timur, dengan kapasitas 67.075. Stadion ini dibangun oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur untuk menghadapi PON XVII. Tapi, sayangnya, stadion ini terlihat seperti tak terurus, dan jarang dipakai untuk menyelenggarakan event olahraga, khususnya sepak bola.

Stadion Palaran diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 18 Juni 2008. Stadion ini juga menjadi tempat upacara pembukaan PON XVII pada 5 Juli 2008 dan upacara penutupan PON XVII pada 17 Juli 2008.

PSSI juga pernah menetapkan stadion ini untuk menggelar babak final dan 8 besar divisi utama Indonesia 2008.

5. Stadion Utama Papua Bangkit

Stadion Besar di Indonesia
Stadion Utama Papua Bangkit/Kementerian PUPR

Bagi penduduk setempat, stadion ini lebih dikenal sebagai Stadion Harapan. Stadion sepak bola ini berlokasi di Kompleks Olahraga Kampung Harapan, Desa Nolokla, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua.

Stadion Utama Papua Bangkit memiliki kapasitas 40.000 penonton. Konstruksinya dimulai pada akhir tahun 2016 dan selesai pada Mei 2019. Stadion yang posisinya menghadap ke Pegunungan Cycloop di utara dan Danau Sentai di selatan ini juga dilengkapi dengan dekorasi khas Papua, serta lampu eksterior berwarna yang menyala di malam hari.

Stadion Utama Papua dibangun untuk persiapan Pekan Olahraga Nasional ke-20 tahun 2021 yang digelar untuk pertama kalinya di Papua.

6. Stadion Gelora Sriwijaya

Stadion Gelora Sriwijaya dikenal juga sebagai Stadion Jakabaring, yang merupakan markas dari klub Sriwijaya FC. Stadion ini termasuk salah satu stadion terbesar di pulau Sumatera yang bisa menampung 45 ribu penonton.

7. Stadion Kanjuruhan

Stadion Kanjuruhan berlokasi di Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Stadion yang menjadi kandang Arema FC ini memiliki kapasitas 30.000 penonton. FYI gengs,nama stadion ini berasal dari kerajaan Kanjuruhan, sebuah kerajaan bercorak Hindu yang dibangun pada abad ke-19.

8. Stadion Aji Imbut

Berada di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Stadion Aji Imbut dibangun sebagai sarana olahraga untuk turnamen PON XVII tahun 2008. Sebelumnya, stadion berkapasitas 35.000 penonton ini diberi nama Stadion Tenggarong Madya atau Stadion Kudungga.

Nama Stadion Aji Imbut sendiri terinspirasi dari seorang tokoh yang punya peran penting dalam sejarah perkembangan Kesultanan Kutai Kartanegara. Aji Imbut merupakan gelar Raja Aji Muhammad Muslihuddin.

9. Jakarta International Stadium (JIS)

Stadion terakhir ini jika bicara angka, lebih banyak daya tampungnya. Jakarta International Stadium (JIS) tercatat memiliki kapasitas tempat duduk hingga 82 ribu.

Beberapa acara olahraga hingga musik digelar di stadion yang tidak memiliki lintasan atletik ini.

Stadion yang dibangun di era Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ini mulai dibuka pada April 2022, memiliki kualitas dan standar internasional, baik dari rumput hingga adanya retractable roof yang dapat dibuka tutup secara otomatis.

via GIPHY

Yup, itu dia 9 stadion dengan kapasitas cukup besar yang ada di Indonesia. Memang kapasitas stadion-stadion di atas nggak sebesar SUGBK, tapi stadion-stadion ini sepertinya oke untuk menggelar sebuah event atau acara.

Anyway, apakah kamu pernah datang langsung ke stadion-stadion di atas, gengs?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!